Viscose Adalah ? Ini Dia Infonya Untuk Anda

Bahan Viscose adalah, bahan apa ayo ? Apakah ada yang tau jawabannya. Saat ini cukup banyak pakaian yang menggunakan jenis bahan yang satu ini, termasuk busana muslim seperti hijab contohnya. Namun dibalik itu, ternyata banyak juga yang tidak tahu dan bertanya viscose itu seperti apa, terbuat dari bahan apa, apakah termasuk bahan yang terbuat dari serat alami ataukah jenis kain yang terbuat dari serat sintetis’kah. “hemmmmh … menarik untuk di ulas”

Bahan Viscose - Viscose adalah sebutan lain dari Rayon. Terkadang disebut rayon, viscose, ada juga yang menyebutnya dengan viscose rayon
Bahan Viscose – Viscose adalah sebutan lain dari Rayon. Terkadang disebut rayon, viscose, ada juga yang menyebutnya dengan viscose rayon
Image credit: Title: Viscose Fabric, image source: i.ebayimg.com/images/i/111977325906-0-1/s-l1000.jpg

OK, sebelum kita ulas lebih jauh maka kita kasih bocoran sedikit, sebenarnya Viscose adalah jenis kain yang terbuat dari serat semisintetis. Kenapa disebut serat semisintetis ? Adalah karena bahan serat yang digunakan untuk membuat bahan Viscose ini tidak benar-benar berasal dari bahan buatan atau murni sintetis, melainkan berasal dari bahan alami, yaitu hasil regenerasi selulosa yang berasal dari pulp kayu yang ada hampir disemua tumbuhan.

Looh kok hampir mirip dengan bahan rayon yah, jangan-jangan Viscose dan Rayon adalah jenis yang sama. Nah untuk lebih jelas infonya, simak penjelasannya dibawah ini.

Benarkah Bahan Viscose Adalah Jenis Lain Dari Rayon?

Oke supaya lebih jelasnya kita flashback dulu sedikit tentang kain rayon.

Rayon adalah serat generic, dimana hasil akhirnya bisa berupa benang dan juga kain. Konon ide awalnya muncul ketika para peneliti melakukan pengamatan, penelitian, dan percobaan untuk membuat filament yang dapat di pintal dari bahan sintetis dengan substansi yang sama dengan kepompong sutra yang menghasilkan benang sutra.  Namun sayangnya, selama bertahun tahun para peneliti tersebut selalu gagal untuk membuatnya.

Hingga akhirnya disekitaran tahun 1884, seorang ahli kimia Perancis, Hilaire de Chardonnet, Comte de Chardonnay, mematenkan sutra buatan yang merupakan kain berbasis selulosa yang dikenal sebagai ” Chardonnay silk”. Bahan ini disebut-sebut merupakan rayon generasi awal. Terlihat cantik dan indah, tapi sayangnya rayon generasi awal ini sangatlah flamable alias mudah sekali terbakar, sehingga dianggap tidak aman untuk digunakan, dan akhirnya hilang dengan cepat dipasaran.

Waktu terus berlanjut dan akhirnya rayon generasi barupun muncul. Pada tahun 1894, ahli kimia Inggris, Charles Cross, Edward Bevan, dan Clayton Beadle, mematenkan metode pembuatan artificial silk  (sutra buatan) yang baru, yang kemudian diperkenalkan dan dikenal sebagai viscose process. Perlu sobat ketahui, artificial silk inilah yang nanti akhirnya dikenal sebagai Rayon Viscose hingga saat ini.

Kemudian di tahun 1905, Perusahan asal  Inggris, U.K. company Courtaulds Fibres untuk pertama kalinya memproduksi artificial silk (sutra buatan) secara komersil. Lalu Courtaulds membentuk American Division (semacam grup perusahaan) bernama American Viscose corporation, (kemudian dikenal sebagai Avtex Fiber) untuk membuat artificial silk  (sutra buatan) di Amerika Serikat pada tahun 1910. Dan baru di tahun 1924, istilah “Rayon” ini digunakan.

Viscose sebenarnya adalah jenis lain dari rayon, atau bisa dibilang hasil dari pengembangan dari rayon itu sendiri, meski terkadang sering juga disebut sebagai rayon. Yaitu serat buatan (semi sintetis) yang diproduksi dan dihasilkan dari hasil regenerasi selulosa. Yang mana awal mula penciptaan rayon ini adalah guna membuat serat sutra sintetis, dengan kualitas yang kurang lebih sama atau lebih bagus namun dengan biaya yang jauh lebih murah.

Istilah kata Rayon sendiri sebenarnya berasal dari (Sun = Ray, On = Cotton), yang konon teorinya adalah bahwa produk fiber ini cahayanya dan secara struktur mirip dengan Cotton.

Nah sekarang sobat tahu kan, sebenarnya Viscose adalah pengembangan dari rayon, dan terbuat dari celulosa yang diperoleh dari pulp kayu. Sehingga saat ini kain jenis ini ada yang menyebutnya Viscose saja atau rayon saja, dan ada juga yang menyebutnya dengan viscose rayon.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Viscose Adalah ?

Jika ditanya kelebihan dan kekurangan bahan ini tentu hasilnya sama dengan rayon, karena memang viscose dan rayon adalah satu jenis bahan yang sama. Seperti halnya jika kita ditanya perbedaan atau persamaan dari lycra dan spandex, padahal keduanya adalah satu jenis bahan yang sama alias nama lain atau synonim.

  • Kelebihan dari kain viscose yang pasti adalah kita tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan kain yang indah, karena kain viscose harganya relatif murah.
  • Lembut terasa jika bersentuhan dengan kulit dan nyaman ketika dikenakan
  • Kemampuan daya serapnya baik (bahkan disebut daya serapnya lebih baik dari pada kain katun/cotton)
  • Breathable
  • Serta jatuhnya juga terlihat bagus dan indah, sehingga tampak seperti kain yang sempurna

Namun dibalik kelebihannya tersebut kain viscose atau rayon ini juga mempunya beberapa kekurangan, seperti:

  • Mudah sekali kusut
  • Daya tahannya jauh berkurang ketika dalam kondisi basah sehingga rentan robek
  • Karena daya tahannya berkurang ketika basah, bahan viscose juga bisa menjadi menyusut atau menjadi melar
  • Rayon viscose tahan terhadap panas setrika, tapi jika terlalu panas warna bisa berubah menjadi kuning. Jadi Anda bisa menyetrikannya dengan cara dibalik atau menggunakan kain diatasnya sebagai supaya permukaan kain terhindar dari kondisi mengkilap terkena panasnya setrikaan
  • Hanya bisa dicuci menggunakan dry cleaning dan dicuci manual menggunakan tangan, jadi harap perhatikan label petunjuk cara perawatan

Apa Itu Cotton Viscose atau Katun Viscose

Sahabat pasti pernah mendengar jenis bahan Cotton Viscose atau Katun Viscose kan ? Nah kalau sobat membaca penjelasan kita secara utuh diatas, pasti dapat dengan mudah menjawab pertanyaan tersebut.

Cotton/katun viscose adalah jenis bahan kain yang terbuat dari gabungan antara serat Cotton (kapas) dan juga Viscose (rayon). Untuk komposisinya sendiri itu tergantung dari bahan viscose seperti apa yang ingin dibuat oleh pabrik pembuatnya.

(Visited 92,903 times, 26 visits today)

One thought on “Viscose Adalah ? Ini Dia Infonya Untuk Anda

Comments are closed.