Jenis Kain Untuk Dress

Pemilihan jenis kain untuk dress tentu tergantung dari jenis dress seperti apa yang akan Anda buat nantinya. Meski sebenarnya, cukup banyak tipe kain yang bisa kita buat untuk menjadi sebuah dress, tinggal kita tentukan saja fungsi dan penggunaan dari dress yang akan kita buat tersebut. Apakah dress tersebut nantinya akan Anda gunakan untuk acara yang formal seperti acara pernikahan, pesta ulang tahun, kekantor, atau sekedar digunakan hanya untuk acara nonformal saja seperti untuk bersantai dan sekedar jalan-jalan.

kain untuk dress
Contoh jenis kain untuk dress

Nah untuk itu, supaya Anda dapat memilih jenis kain yang tepat untuk project dress Anda, maka berikut ini ada informasi ringan mengenai jenis-jenis kain yang biasa digunakan untuk membuat dress, yang mungkin saja bisa bermanfaat untuk Anda. Jadi setidaknya Anda bisa memilah dan memilih jenis kain seperti apakah yang kira-kira cocok untuk bahan dress yang nantinya akan Anda buat.

Karena kesalahan kecil dalam proses pemilihan bahan, bisa saja membuat project dress yang Anda rencanakan menjadi berantakan. Nah untuk itu, berikut ini info dari jenis kain untuk dress yang mungkin bisa membantu Anda.

Mengenal Jenis jenis kain untuk Dress

Dress adalah pakaian untuk wanita atau anak perempuan yang menutupi bagian atas tubuh, dan menggantung diatas kaki. Atau sering juga disebut pakaian terusan, dari atasan yang nyambung hingga ke rok.

  1. Kain Batik

Kain yang satu ini adalah kebanggaan kita semua. Setelah ditetapkan sebagai warisan budaya asli dari Indonesia pada tanggal 2 Oktober 2009, oleh UNESCO, maka pamor kain batik kian hari kian menjulang. Tak hanya orang Indonesia saja yang mengenakan batik, tapi orang luar negeri pun kini senang mengenakan kain asli Indonesia ini.

Batik kini tak hanya menjadi selendang dan dikenakan saat acara-acara tertentu saja, tapi metamorfosa batik menjadi bermacam jenis busana bisa kita temui. Seperti Dress batik, blous, celana, kemeja, juga dipakai dan dikombinasikan untuk membuat jenis barang lainnya seperti misalnya tas dan sepatu.

2. Kain Sutra / Silk

Kain yang terbuat dari serat alami kepompong ulat sutra ini tergolong kedalam kain mewah. Karena kain ini terkenal akan keindahan, kelembutan, serta kilauan’nya. Dan karena kelebihannya ini, kain sutra dapat dibuat berbagai jenis pakaian seperti dress mewah, blouse, gamis, jilbab, dan juga selendang.

Biasanya dress berbahan sutra digunakan pada acara-acara formal dan juga penting seperti acara pernikahan, ulang tahun, pertemuan penting, bisa juga untuk kekantor.

3. Kain Chiffon / Sifon

Kain chiffon atau sifon adalah jenis kain yang ringan, cantik dan indah. Biasanya, bahan sifon digunakan sebagai bahan lapisan, untuk memberikan kesan yang elegan dan mengambang pada penampilan gaun atau dress. Jenis kain ini juga cukup populer dalam penggunaanya sebagai bahan untuk blus, pita, syal, pakaian malam dan juga lingerie.

Namun bahan chiffon atau sifon ini agak sulit untuk dijahit karena berkarakter licin dan ringan, sehingga membutuhkan keahlian untuk mengaplikasikannya pada pakaian, seperti salah satunya pada dress.

4. Kain Katun / Cotton

Kain katun, bisa dibilang sebagai kain yang serbaguna. Jenis kain untuk dress ini terbuat dari serat alami kapas, dan bisa hadir dalam ketebalan dan bobot yang berbeda. Kain katun terkenal karena bahannya adem atau dingin saat dikenakan, dapat menyerap keringat, tidak membuat alergi, dan mudah dalam hal perawatannya. Terlebih jika kain tersebut terbuat dari 100% serat alami cotton/kapas.

