Manfaat Kain Furing Untuk Pakaian

Manfaat Kain Furing – Furing atau Lining adalah lapisan kain tambahan, yang dipasang pada bagian dalam pakaian, tas, jacket, topi, atau apapun itu, yang dijahit menjadi satu kesatuan dan tidak bisa lepas dengan kain utamanya.

Manfaat Furung
Salah satu contoh penggunaan furing
Image credit: Title:Tailored sport coat partial lining by PKM. Image Source: commons.wikimedia.org/wiki/File:Tailored_sport_coat_partial_lining.jpg

Saat ini kain furing sendiri bisa terbuat dari berbagai jenis serat, tergantung dari kebutuhan dan juga kualitas dari barang atau pakaian yang menggunakan furing tersebut. Mulai dari furing berbahan rayon,lightweight cotton, satin, hingga kain furing berbahan sutera.

Ini Dia Manfaat Kain Furing

Lalu sebenarnya apa sih manfaat dari penggunaan kain furing tersebut? Nah untuk mengetahuinya, maka simak infonya berikut ini:

  1. Manfaat kain furing sebagai pelapis kain transparan

Kain furing sering diaplikasikan pada pakaian atau busana yang memiliki bahan tipis dan juga transparan, seperti kain chiffon contohnya. Saat ini, penggunaan kain furing sering kita lihat pada berbagai macam Rok dan juga baju muslimah, gamis, baju pesta, atau jenis pakaian apapun yang berkesan transparan.

Hal ini perlu dilakukan agar baju atau rok yang dipakai tidak berbayang atau tembus pandang sewaktu digunakan. Oh iya, penggunaan furing juga dapat kita lihat pada pakaian atau rok yang mengaplikasikan brokat pada tampilannya, sehingga furing digunakan sebagai lapisan untuk menutupinya.

2. Furing bermanfaat untuk mengurangi rasa panas atau sebaliknya

Kain furing juga biasa digunakan pada pakaian yang memiliki bahan yang agak panas, sehingga penggunaanya dapat mengurangi ketidaknyamanan dari bahan tersebut. Contohnya adalah seperti pada jacket misalnya. Jacket yang tebal dan juga berwarna gelap tentu dapat membuat panas atau gerah saat siang hari, sehingga furing yang berbahan dingin perlu ditambahkan agar penggunannya tetap merasa nyaman saat menggunakan jacket tersebut.

Namun meski begitu, penggunaan furing untuk memberikan rasa hangat juga ada. Misalnya pada daerah-daerah yang bersuhu dingin, maka penambahan bahan yang dapat memberikan rasa hangat tentu diperlukan.

3. Furing bisa juga sebagai bahan penyerap keringat

Untuk bahan yang kurang dapat menyerap keringat maka cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan furing yang berkarakteristik dapat menyerap keringat, supaya ada media dalam penyerapan keringat dan lebih nyaman saat digunakan.

4. Manfaat furing untuk mengurangi lekuk tubuh

Kain furing juga bisa digunakan untuk jenis pakian yang menempel di badan kita, seperti pakaian yang terbuat dari bahan satin silk. Biasanya bahan ini apabila tidak mengunakan pelapis pada bagian dalamnya akan menempel pada kulit kita alias jeplak. Kalo jeplak bisa bisa bentuk tubuh kita akan terlihat nantinya. Jadi oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk menggunakan furing untuk lapisan dalamnya.
5. Furing bisa juga untuk memberikan aksen rapih

Ini maksudnya, penggunaan kain furing juga bisa untuk membuat sesuatu menjadi tampak lebih rapih. Contohnya adalah penggunaan pada tas atau koper. Sehingga penggunaan furing dapat menutupi bekas-bekas jahitan yang ada didalamnya.

6. Mempermudah mengenakan pakaian

Selain beberapa manfaat diatas, furing juga bisa bermanfaat supaya pakaian tambahan bisa dengan mudah kita kenakan. Contohnya seperti ini, pernahkan kita mengenakan busana tambahan yang pada saat dipakai malah seret, susah dikenakan saat bersentuhan dengan pakaian yang sudah lebih dulu kita kenakan. Tentu pernah bukan.

Nah untuk hal semacam ini pengaplikasiannya bisa dilihat pada jacket ataupun jas. Dengan penambahan furing yang halus dan lembut maka saat mengenakan jacket atau jas berfuring lembut tersebut maka jas atau jacket akan dengan mudah tergelincir saat bersentuhan dengan pakaian lainnya.

Nah gimana sudah dapat info tambahan kan mengenai manfaat dari kain furing ini. Mudah-mudahan info yang singkat mengenai manfaat kain furing ini bisa berguna untuk kita semua.

(Visited 12,319 times, 2 visits today)