Jenis Jenis Bahan Jaket

Sedang mencari tahu jenis jenis bahan jaket itu apa saja. Wah kebetulan sekali, karena kali ini admin akan membahas mengenai jenis bahan jaket yang ada saat ini. Karena beda bahan, tentu beda juga harga dan juga tingkat kenyamanan’nya.

Mulai dari yang berbahan kasar hingga ke bahan yang halus lembut, bahkan dari woll domba yang tebal hingga ke bulu angsa yang ringan sekalipun. Tiap bahan tentu akan hadir dengan kelebihan dan keunikannya masing masing.

jenis jenis bahan jaket
jenis jenis bahan jaket
Image illustration: Various kinds of jackets (original title: Cheeeese) by Mario Gonzaga, at www.freeimages.com/photo/cheeeeeese-1435588

Jaket adalah salah satu contoh pakaian yang telah bergeser dari yang cuma pakaian penghangat tubuh, menjadi fashion yang keren dan juga trendy. Banyak motif dan juga model yang membuatnya tak bisa dilepaskan dari gaya berbusana saat ini. Terlebih, banyaknya jenis-jenis bahan jaket membuatnya mudah dipadu-padankan dengan jenis pakaian apapun.

Mengenal jenis jenis bahan jaket yang ada saat ini

Memilih jaket yang tepat dan nyaman untuk kegiatan sehari-hari merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan, baik kondisi dan juga situasi. Seperti kalau kita tinggal didaerah panas, maka pemilihan bahan yang tidak terlalu tebal mungkin bisa dijadikan pilihan, supaya tidak panas atau gerah saat dipakai. Tapi kalau kita tinggal didaerah yang dingin, maka jaket yang berbahan sedikit agak tebal mungkin pilihan yang terbaik.

Jenis bahan Jacket
Jenis bahan Jacket
Image illustration credit: Title: Hat toque jacket. Thanks to Free Photos. Source: Pixabay.com/en/people-hat-toque-jacket-690547/
Jacket berbahan parasut dengan isian bulu angsa
Jacket berbahan parasut dengan isian bulu angsa
Image illustration credit: Title: Cold weather winter jacket. Thanks to StockSnap. Source: Pixabay.com/en/cold-weather-winter-jacket-2557517

Namun semuanya balik lagi pada diri Anda sendiri, mau untuk apa jaket yang akan digunakan nantinya. Tapi kalau memang hanya untuk gaya jaket apapun fine-fine saja asal cocok dengan penampilan Anda.

Nah berikut ini adalah jenis-jenis bahan jaket yang biasa kita jumpai sehari hari, seperti:

  • Bahan Flece (fliss). Jenis bahan jaket ini mudah kita jumpai pada sweater, jumper, dan hodie. Saat ini, mungkin ada beberapa jenis bahan fliss yang ada dipasaran, dan diantaranya adalah bahan fliss katun dan bahan fliss CVC. Fliss katun tidak menimbulkan panas, dan lebih enak dipakai karena biasanya materialnya adalah 80% Cotton dan 20% woll. Sedangkan bahan Flis CVC ada campuran poliester’nya sekitar 35%.
  • Bebyterry. Bahan bebyterry terkenal lembut dan juga halus. Awalnya bahan ini dikenal dengan sebutan terry saja. Namun karena sangat lembut, halus, dan tidak mengiritasi maka sering dijadikan handuk dan juga pakaian untuk bayi dan juga anak-anak. Nah sejak saat itulah bahan ini dikenal dengan sebutan bebyterry.
  • Bahan jaket parasut. Bahan ini terbuat dari poliester dan karakternya kedap air. Dalam hal ketebalan, kehalusan dan kelembutan itu tergantung dari jenis kain parasut yang digunakan pada masing-masing jaket. Karena satu dengan yang lain mungkin saja berbeda. Salah satu contoh jaket parasut yang terkenal adalah jaket parasut dari Nike.
  • Kanvas. Jangan ngebayangin bahannya sama kaya kain kanvas untuk melukis yah. Bahan Kanvas jaket biasanya agak tebal dan sedikit agak kaku, meski mungkin balik lagi ke masing-masing kualitas produksinya.
  • Bahan Corduroy (corduroi). Jenis ini memiliki karakter kain yang seperti garis-garis. Warnanya cukup bervariasi dan cukup tebal juga.Selain bisa dbuat menjadi jaket bahan Corduroy dapat juga dibuat sebagai bahan untuk celana.
  • Wol. Untuk jenis bahan jaket yang satu ini tentu sudah pada tahu. Dimana benangnya terbuat dari benang pintal yang tebal dari bulu domba. Wol adalah bahan yang hangat saat dipakai terlebih saat udara sedang dingin.
  • Bahan Denim. Selain terkenal karena sering digunakan sebagai bahan untuk pembuatan celana, Denim juga sering kita temui dalam bentuk jaket. Salah satu contohnya adalah jaket levi’s yang terkenal hingga saat ini.
  • Bahan kain diadora, adidas dan lotto. Tiga jenis kain tersebut merupakan bahan yang sering digunakan untuk bahan jaket sporty. Bahan lotto dan diadora merupakan bahan pembuat jaket yang agak mengkilat dan diadora agak lebih tebal, sementara adidas lebih tidak mengkilat.
  • Kulit. Untuk bahan kulit biasanya yang banyak digunakan adalah kulit sapi ataupun domba. Meskipun saat ini jenis bahan jaket kulit banyak yang diplasukan seperti jaket sintetis.
  • Bulu angsa. Sebenarnya ini bukan bahan jacket, tapi sering dijadikan isian dari daleman jacket. Biasanya bahal luarnya parasut dan diisi oleh bulu angsa. jacket jenis ini modelnya seperti banyak alur-alur gelembung yang membuatnya menjadi ringan dan hangat saat dikenakan.

Itulah beberapa jenis bahan kain yang sering digunakan untuk pembuatan jaket. Jika nanti kita dapatkan informasi tentang jenis-jenis bahan jaket lainnya maka akan kita bahas dalam artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat.

(Visited 6,006 times, 4 visits today)