Bahan Babyterry Itu Seperti Apa – Informasi Seputar Kain Terry

Terry dan bahan babyterry adalah salah satu jenis kain yang memiliki pola yang dikenal dengan istilah loop atau looped texture pada salah satu sisi atau dikedua sisi permukaan kainnya. Loop atau looped texture adalah pola tenunan/anyaman benang yang apabila diamati akan nampak seperti pola bulat, lingkaran, atau cincin-cincin kecil dipermukaan kainnya (lihat gambar untuk memperjelas).

Bahan Babyterry & Terry
Bahan Babyterry & Terry

Lalu apa bedanya bahan baby terry dengan bahan terry tanpa embel-embel baby didepannya? Apakah keduanya adalah bahan yang sama, namun penyebutannya saja yang berbeda, atau emang keduanya berbeda bahan?

Nah untuk yang satu ini tentu ada penjelasannya tersendiri kenapa ada istilah bahan terry dan babyterry. Nanti akan admin jelaskan detilnya, namun admin kasih bocoran dulu sedikit bahwa keduanya adalah sama, namun ada sedikit perbedaanya. Apa perbedaanya, nanti akan admin jelaskan dibawah.

Di Indonesia sendiri, umumnya bahan terry dan bahan kain babyterry dengan one side looped texture sering digunakan sebagai bahan untuk pembuatan sweater/jumper dan hoodie. Kalau sahabat punya dirumah silahkan cek, kalau dilihat sepintas akan tampak seperti jaring, dan posisinya biasanya dibagian dalam.

Zip Hoodie berbahan terry
Zip Hoodie berbahan terry

Sedangkan bahan terry dengan loop atau looped texture di kedua sisinya contohnya bisa mudah kita jumpai pada bahan pada kain lap dan juga handuk. Cuman pada handuk biasanya ukuran loopnya lebih besar dan panjang, fungsinya supaya memberikan efek lembut jika disentuh dan memberikan daya serap yang lebih baik.(silahkan cek kalau punya dirumah)

Apa Perbedaan Bahan Babyterry dan Bahan Terry?

Nah sekarang admin mulai masuk ke point yang utama, yaitu penjelasan mengenai bahan babyterry dan bahan terry. Diawal tadi admin sudah menyebutkan bahwa babyterry dan terry adalah sama namun ada perbedaanya, lalu apa perbedaanya.

Bahan terry dan bahan babyterry adalah jenis kain yang memiliki pola yang dikenal dengan istilah loop atau looped texture pada salah satu sisi atau dikedua sisi permukaan kainnya.

Namun yang menjadi perbedaanya adalah, babyterry memiliki kerapatan atau anyaman kain yang lebih kecil dan lebih rapat dibandingkan dengan bahan terry yang biasa. Dengan begitu, ukuran loop atau looped texture yang nampak seperti lingkaran atau cincin-cincin kecil pada permukaan kain babyterrypun akan lebih kecil dan lebih rapat.

Sisi Dalam - Bahan babyteryy - Terry
Sisi Dalam – Bahan babyteryy – Terry

Jadi embel-embel kata baby didepan tersebut mengacu pada ukuran loop yang lebih kecil, lebih rapat, atau mikro dibandingkan loop standar pada umumnya.

Sisi Luar - Bahan babyteryy - Terry
Sisi Luar – Bahan babyteryy – Terry

loop atau looped texture adalah pola tenunan/anyaman benang yang apabila diamati akan nampak seperti lingkaran atau cincin-cincin kecil dipermukaan kainnya

Sekilas keduanya tampak sama, tapi sebenarnya bahan yang merah (babyterry) memiliki tenunan kain yang lebih rapat dan loop yang lebih kecil.

Jumper (merah) & Zip Hoodie (abu)
Jumper (merah) & Zip Hoodie (abu)

Kebetulan foto tersebut admin foto sendiri, yang abu adalah Zip Hoodie berbahan terry, dan yang merah adalah jumper dengan bahan babyterry. Kalau diraba dan dipakai memang jumper merah (bahan babyterry) lebih halus dan lembut.

Jenis Jenis Kain Terry

Saat ini kain terry maupun babyterry ini bisa diproduksi dengan metoda weaving (tenun) ataupun dengan metoda knitting (rajut) tergantung kebutuhan. Adanya loop membuat bahannya lembut jika disentuh, tekstur tebal, dan dapat menyerap air dengan sangat baik (tergantung material). Tak hanya itu, bahan terry dapat juga berubah menjadi kain fleece atau kain beludru apabila dilakukan proses tambahan selanjutnya.

Selanjutnya untuk masalah jenisnya, admin menemukan informasi bahwa ada 2 jenis kain terry, diantaranya adalah:

1. Towel Terry
Ini adalah jenis kain terry dengan pola loop panjang dan biasanya memiliki Double Sided Loop, tujuannya adalah supaya dapat menyerap air dalam jumlah besar. Dari namanya seharusnya kita sudah tahu kain jenis kain terry ini diperuntukan untuk apa. Towel (inggris) itu berarti handuk, jadi bahan ini biasanya dibuat untuk bahan handuk, lap, ataupun produk yang sejenisnya.

Towel terry biasanya terbuat dari bahan 100% Cotton supaya dapat menyerap banyak air dan juga aman untuk kulit. Tetapi terkadang ada juga yang di mix dengan bahan polyester dan bahan lainnya untuk keperluan tertentu.

2. French terry
Ini adalah jenis kain terry yang hanya memiliki one sided loop, umumnya digunakan dalam pakaian pria, wanita dan anak-anak. Salah satu sisinya rata seperti kaos, sementara sisi lainnya memiliki pola loop. Materialnya umumnya terbuat dari katun 100%, atau dicampur dengan sedikit dari bahan lainnya seperti rayon, polyester, lycra or spandex.

Disini bahan terry berkembang dan munculah bahan babyterry yang dapat memberikan kelembutan dan kenyamanan yang lebih dibandingkan bahan terry standar.

Harga Bahan Baby Terry

Nah untuk harga bahan babyterry sendiri admin lihat dibeberapa ecommerce seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee harganya bervariatif namun dengan rentang harga yang sama. Mulai dari harga 65.000/kg dapet ± 1.8m hingga 120.000/kg.

Perbedaan harga bisa terjadi dikarenakan banyak faktor, mulai dari perbedaan material, kualitas, ketebalan, model dan motif, atau dari sipenjualnya itu sendiri dalam mengambil laba dari barang jualannya.

Nah gimana sudah ada pencerahan kan. Yaa mudah-mudahan informasi yang admin sampaikan ini sedikit banyak bisa menjawab salah satu dari keingintahuan sahabat semua tentang bahan babyterry.

Artikel ini akan kita update jika kami mendapatkan informasi penting lainnya yang dirasa perlu untuk ditambahkan disini. Salam.

(Visited 19,223 times, 4 visits today)

One thought on “Bahan Babyterry Itu Seperti Apa – Informasi Seputar Kain Terry

Comments are closed.