Bahan Denim Terbaik – Jenis dan Asal Produksinya

Menurut beberapa sumber, bahan denim terbaik hingga saat ini adalah denim dari jenis Selvedge atau selvage denim. Jadi jenis denim ini adalah janis kain denim yang ditenun menggunakan mesin denim tradisional bernama Shuttle Looms. Dimana mesin tenun denim ini sangat populer di tahun 1900’an.

selvedge denim - bahan denim terbaik
Selvedge Denim. Jepang adalah negara penghasil bahan denim terbaik di Dunia
Image source: Selvedge Denim by www.denimhunters.com

Kenapa Selvedge denim disebut jenis bahan denim terbaik? Adalah karena, kain denim yang dihasilkan dari mesin tenun Shuttle Looms ini strip tenunannya sangat rapat, erat, dan tepian kain yang teranyam sehingga lebih kuat dan rapih.

Lalu untuk asal produksinya, negara manakah penghasil bahan denim terbaik? Hingga saat ini, para penggemar denim masih menyebut bahwa negara Jepang adalah penghasil bahan denim terbaik. Karena denim jenis Selvedge atau selvage yang berasal dari negara matahari terbit ini konon mempunyai keunikan, baik dari warna, berat, dan juga tekstur.

Mereka menyebut, kain denim berkualitas tinggi berasal dari beberapa pabrik di Jepang yang masih memproduksi denim dengan mesin tradisional shuttle looms. Seperti daerah Kurabo, Osaka, Kuroki, Nihon Menpu, Kaihara, Nisshinbo.

Lalu ada juga yang menyebut kenapa jenis kain selvedge produksi Jepang ini sangat lembut. Ini karena, mesin shuttle yang membuat jenis kain denim selvedge tersebut hanya bekerja dengan kecepatan 180 rpm. Dimana ini berarti, mesin tersebut hanya bisa memproduksi 4-10 inci kain saja permenit.

(Visited 9,021 times, 1 visits today)