Bahan Crepe Adalah? Info Lengkap Bahan Crepe & Video Tampilannya

Seperti yang sudah pernah kita ulas sebelumnya, bahan Crepe adalah kain tenun yang permukaan kainnya mempunyai tekstur seperti berpasir / berkerikil, atau berkerut / keriput, namun juga bersifat lentur dan juga tidak kaku. Crepe sendiri berasal dari bahasa Perancis yang berarti crinkle atau kerut/berkerut.

Kain Crepe adalah
Apa itu kain Crepe

Tapi yang perlu kita ketahui, penamaan “crepe” itu diberikan untuk jenis kain, atau semua jenis kain yang mempunyai tekstur berpasir / berkerikil atau berkerut. Nah, ini jugalah yang menjadi jawaban kenapa kain crepe adalah jenis kain yang cukup banyak variasinya. Hal ini karena, hampir semua serat bisa digunakan untuk membuatnya. Seperti sutera (silk), sutera buatan (silk-like), wool, cotton, rayon, dan juga polyster. Kalau Ada penasaran seberapa banyak jenis dari kain crepe ini, maka Anda bisa melihatnya di sini, (Jenis kain crepe di wikipedia).

Jadi untuk membuat kain crepe, benang crepe dibuat dari Staple (serat alami yang berukuran pendek) atau filamen (serat alami yang berkuran panjang) yang kemudian dipintal menjadi benang dengan tingkat putaran/plintiran yang tinggi. Benang crepe harus di twist-set (diputar/diplintir) sebelum dapat digunakan untuk membuat tenunan atau rajutan.

Nah meski tidak semua orang mengetahui semua jenis-jenis dari kain crepe tersebut, namun ada beberapa jenis kain crepe yang namanya cukup familier terdengar. Seperti kain crepe de chine, georgette, marocain, dan wool crepe. Dan saat ini penggunaan kain crepe dalam dunia fashion bisa kita temui pada bahan pembuat blouse, piyama, lingerie, long dress, juga gaun mewah karena terlihat anggun.

Mungkin diantara kita ada yang bertanya, efek, kesan, atau karakteristik kasar yang terdapat pada kain crepe itu didapat atau penjelasan’nya seperti apa sih.

Nah, menurut beberapa sumber, efek kasar atau berkerut yang terdapat pada kain crepe bisa berasal dari proses penenun’nya yang ketat, bisa juga didapat dari jenis benang yang digunakan mempunyai twist yang tinggi, penggunaan bahan kimia (chemical treatments), penggunaan pola yang tidak beraturan saat proses penenunan kain, dan juga embossing. Sehingga tak salah jika ada yang menyebutkan kalau kain crepe adalah kain yang mempunyai tekstur yang unik.

(Visited 4,541 times, 1 visits today)