Cara Merawat Kain Rayon

Bagi Anda yang memerlukan info cara merawat kain rayon, mau itu pakaian, kerudung, atau apapun itu yang berbahan rayon maka semoga info ini bisa bermanfaat untuk Anda. Karena dari beberapa sumber menerangkan bahwa kain rayon memang memerlukan perlakuan khusus saat merawatnya.

cara merawat kain rayon
merawat kain rayon
Image illustration credit: Title: Washing, Thanks to Dave Kennard, at www.freeimages.com/photo/putting-detergent-in-washing-machine-1414795

Nah kenapa perlu diperlakukan khusus? salah satu alasannya adalah, karena pada kondisi basah kekuatan kain rayon akan berkurang. Ini artinya, kain rayon mudah rusak saat mereka dalam keadaan basah, dan kain rayon juga memiliki kecendrungan untuk mengkerut. Waduuh, jadi gimana doong !

Nah jadi tips cara merawat kain rayon ini diharapkan dapat meminimalisir agar pakaian kesayangan Anda tidak menjadi rusak nantinya.

Bagaimanakah cara merawat kain rayon ? Ini dia infonya.

Bahan rayon disarankan untuk dicuci dengan cara dry clean atau dicuci menggunakan tangan, jadi perhatikan dengan baik petunjuk atau label yang tercantum pada baju rayon kesayangan Anda. Berikut beberapa tips cara merawat pakaian rayon yang berhasil admin kumpulkan dari beberapa sumber.

Pencucian bahan rayon

  1. Dari beberapa sumber yang menshare cara perawatan kain berbahan rayon, rata-rata menyarankan bahwa pakaian yang menggunakan bahan rayon sebaiknya dicuci menggunakan tangan atau dry clean. Karena dkhawatirkan mesin cuci biasa dapat merusaknya.
  2. Sebaiknya pakaian rayon dicuci menggunakan air dingin atau hangat, dan menggunakan deterjen yang tidak terlalu keras. Sepertinya kalo ini sudah pada tau, hehehhe.
  3. Lalu kucek dan remas secara lembut supaya busa dapat meresap kedalam kain, dan jangan dikucek terlalu kuat karena dikhawatirkan pakaian rayon kesayangan kamu bisa rusak. Menurut info, disaat dalam kondisi basah, bahan rayon kekuatannya hanya 50-70% saja.

Proses pengeringan dan setrika bahan rayon

  1. Dalam hal penjemuran, Anda bisa mengantungnya pada gantungan plastik, atau jika anda takut pakaian Anda kehilangan bentuknya maka Ada yang menyarankan supaya menjemur atau mengeringkannya pada rak jemuran yang agak datar.
  2. Untuk proses penyetrikaan. Ada yang menyarankan supaya kita menggunakan panas yang sedang atau tidak terlalu panas. Karena apabila terlalu panas warna seratnya bisa berubah menjadi kekuningan.
  3. Kemudian menyetrika dalam keadaan pakaian terbalik (bagian dalam diluar) mungkin bisa juga Anda coba. Hal ini konon dapat menghindari pakaian rayon menjadi mengkilap karena terjadi masalah saat penyetrikaan.
  4. Selanjutnya ada juga yang menyarankan supaya menyetrika’nya saat dalam keadaan sedikit basah. Hal ini supaya mempermudah menghilangkan kerutan pada bahan rayon tersebut.
  5. Dan apabila memang harus menyetrika bagian depan dari pakaian, sebaiknya dilapisi menggunakan kain lainnya.

Nah gimana tipsnya, sudah ada sedikit pencerahan kan. Tapi mungkin tiap bahan rayon akan berbeda karakternya, tergantung dari kualitas kain rayon yang digunakan pada pakaian yang Anda miliki. Yang pasti, Anda harus berhati-hati saja saja saat merawatnya jika ingin pakaian rayon Anda awet dan tahan lama. Akhir kata, semoga “tips cara merawat kain rayon” ini bermanfaat untuk kita semua.

(Visited 3,899 times, 1 visits today)