Bahan Katun Denim Seperti Apa ?

Bahan katun denim seperti apa sih ? Wah ternyata banyak juga yang masih bingung atau belum tahu apa itu katun denim. Sebenarnya, kita sudah pernah membahas tentang kain denim di artikel sebelumnya. Tapi okelah, supaya para sahabat ga pusing ngubek-ngubek nyari artikenya yang mana, maka kita ulas lagi sedikit infonya disini.

bahan katun denim
bahan katun denim
Image credit: Title: Denim, Thanks to Beth Twist, at www.freeimages.com/photo/how-1374205

Oh iya, selain pertanyaan yang pertama, ada juga yang menanyakan contoh bahan denim itu seperti apa. Tapi, mungkin lebih mudahnya jika kita mencontohkan penggunaan dari kain denim itu saja kali yah. Jadi yang belum tau bisa langsung tau “ngeh” bahwa kain denim itu yang digunakan pada pakaian apa. Well, biar ga panjang lebar kita mulai saja pada pertanyaan pertama tentang bahan katun denim.

Bahan Katun Denim Seperti Apa?

Sebenarnya katun denim itu adalah kain denim yang terbuat dari benang katun atau cotton, meski sebenarnya meski tidak disebut katun denim’pun maka bahan denim memang terbuat dari bahan dasar katun/cotton. Dimana kapas/cotton dipintal menjadi benang katun, kemudian dianyam menjadi kain denim dengan pola tenun twill.

Twill adalah jenis tenunan tekstil dengan pola garis diagonal paralel atau garis diagonal yang searah atau sejajar.

Dalam teknik tenun ada 2 buah jalur benang yang nantinya akan ditenun hingga membentuk kain. 2 jalur benang ini dikenal dengan istilah warp dan weft. Dimana Warp adalah jalur benang yang posisinya menjulur memanjang (pembentuk panjang kain), sedangkan weft adalah jalur benang yang posisinya melebar, kanan ke kiri.

Biasanya, hanya benang warp’lah yang dicelup atau diwarnai, sedangkan benang weft tetap dibiarkan putih polos. Itulah kenapa kain denim luarnya terlihat berwarna biru (tergantung warna yang digunakan), sedangkan dalamnya berwarna putih.

Contoh bahan denim

Nah setelah tahu sekilas tentang bahan katun denim, lalu contoh bahan denim itu seperti apa ? Nah supaya Anda dapat cepat mengetahuinya maka kita kasih tau aja pakaian yang pasti menggunakan bahan denim sebagai bahannya.

Anda tahu celana Jeans. Nah itulah kain denim. Jadi kain denim adalah bahan pembuat celana yang sekarang dikenal seperti Jeans dan juga Levi’s. Jadi celana jeans atau Levi’s yang yang sering Anda gunakan itu sebenarnya disebut celana denim. Sedangkan Jeans dan Levi’s adalah merk atau brand’nya. Selain itu, denim juga sering kita jumpai pada jaket seperti yang sering disebut dengan jacket Levi’s.

Nah gimana, sudah semakin clear’kan. Kalo infonya masih kurang, Anda bisa membaca info lainnya yang ada dibawah ini. Hampir semua infonya sudah kita kategorikan, sehingga bisa membantu menjawab beberapa pertanyaan yang ingin Anda ketahui infonya. Akhir kata, semoga info singkat mengenai bahan katun denim bisa membantu Anda.

 

(Visited 50,113 times, 1 visits today)

One thought on “Bahan Katun Denim Seperti Apa ?

Comments are closed.