Ripped Jeans – Apa itu Ripped Jeans? Ini dia infonya untuk Anda

Apa itu Ripped Jeans. Hayoo, apa ada yang tau. Apakah ini sebuah merk celana jeans, ataukah hanya sebuah model atau gaya dari celana jeans yang ada saat ini. Sebagai clue atau bocoran untuk Anda, yang jelas jeans ini sudah mulai populer sejak tahun 1980’an. Dimana awalnya lebih dikenal dengan istilah distressed jeans.

ripped jeans adalah
ripped jeans

Apa Itu Ripped Jeans

Ripped Jeans adalah istilah yang digunakan untuk menyebut model celana jeans dengan gaya robek-robek atau robekan pada bagian tertentu, meskipun pada umumnya kebanyakan berada diarea lutut. Saat ini jeans dengan model ripped ini tidak hanya berperan sebagai model celana jeans saja, tapi lebih ke-sebuah trend dan gaya.

Celana Ripped Jeans
Celana Ripped Jeans
Image credit: Title: Ripped Jeans. Thanks to Ktphotography for awesome images. Source: pixabay.com/en/ripped-jeans-ripped-jeans-pants-2486950

Robekan pada celana denim tidak hanya membuat celana tersebut terlihat trendy, fashionable, dan eye-catching, juga seakan-akan mengambarkan sebuah kebebasan para penggunannya.

Nah seperti yang tadi kita sudah kita ungkit sedikit, bahwa ripped jeans sudah mulai sangat populer diakhir tahun 1980’an, yaitu pada masa atau era’nya heavy metal. Lalu berlanjut di tahun 1990’an dan 2000’an di era atau masanya aliran musik grunge. Terlebih saat artis grunge seperti Curt Cobain mengenakannya saat manggung, yang kemudian gaya ini diikuti oleh para fans atau para penggemarnya.

Meski terlihat robek dan terkesan usang, namun nyatanya jenis celana denim ini masih saja banyak dijual di toko-toko. Bahkan di awal tahun 2010’an, ripped jeans back in style, dan ini dianggap sebagai kebangkitan style era tahun 90’an.

Meski kadang-kadang, Jeans jenis ini sering juga disebut destressed jeans karena keduanya memang terlihat mirip. Tapi biasanya, benang-benang yang biasanya disisakan melintang horizontal (weft) sekarang dibuang agak tidak terlalu mirip dengan distressed jeans.

Distressed Jeans adalah celana jeans yang tampilannya sudah tampak terlihat usang, belel dan tua. Baik itu yang dengan disengaja dibuat usang dan diberi gaya vintage, ataupun memang umurnya sudah lama. Di Indonesia sendiri distressed dikenal dengan istilah “celana jeans belel”.

Namun tidak jarang motif distress dan ripped dipadu padankan. Yaitu dengan cara jeans dibuat seolah-olah sudah tampak tua dan usang menggunakan cairan-cairan tertentu (enzym atau acid washing) supaya tampak pudar warnanya. Atau ada juga yang menggunakan stone washing supaya tampak seperti ada sobekan atau terlihat rapuh, lalu ditambahkan efek riped style supaya lebih trendy.

Nah bagaimana, sekarang sudah tahu kan apa itu ripped jeans. Meski singkat mudah-mudahan apa yang kita sampaikan ini bermanfaat untuk sahabat semua. Halaman ini akan kami update terus jika nanti ada info-info menarik lainnya yang perlu ditambahakan disini.

(Visited 7,953 times, 3 visits today)