Tips Supaya Baju Tidak Apek Saat Disimpan Di Lemari

Pusing karena baju dilemari suka berbau apek gak jelas ! Nah jika Anda mengalaminya, maka tips supaya baju tidak apek berikut ini mudah-mudahan bisa membantu coba. Karena jangan sampai bauk apek tersebut membuat rencana Anda menjadi berantakan. Wah, pasti menjengkelkan sekali yah.

tips-untuk-mencegah-baju-bau-apek
Tips Supaya Baju Tidak Apek Saat Disimpan Di Lemari

Bau apek pada baju bisa saja karna disebabkan oleh beberapa faktor, seperti lemari kita lembab, sehingga tumbuh jamur, kurang bersih saat mencuci, menyatukan pakaian yang sudah pernah dipakai dengan yang pakaian bersih, sehingga keringat menyebabkan jamur berkembang biak, dan masih banyak lagi.

Tips Supaya Baju Tidak Apek

Saat ini banyak dijual penghilang bau untuk lemari pakaian. Ada yang berbentuk kamper bulat yang cukup diletakan dipojok-pojok lemari, dan ada juga yang berbentuk kemasan yang digantung sehingga lebih praktis.

Namun selain itu, tahukah anda karena ternyata Admin juga menemukan informasi tentang cara membuat sendiri penghilang bau dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan seperti:

  • Cuka putih
  • Bubuk soda kue
  • Arang aktif
  • Ampas kopi

Cara penggunaanyapun mudah, cukup letakan dalam mangkuk lalu letakan didalam lemari kemudian tutup. Diamkan beberapa jam atau semalaman, kemudian keluarkan. Lakukan berulang-ulang sesuai dengan kebutuhan, yang penting gunakan bahan yang baru setiap kali mengulanginya.

Selain bahan diatas, kamu juga bisa menggunakan bahan yang berasal dari tumbuhan wangi seperti lavender. Cukup masukan lavender kedalam kantung berbahan katun kemudian letakan didalam lemari. Buatlah beberapa buah kantung lavender untuk hasil yang lebih optimal.

Nah selain cara diatas, sahabat juga perlu memastikan 5 hal supaya bau apek yang terjadi dalam lemari bisa dikurangi atau dihindari, diantaranya adalah:

1. Pastikan baju sudah kering

Selalu pastikan baju yang disimpan dalam lemari sudah benar-benar kering. Karena baju yang kurang kering merupakan salah satu penyebab utama jamur untuk tumbuh dan berkembang biak, sehingga bau apek/jamur bisa mengenai semua pakaian yang ada dilemari, dan ini menjadi tips supaya baju tidak apek yang pertama.

2. Jangan menyatukan baju yang sudah dipakai

Jangan pernah memasukan baju yang sudah pernah dipakai kedalam lemari, terlebih baju yang sudah terkena keringat. Karena hal tersebut merupakan ladang jamur untuk tumbuh

3. Mencuci yang kurang bersih

Bau apek juga bisa muncul karena proses mencuci yang kurang bersih, sehingga keringat yang tidak benar-benar bersih bisa menimbulkan apek bahkan jamuran

4. Beri sirkulasi udara

Kalau kamu mempunyai baju yang disimpan didalam plastik, usahakan diberi lubang supaya ada sirkulasi udara. Tahu gak, kenapa dibelakang lemari baju suka diberi lubang, itu supaya sirkulasi udara bisa berputar dan mencegah kelembaban

5. Pasang penyedot lembab

Bagi yang mempunyai lemari yang tidak terjangkau atau tidak terkena cahaya matahari, atau dalam kata lain tersimpan disudut ruangan yang agak gelap dan berpotensi terjadi kelembaban, maka usahakan menyimpan penyedot lembab yang banyak dijual dipasaran.

Saat Anda hendak membeli sebuah penyedot lembab, Anda bisa memilih yang berbentuk serbuk, dan serbuk tersebut akan menarik lembab, dan lama kelamaan serbuk berubah menjadi cair yang tandanya harus diganti dengan yang baru.

Semoga artikel singkat mengenai “tips supaya baju tidak apek” bermanfaat untuk Anda semua

(Visited 5,813 times, 1 visits today)