Bahan Spandek Rayon Seperti Apa, Ini Dia Infonya ?

Bahan spandek rayon atau rayon spandex adalah kain yang dibuat menggunakan gabungan 2 buah serat atau fiber. Yaitu serat rayon dan juga serat spandex. Keduanya merupakan serat buatan, dimana rayon tergolong kedalam serat semisintetis, sedangkan spandex atau sering juga disebut lycra adalah serat sintetis.

Bahan spandex rayon
Bahan spandex rayon

Saat ini penggunaan bahan spandek rayon atau rayon spandek bisa kita temui dalam berbagai pakaian. Seperti pakaian olahraga, baju tidur/piyama, dan pakaian kasual. Kombinasi kedua serat ini membuat kain jenis ini terasa lembut, halus, nyaman, mempunyai daya serap yang baik, dan juga elastis. Dimana kelembutan, halus, nyaman, dan daya serapnya berasal dari serat rayon’nya, dan elastis’nya berasal dari kandungan serat spandex’nya. Malah saat ini busana muslim seperti gamis dan juga kerudung’pun ada yang menggunakan bahan spandek rayon sebagai bahannya.

Jenis Bahan Spandek Rayon

Dari beberapa sumber yang admin baca, kain spandek rayon itu ada dua jenis. Yaitu spandek rayon atau sering juga disebut spandek rayon super, dan yang kedua adalah spandex semi rayon. Kandungan serat spandek pada pakaian atau kain tentu tergantung dari kualitas kain itu sendiri. Itulah kenapa jenis spandek rayon ini ada jenisnya. Nah untuk mengetahui perbedaannya, berikut infonya.

Kain spandek rayon / spandek rayon super

Banyak yang menyebut jenis yang ini lebih tebal dibandingkan dengan yang semi rayon. Karakternya lembut, dingin, nyaman, tidak mengkilap, dan tentu saja mempunyai karakter lentur juga yang berasal dari serat spandeknya.

Kain spandek semi rayon

Kalau yang jenis semi rayon, kandungan spandeknya jauh lebih banyak sehingga karakternya tentu lebih lentur dibandingkan yang bahan spandek rayon super. Kalau masalah kelembutan, adem, nyaman, dan daya serap tidak jauh berbeda dengan yang super.

Cara merawat kain / pakaian yang berbahan spandek rayon

Dalam masalah perawatan sebaiknya Anda perhatikan wash label yang ada pada pakaian Anda. Selama tidak ada keterangan “dry wash only” maka Anda bisa aman mencucinya didalam mesin cuci.

Meski begitu, jika Anda khawatir dengan kelangsungan pakaian kesayangan Anda tersebut maka sebaiknya mencucinya menggunakan tangan saja. Terlebih, bahan rayon memang disarankan untuk dicuci menggunakan tangan saja dibandingkan dengan menggunakan mesin cuci. Karena, sifat kain rayon yang kekuatannya jauh berkurang disaat mereka dalam keadaan basah.

Selain menggunakan tangan, maka pencucian menggunakan dry clean juga dianjurkan

Kemudian sebaiknya jangan merendamnya terlalu lama dan jangan pula menggunakan detergen yang terlalu keras.

Cucilah menggunakan air dingin atau hangat.

Jangan meremas atau memerasnya dengan terlalu kuat

Untuk mengeringkannya, gantung pada gantungan seperti biasa, tapi kalau kamu takut pakaian kesayangan kamu berubah bentuk maka keringkan menggunakan pengering yang rata / jemuran rata

Saat disetrika sebaiknya menggunakan suhu yang tidak terlalu panas. Ingat, apabila terlalu panas dan terlalu lama maka serat rayon bisa berubah warna menadi kekuningan

Gimana, sudah ada sedikit pencerahan kan. Rata-rata perawatan pakaian yang bahannya mengandung rayon tidak’lah jauh berbeda dari apa yang sudah kita sampaikan. Akhir kata, mudah-mudahan info mengenai bahan spandek rayon ini bermanfaat untuk kita semua.

(Visited 45,766 times, 28 visits today)