Bahan Denim Berkualitas

Anda sedang mencari bahan denim berkualitas? Jika iya, maka sebelum berniat membelinya maka Anda harus membaca dulu informasi berikut ini. Info singkat yang akan kita sampaikan ini adalah info seputar jenis bahan denim yang dianggap paling berkualitas, dan juga info negara yang diketahui sebagai penghasil bahan denim terbaik di dunia.

jenis bahan denim berkualitas
Bahan denim berkualitas
Image credit: Title: Denim, Thanks to Patryk Specjal, at www.freeimages.com/photo/jeans-31-1182941

Banyak sumber yang menyebut bahwa bahan denim berkualitas itu ditentukan oleh bagaimana bahan denim tersebut dibuat atau diproduksi. Dan tentu yang namanya produksi pasti tidak lepas dari yang namanya sebuah mesin. Nah taukah Anda, bahwa bahan denim berkualitas lahir dari sebuah mesin yang masih mengadopsi teknologi kuno yang bernama ” mesin Shuttle Loom”.

Jenis Bahan Denim Berkualitas

Menyambung dari apa yang kita jelaskan sebelumnya, yaitu mengenai mesin pembuat kain denim bernama shuttle loom. Jadi Shuttle Loom adalah sebuah mesin tenun pembuat kain denim tradisional yang mampu menghasilkan strip tenun’an kain denim yang rapat, kuat, dan mampu membuat tepian atau sisi bahan kain denim teranyam, sehingga lebih kuat dan rapih.

Dan dari sinilah asal mulanya istilah selvedge denim itu muncul. Jadi selvedge itu merujuk pada tepian kain yang dihasilkan dari sebuah mesin tenun, dimana tepian kain telah ditenun atau dirajut sehingga mereka tidak akan renggang, berlepasan, atau keriting. Dan hingga saat ini Selvedge denim dikenal dan disebut sebagai bahan denim berkualitas, dan selalu dikaitkan dengan jeans berkualitas premium.

Negara penghasil bahan denim berkualitas

Permintaan akan bahan denim yang semakin terus meningkat menyebabkan pabrik-pabrik pembuat kain denim banyak yang memperbaharui mesin-mesin produksi mereka. Sehingga mesin-mesin shuttle loom mulai banyak yang tergantikan dengan mesin-mesin baru yang dapat bekerja lebih cepat dan juga lebih efisien. Dan mesin pembuat kain denim tersebut bernama Projectile Loom.

Ya, projectile loom memang dapat bekerja lebih cepat dan dapat memproduksi kain denim yang jauh lebih banyak dibandingkan mesin tradisional shuttle loom. Namun masalahnya, mesin baru tersebut mempunyai satu kekurangan. Yaitu  mesin ini tidak dapat menganyam atau menenun sisi atau pinggiran kain denim seperti yang dilakukan shuttle loom. Sehingga sisi atau tepian kain denim akan tampak seperti benang berumbai, keriting, dan kualitas kerapatan, ke’eratan serta kerapihan hasil tenunan kain denim yang dihasilkan oleh mesin projectile loom tidak sebagus yang dihasilkan mesin shuttle.

Saat ini negara Jepang dikenal sebagai negara penghasil bahan denim berkualitas di dunia. Jepang adalah negara penghasil selvedge denim terbaik, dimana mereka masih memproduksi bahan denim ini menggunakan mesin-mesin shuttle loom tradisional. Selain itu, kain denim yang diproduksi oleh negara Jepang konon mempunyai keunikan tersendiri pada warna, berat, dan juga tekstur.

(Visited 2,949 times, 1 visits today)