Bahan Chambray Adalah? – Kenali Perbedaan Kain Denim dan Kain Chambry

Bahan Chambray adalah jenis kain yang sekilas mungkin mirip sekali dengan bahan denim, tapi sebenarnya satu dan lainnya sama sekali berbeda. Bahkan karena saking miripnya, orang kadang kesulitan untuk membedakan diantara keduanya. Terlebih ,karena kedua kain tersebut, baik chambray dan juga denim dibuat menggunakan jenis benang yang sama.

bahan chambray
Bahan Chambray adalah kain yang sepintas sangat mirip dengan denim

Jika Anda melihat kain Chambray dengan lebih dekat maka Anda akan melihat bahwa kain ini memiliki pola khusus yang mungkin hampir mirip dengan tampilan “heathered.”

“Penampilan heathered berasal dari garis-garis kurus yang sangat rapat. Dimana mata akan melihat warna bergantian sebagai warna yang lembut daripada membentuk sebuah pola”

Perbedaan Bahan Chambray dan Kain Denim

Perbedaan bahan chambray dan denim
Perbedaan bahan chambray dan denim

Pada kain Chambray pola tersebut berasal dari benang warp berwarna (biasanya biru) dan benang weft berwarna putih dalam 1 × 1 plain weave. Dimana benang putih akan berjalan di atas benang berwarna sehingga memberikan kain motof warna tertentu, sambil mempertahankan bobot yang lebih ringan. Meski mungkin saja, chambray bisa saja ditenun dengan kepadatan yang berbeda seperti halnya denim.

“A chambray is a plain weave fabric woven and denim is made with twill woven construction”

“Chambray adalah kain yang ditenun menggunakan metoda tenun plain weave, sedangkan denim ditenun dengan metoda tenun twill”

Hal tersebut juga sejalan dengan beberapa sumber luar yang admin baca. Dimana menginformasikan juga bahwa Chambray atau bahan Chambray adalah kain yang ditenun menggunakan metoda tenun tradisional “plain weave” dengan benang cotton/katun berwarna di bagian warp dan benang putih dibagian weft, yang mana keduanya ditenun bersama-sama untuk menghasilkan sebuah kain dengan tekstur dan kedalaman warna yang unik.

Nah sedangkan untuk kain denim sendiri dibuat dengan metoda tenun Twill. Nah untuk denim sendiri Admin sudah pernah mengulasnya pada artikel yang lain. Sobat bisa membacanya disini supaya bisa lebih jelas: Bahan denim seperti apa

Sejarah kain Chambray berawal dari Perancis

Kata chambray berasal dari atau dari sekitar kota Cambria di Perancis, di mana sejarah mencatat dari sinilah kain ini berasal. Legenda juga mengatakan bahwa penenun Perancis Jean-Baptiste Cambray atau Chambray adalah orang yang pertama kali menciptakan kain ini di tahun 1300’an dan sejak saat itu kain ini telah mengalami beberapa kali re-inkarnasi atau perubahan, baik dalam hal kelembutan dimana jenis benang dengan kualitas yang lebih baik tidak bisa didapatkan pada saat itu.

Pada tahun 1901 kain ini berhasil masuk ke Amerika dan dipergunakan secara luas ketika angkatan laut AS secara resmi menggunakan denim dan chambray untuk pakaian mereka. Sejak saat itu hingga Perang Dunia II, jadi hal yang biasa apabila melihat para pelaut mengenakan kemeja chambray dan celana denim.

Well, semoga info singkat seputar kain Chambray ini bermanfaat untuk Anda. Meski mungkin sebelumnya Anda mengira bahwa bahan Chambray adalah bahan denim, maka mudah-mudahan Anda sekarang sudah tahu perbedaanya.

(Visited 14,722 times, 1 visits today)