Cara Merawat Pakaian Rajut Agar Tetap Awet

Anda punya pakaian rajut tapi cepat sekali rusak. Wah mungkin saja cara merawat pakaian rajut yang Anda lakukan ada yang kurang tepat. Karena ternyata, pakaian rajut itu perlu sedikit perhatian extra dalam hal perawatannya looh.

Jadi bukan hanya masalah menyimpannya saja, tapi kita juga harus memperhatikan saat kita mencuci pakaian rajut tersebut. Kenapa? Yaaa supaya, pakaian rajut kita tidak kehilangan bentuk, mengecil atau bahkan malah menjadi bergelombang yang terlihat so ugly saat dikenakan.

cara merawat pakaian rajut
cara merawat pakaian rajut
Image credit: Sweater by Pat Herman, at www.freeimages.com/photo/sweaters-1485786

Nah untuk itulah, Anda harus meluangkan sedikit waktu untuk membaca artikel cara merawat jenis pakaian rajut ini supaya pakaian rajut kita bisa awet dan tahan lama.

Terlebih saat ini fashion yang terbuat dari bahan rajut sudah banyak yang dibuat dengan desain yang unik dan juga warna yang menarik. Bahkan artis-artis sekelas KPop sekalipun sering terlihat banyak yang mengenakannya.

Cara Merawat Pakaian Rajut
Cara Merawat Pakaian Rajut
Image credit: Sweater by Mabel Amber, at pixabay.com/en/sweater-woolen-sweater-knitwear-3124635/

Jadi sayang’kan kalo sudah beli mahal-mahal rusak karena kita kurang paham cara merawat pakaian rajut ini.

Ini Dia Tips Cara Merawat Pakaian Rajut

Nah berikut ini ada beberapa tips bagaimana cara untuk merawat pakaian rajut agar supaya tetap awet.

1 | Jangan menarik benang yang putus

Jika terdapat benang yang putus dan terurai pada pakaian rajut Anda maka usahakan untuk tidak mengunting atau bahkan menariknya. Karena apabila kita menariknya, maka akibatnya dapat membuat benang yang terurai tersebut akan semakin panjang dan membuat pakaian rajut kita rusak.

Cukup gunakan jarum dan menyelipkan kembali benang yang terurai tersebut kesela-sela anyaman benang yang lain.

2 | Saat penyimpanan sebaiknya jangan menggantung pakaian rajut Anda

Jangan menggantung pakaian rajut anda karena dapat merenggang sepanjang waktu. Akibatnya, pakaian rajut Anda akan menjadi melar dan terlihat tidak cantik lagi.

3 | Cara pencucian

Tips cara merawat pakaian rajut selanjutnya adalah dalam hal pencucian. Pakaian rajut itu gampang sekali melar dan berbulu, jadi saat pencucian sebaiknya kita hingari hal-hal yang mengakibatkan itu terjadi.

Disarankan untuk tidak mengucek dan memelintirnya terlalu kuat saat mencucinya guna menghindarkan rusaknya bentuk dari pakaian tersebut karena melar. Selanjutnya kita bisa memisahkan dari pakaian yang lain apabila menggunakan mesin cuci agar mengurangi gesekan dan terbentuknya bobbles. Atau mencucinya saja menggunakan tangan.

4 | Cara penjemuran pakaian rajut

Menggantung pakaian rajut saat dalam keadaan basah setelah dicuci sebaiknya kita hindari. Pasca proses pencucian biasanya pakaian rajut akan terasa lebih berat karena masih banyak mengandung air.

Menggantung pakaian rajut dalam keadaan basah sangat berpotensi menyebabkan pakaian rajut kita menjadi melar. Apalagi membiarkannya hingga sampai kering terkena sinar matahari, bisa-bisa pakaian kita tidak bisa kembali ke bentuk semulanya.

Jadi sebaiknya kita masukan dulu ke alat pengeringan sebelum menjemurnya, agar air yang menyerapnya berkurang. Jadi saat dijemur pakaian rajut kita tidak terlalu tertarik/teregang ke bawah

Dan tak lupa, jangan jemur dibawah terik matahari langsung karena bisa membuat pakaian tersebut berubah warna.

5 | Removing bobbles secara berkala

Apa itu bobbles pada pakaian? Bobbles adalah bola-bola kecil pakaian yang terbentuk dari pergesekan bahan kain dari waktu kewaktu. Asalnya bola-bola ini hanya bulu-bulus halus benang pada pakaian yang lama-lama menggulung dan membentuk bola-bola kecil tersebut.

Bobbles sering terjadi pada area-area pakaian yang sering bergesekan antar bahannya. Contohnya seperti pada bagian lengan dalam dekat ketiak hingga kebawah misalnya, atau bisa juga terjadi pada proses pencucian menggunakan mesin cuci.

Nah cara merawat pakaian rajut yang sudah banyak bobblesnya kita bisa menghilangkannya dengan menggunakan alat cukur penghilang bulu / janggut, atau alat cukur listrik yang memang khusus untuk menghilangkan bulu atau bobbling pada kain rajut ini .

6 | Menyikatnya secara berkala

Lakukan penyikatan menggunakan sikat lembut secara berkala untuk menghilangkan rambut atau benda-benda asing yang sering menempel pada pakaian rajut Anda. Ada juga yang namanya cashmere comb atau sisir kasmir yang biasanya digunakan untuk menghilangkan bulu bulu pada pakaian seperti pakaian rajut.

7 | Letakan beberapa anti serangga

Dan cara merawat pakaian rajut yang terakhir untuk kali ini adalah jangan lupa letakan beberapa cedar balls atau kamper diantara baju-baju rajut Anda untuk menghindarkan serangga bersarang.

Nah gimana tips-tips ringan cara perawatan pakaian rajut’nya, bermanfaat bukan. Mulai sekarang coba deh dipraktekkan tips-tips tersebut supaya pakaian rajut Anda tetap awet, terawat dan juga tahan lama.

Oh iya, pakaian rajut memang lebih cocok dikenakan pada saat udara sedang dingin. Karena bisanya, pakaian yang seperti ini dapat membuat rasa hangat kepada penggunanya ketika udara disekitar kita sedang dingin dinginnya. Makannya bahan rajut juga sering digunakan untuk bahan untuk pembuatan syal, yang dikenakan dengan cara dililitkan disekitar leher.

Nah itulah tips ringan tentang cara merawat pakaian rajut untuk anda. Semoga informasi yang kita sampaikan dapat membantu anda dalam merawat baju-baju rajut anda.

(Visited 2,591 times, 1 visits today)