Jenis Jenis Kain Sifon (Chiffon)

Jenis-Jenis Kain Sifon – Pada artikel sebelumnya, mungkin sudah kita sudah pernah singgung sedikit tentang jenis kain sifon itu apa saja. Nah pada artikel kali ini, kita akan coba korek informasi sedikit lebih detil lagi dari masing-masing type dari kain sifon tersebut. Supaya pengetahuan kita semua tentang kain sifon semakin luas dan semakin dalam tentunya.

jenis jenis kain sifon / chiffon
jenis kain sifon / chiffon
Image credit: Title: Chiffon fabric, by chiffon-fabric.com at www.chiffon-fabric.com/2012/05/120d-chiffon-fabric-silk-dress-clothing-fabric/

Ok, kita mulai dari sejarah singkat dari kain sifon atau chiffon ini. Menurut beberapa sumber, sifon berbahan sutra awalnya sudah muncul di abad ke-18 di Perancis. Namun baru semakin dikenal di abad ke-19, ketika industri kain sifon/chiffon sutra mulai berkembang di Perancis, melalui inisiatif dari Georges-Antoine Simonet dari kota Tarare. (sumber:www.hurel.fr/)

” Kata chiffon berasal dari bahasa Perancis. Ada yang menyebut artinya adalah pakaian, ada juga yang mengartikan sebagai kain. ( Chiffon / Perancis = Cloth, rag/Inggris = Pakaian, kain, lap / Indonesia) “

Jenis Kain Sifon / Chiffon Apa Saja ? Ini dia infonya

Sama halnya dengan jenis kain lainnya, kain sifon juga bisa dibuat dari berbagai jenis serat. Baik itu serat alam, serat semi sintetis, dan juga serat sintetis atau buatan. Nah karena semakin berkembangnya industri tekstil saat ini maka bagi kita yang awam tentu cukup sulit untuk membedakan antara sifon yang asli dengan sifon variasian.

Kain Sifon bahan serat alam

Serat alam adalah serat yang berasal dari alam dan didapat secara alami. Contohnya adalah sutra yang didapat dari kepompong ulat sutra, dan juga katun yang didapat dari serat kapas atau cotton.

Silk Chiffon / Kain Sifon berbahan sutra

Silk chiffon merupakan jenis kain sifon yang terbuat dari serat alam, yaitu sutra. Jenis sifon sutra konon diketahui adalah yang jenis sifon yang pertama kali dibuat, seperti sudah kita tulis diawal, yaitu disekitaran abad ke-18.

Sifon sutra paling sering dipakai untuk membuat gaun pesta, gaun pengantin, dan saat ini banyak juga yang menggunakannya sebagai bahan untuk membuat baju muslim, kerudung atau scarf.  Nah karena bahannya dari serat sutra maka tentu saja harga pakaian atau busana yang terbuat dari jenis sifon sutra harganya akan lebih mahal.

Bahan ini dikagumi karena penampilannya yang elegan ringan, lembut, bahannya jatuh, dan luwes dalam mengikuti gerak tubuh. Kain sifon sutra ini biasanya dibuat dengan tenunan polos atau silk crape yang menutupi lekuk tubuh yang tidak ingin ditonjolkan. Selain indah, sifon sutra ini sangat perlu perhatian khusus karena mudah sobek. Pada busana muslim sering digunakan untuk busana bersiluet loose atau longgar.

Cotton Chiffon / Kain sifon berbahan katun

Ya, dari namanya saja sudah jelas bahwa kain sifon yang satu ini berbahan katun/cotton atau serat kapas. Karakteristiknya tidak jauh berbeda dengan sifon yang berbahan sutra, yang jelas, karena ini terbuat dari bahan serat cotton maka tentu daya serapnya bagus.

Dalam hal penggunaan juga tentu tidak jauh berbeda dengan jenis sifon lainnya. Bisa untuk dibuat gaun, blouse, syal, kerudung, dan juga baju muslim.

Untuk baju muslim, biasanya kain sifon (semua jenis) akan dipadu padankan dengan bahan lain, semisal brokat untuk mempercantik tampilan. Serta bagian dalamnya dikombinasikan dengan pouring supaya tidak menerawang ke dalam.

