Distressed Jeans atau Jeans Belel

Pernah mendengar apa itu Distressed Jeans. Bagi Anda penggemar celana jeans atau denim pasti familier dengan istilah yang satu ini. Apalagi celana jeans dan denim merupakan salah satu celana yang disukai oleh semua kalangan. Baik itu dari kalangan anak muda, orang tua, hingga anak-anak juga pasti suka mengenakan celana yang satu ini.

distressed denim
distressed denim
Image credit: distressed jeans by debbieanddemmie.tumblr.com/

Distressed Jeans sebenarnya adalah celana jeans yang tampilannya sudah tampak terlihat usang, belel dan tua. Baik itu yang dengan disengaja dibuat usang dan diberi gaya vintage, ataupun memang umurnya sudah lama. Di Indonesia sendiri distressed dikenal dengan istilah “celana jeans belel”.

Meski begitu, celana jeans jenis ini dapat menggambarkan si pemakai yang bergaya casual, santai, juga terlihat stylish. Walaupun celana belel sangat identik dengan kaum muda yang bergaya, namun tidak menutup kemungkinan orang dewasa pun menyukai jenis celana Distressed Jeans ini.

Proses Pembuatan Distressed jeans

Untuk mendapatkan jeans yang terkesan tua atau bergaya vintage tentu para produsen tidak mungkin menunggunya sampai jeans tersebut berumur dan usang dengan sendirinya. Tapi umumnya digunakan teknik atau proses tertentu untuk mendapatkan jeans bergaya vintage. Seperti misalnya dengan teknik stone washing, enzyme washing, acid washing, sandblasting, emerizing, and microsanding.

Jadi dengan cara tersebut akan didapat celana jeans dengan model distressed jeans yang terkesan old, warna memudar, dan usang. Tak hanya itu beberapa bagian juga bisa dibuat dengan kesan robek-robek dengan tepian berumbai. Dimana terdapat serpihan benang-benang halus yang umumnya biasa kita temui pada sebuah celana jeans yang robek.

Lalu apa itu ripped jeans

Denim dengan model ripped
Denim dengan model ripped
Image credit: Title: Denim fabric torn & frayed. Thanks to Mabel Amber for awesome images. Source: Pixabay.com/en/jeans-denim-fabric-torn-frayed-2919398/

Lalu apa itu ripped jeans? Ripped jeans artinya adalah celana jeans yang robek. Atau lebih sering digunakan untuk menyebut celana jeans yang mempunyai gaya robek-robek.

Ripped jeans bukanlah sebuah trend baru, karena nyatanya destressed jeans sudah ada sejak tahun 1980’an. Saat ini gaya ripped jeans mungkin cukup sulit dibedakan dengan distressed jeans. Karena kalau kita googling gambarnya maka seolah-olah keduanya mirip antara distressed ataupun ripped jeans.

Nah jika anda memiliki celana jeans yang sudah lama tidak dipakai lagi di dalam lemari pakaian sebaiknya anda pakai lagi karena celana jeans yang belel dan juga robek kini menjadi trend lagi, namun kita perlu sedikit modifikasi pada celana jeans biasa anda agar menjadi celana jeans belel dan juga efek sobek-sobek.

Cara membuat distressed jeans sendiri

distressed jeans
proses pembuatan sistressed jeans
Image credit: Diy distressed jeans by theeverygirl.com/

Berikut ini adalah cara membuat agar celana jeans lama anda menjadi celana bergaya vintage yang bisa anda gunakan sehari-hari, yaitu:

1. Pilihlah celana jeans biasa yang sudah lama tidak dipakai atau yang jarang anda pakai agar anda tidak kecewa setelah hasilnya jadi, karena celana anda akan dimodifikasi menjadi celana jeans belel dan juga robek-robek.

2. Setelah menemukan celana jeans yang akan dijadikan distressed, lalu berikanlah tanda pada kain celana dibagian mana saja yang akan anda buat belel dan sobek pada jeans tersebut. Biasanya orang-orang menyukai robek pada bagian lutut dan juga pada bagian paha. Perhatikan juga jenis sobekan yang akan kamu lakukan seperti sobekan lembut, sobekan kasar, lubang kecil atau lubang besar. Semua itu tergantung selera kamu.

3. Setelah memberikan tanda, maka anda sudah bisa memulai membuat sobekan atau lubang pada jeans anda menggunakan gunting atau hamplas secara perlahan.

4. Bisa juga dengan membuat 2 buah guntingan atas dan bawah atau sebesar lubang yang hendak Anda akan buat. Guntingannya ke samping (melebar). Lalu gunakan pinset untuk menarik benang-benang pembentuk panjang menggunakan pinset, sehingga nantinya akan tersisa jalur-jalur benang pembentuk lebar yang khas. Tapi jangan lupa untuk menggunakan alas supaya mendapatkan hasil yang lebih rapih dan juga sobekannya halus.

5. Setelah celana jeans sudah berhasil sobek dan berlubang, Anda bisa perkuat jahitan supaya sobekan tidak semakin lebar. Hal ini perlu dilakukan mengingat nantinya celana ini akan dipakai dan dicuci lagi sehingga kemungkinan untuk sobek semakin bertambah besar. Tapi sebagian juga banyak yang membiarkannya tanpa jahitan agar tampak natural dan alami.

Nah setelah selesai anda bisa menggunakan celana distressed jeans anda dengan memadupadankan dengan baju yang akan anda kenakan sehingga anda bisa bergaya casual, santai namun tetap stylish.

(Visited 17,899 times, 1 visits today)

One thought on “Distressed Jeans atau Jeans Belel

  1. Pingback: ripped jeans pria

Comments are closed.