Selain dapat dibuat sebagai bahan dress dan long dress, katun juga umum digunakan untuk bahan pembuat kaos, kemeja, celana, rok, dan juga tas. Biasanya, dress berbahan cotton digunakan untuk membuat dress yang bertemakan santai. Seperti untuk pakaian santai, jalan-jalan, dan pakaian yang tidak terlalu formal.

5. Kain Denim

Jangan pernah berpikir kalau bahan denim hanya bisa dijadikan sebagai bahan celana denim. Ternyata, bahan denim bisa juga dijadikan bahan untuk dress loh. Seperti contoh gambar dress yang ada diatas ini, Jenis dress yang terbuat dari denim tampak casual dan bernuansa santai.

6. Kain Linen

Salah satu lagi contoh kain yang terbuat dari serat alami, yaitu linen. Kain linen terbuat dari serat tumbuhan bernama rami. Kain linen mempunyai karakter yang kaku, mudah kusut, namun terasa halus dan lembut saat diraba. Namun tak hanya itu, konon jenis kain untuk dress ini juga mempunyai ketahanan terhadap serangan bakteri dan juga jamur.

Taukah Anda, kenapa kain linen adalah salah satu kain yang mempunyai harga yang mahal. Salah satu sebabnya selain dari proses pemintalan fiber hingga menjadi benang juga dalam hal proses penenunan benang hingga menjadi kain ternyata lebih sulit dari pada memproses kapas atau cotton.

7. Kain Crepe

Dibeberapa artikel sebelumnya kita sempat membahas tentang kain crepe, mungkin Anda bisa juga membacanya. Jadi kain crepe adalah jenis kain yang mempunyai tekstur yang khas seperti berpasir atau berkerut, dan kain crepe’pun banyak jenis’nya tergantung dari jenis fiber yang digunakan untuk membuat kain crepe tersebut.

Nah karena keuinikannya ini maka dress yang terbuat dari kain crepe juga tentunya akan memiliki tekstur seperti berpasir atau berkerut. Beberapa contohnya adalah seperti woll crepe dress ataupun silk crepe dress.

8. Kain Satin

Kain Satin adalah salah satu jenis kain untuk dress yang memiliki permukaan yang halus, licin, juga mengkilap atau glossy di bagian mukanya, tapi tidak dibagian belakangnya. Selain untuk dress, jenis kain untuk membuat dress ini juga sering digunakan untuk membuat pakaian seperti baju pengantin dan juga tuxedo.

Satin atau sateen sebenarnya adalah nama teknik menenun kain untuk mendapatkan permukaan yang mengkilap. Selain serat sutra, kain satin juga bisa dibuat menggunakan jenis fiber lainnya seperti polyester, nilon, rayon.

9. Kain Wol

Jangan berpikir kalau kain wol hanya bisa untuk membuat jaket saja, karena ternyata kain wol pun bisa digunakan untuk membuat dress. Karena tidak semuanya kain wol berbahan tebal, namun ada juga yang berbahan tipis.

Nah saat ini, Wol tidak hanya digunakan pada dress dress korea yang trendy saja, tapi dress muslimah juga sekarang banyak yang menggunakan kain wol sebagai bahannya. Diluar negeri, penggunaan dress berbahan wol tentu cocok untuk daerah-daerah yang memiliki cuaca yang dingin.

Itulah beberepa dari sekian banyak jenis kain yang bisa digunakan untuk membuat dress. Selain ke-tujuh jenis kain yang disebutkan diatas, mungkin cukup banyak juga jenis kain lainnya yang juga bisa digunakan untuk membuat pakaian wanita ini. Oleh karenanya, jika ada waktu maka kita akan update lagi informasinya.

Nah buat sahabat yang berencana membuat dress, maka tinggal Anda sesuaikan saja jenis kain untuk dress yang kira-kira sesuai dengan model dan juga penggunaan dari dress yang akan Anda buat.

(Visited 76,610 times, 6 visits today)

2 thoughts on “Jenis Kain Untuk Dress

Comments are closed.