Jenis Kain Sifon / Chiffon Bahan Sintetis/Semi Sintetis

Selain dibuat dari serat alam seperti sutra dan katun, kain sifon juga dibuat dari jenis serat buatan atau sintetis seperti polyester, nylon, dan juga rayon. Perkembangan industri tekstil’lah yang telah melahirkan serat-serat buatan tersebut.

Dengan serat buatan, bahan jadi tidak tergantung dari serat alam yang jumlahnya terbatas. Dengan serat buatan juga, maka akhirnya cost atau biaya juga bisa ditekan. Sehingga barang yang dihasilkan seperti kain atau pakaian bisa menjadi jadi lebih murah.

Polyester Chiffon / Sifon berbahan polyester

Sifon berbahan polyester harganya lebih murah, lebih kuat, dan juga lebih mudah dalam hal perawatan dibandingkan sifon yang berbahan sutra. Kelembutannyapun diketahui kurang lebih sama seperti sutera. Namun meski begitu, bukan berarti bahan ini tidak ada kelemahannya. Tidak seperti bahan sutra, polyester diketahui susah untuk diwarnai.

Bila dilihat dari kacamata produksi, bahan ini sangat menguntungkan, terutama bisa menghemat anggaran pembuatan busana. Karena itu, polyester chiffon bisa diproduksi dalam jumlah besar. Permukaan kain ini lebih licin dan memiliki kilau yang lebih terang.

Nylon Chiffon / Kain sifon yang terbuat dari serat nylon

Seperti halnya polyester sifon, jenis kain sifon yang terbuat dari serat buatan seperti nylon juga harganya akan lebih murah. Tampilannya juga tetap lembut, dan jatuh seperti sutra.

Dalam hal penggunaan juga tidak jauh berbeda, Selain digunakan untuk membuat pakaian seperti gaun pengantin atau pesta, untuk cotum, floral, juga digunakan sebagai kain atau tirai penghias ruangan didalam rumah.

Ada info tambahan neh. Dari beberapa sumber yang admin baca, yang membedakan antara polyester dan nylon chiffon adalah dari bagaimana kedua jenis kain ini di tenun. Kalau polyester sifon menggunakan plain weave, sedangkan nylon sifon menggunakan knit weave.

Rayon Chiffon / Kain sifon yang terbuat dari serat rayon

Serat rayon adalah serat semi sintetis. Disebut semi sintetis karena bahan utama dari serat rayon diambil dari tumbuh-tumbuhan, tepatnya hasil dari regenerasi selulosa. Yang mana selulosa adalah komponen utama dinding sel yang ada di hampir semua tumbuhan. Dan jenis kain sifon yang berbahan serat rayon ini harganya juga tidak semahal silk sifon.

Kemudian untuk masalah karakteristik dan penggunaannya, tidak’lah jauh berbeda dengan jenis sifon yang terbuat dari jenis serat lainnya.

Blend Chiffon

Blend chiffon merupakan kain sifon yang terbuat dari serat campuran antara sutra dan polyester. Kehadirannya menjadi solusi kombinasi yang sering dipakai para perancang untuk berkreasi lebih luas lagi. Sebagai perpaduan silk chiffon dan poly chiffon, bahan ini menjadi lebih elastis, lebih kuat, dan berkilau meskipun tidak seindah kilau sifon sutra. Beberapa bahan sifon campuran antara lain hycon chiffon, cerruti chiffon, dan crepe chiffon.

Nah gimana, sudah semakin lengkap’kan informasi yang kita dapatkan. Jadi, selain dari serat sutra, sifon juga bisa dibuat dari sera katun, nilon, polyester dan tak ketinggalan, yaitu serat rayon. Bahannya yang tipis, transparan, lembut, dan jatuh, membuat kain ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan, terutama sebagai bahan untuk busana.

Well, akhir kata, semoga informasi mengenai jenis kain sifon /chiffon ini bermanfaat untuk kita semua.

(Visited 51,744 times, 1 visits today)

2 thoughts on “Jenis Jenis Kain Sifon (Chiffon)

Comments are closed.