Kain Katun Rayon

Mungkin ada yang bertanya, apa itu kain katun rayon? atau, kain katun rayon itu seperti apa? Katun rayon atau yang diluar negeri dikenal dengan istilah cotton rayon blend fabric adalah kain yang dibuat menggunakan gabungan dari 2 buah fiber, yaitu serat cotton/kapas dan serat rayon.

bahan katun rayon
Bahan katun rayon (image just illustrated)
Illustrated image credit: Title: Fabrics, Thanks to Luca Baroncini, at www.freeimages.com/photo/fabrics-1160430

Serat rayon adalah serat yang dibuat dari hasil regenerasi selulosa. Jadi serat rayon tersebut dibuat dari selulosa yang dimurnikan, yaitu berasal dari pulp kayu yang secara kimia dibuat menjadi senyawa larut. Kemudian dilarutkan dan disemprotkan melalui alat spinneret supaya dapat memproduksi filamen yang dipadatkan secara kimia. Nah karena serat rayon dibuat dari polimer alami, maka  serat rayon dianggap sebagai serat semi sintetik.

Kelebihan Kain Katun Rayon

Tentu ada sebabnya kenapa para peneliti membuat kain dari perpaduan kedua serat ini, yaitu cotton dan juga rayon. Menurut buku berjudul: Home Comforts: The Art and Science of Keeping House, yang ditulis oleh: Cheryl Mendelson, menuliskan bahwa kain katun rayon ini lebih berkilau, bercahaya, lebih cripsness dan lembut dikulit dari pada kain yang berbahan 100% cotton.

Selain itu, dengan perawatan/tretments yang tepat maka kain yang berasal dari gabungan serat katun dan rayon ini mempunyai daya tahan yang lebih baik dan lebih kuat dibandingkan dengan kain yang berasal dari 100% katun. Seperti daya tahan terhadap perubahan bentuk, juga daya tahan yang lebih baik saat pencucian.

Meski begitu, ternyata kain katun rayon ini ada kelemahannya juga, yaitu seperti mudah kusut dibandingkan kain katun atau rayon’nya itu sendiri. Tapi katun rayon ini tetap mempunyai daya serap yang baik karena adanya kandungan cotton/kapas pada kain ini.

Oh iya, mungkin saja karakteristik jenis kain yang berasal dari gabungan serat katun dan rayon ini berbeda antara katun rayon yang satu dengan katun rayon lainnya, hal ini bisa saja terjadi dikarenakan perbedaan kandungan antara serat cotton dan rayon yang digunakan pada saat produksi dari masing-masing kain.

Nah gimana, sudah mendapat sedikit gambaran’kan mengenai kain yang satu ini. Yup, mungkin belum bisa menjawab semua keingintahuan teman-teman terhadap jenis kain blend ini. Tapi setidaknya, mudah-mudahan info singkat mengenai kain katun rayon ini bisa menjawab salah satu pertanyaan yang ada dalam pikiran Anda. Semoga bermanfaat.

(Visited 53,652 times, 4 visits today)