Apa Sih Keuntungan Dan Manfaat Belanja di Online Shop

Apa sih keuntungan dan manfaat belanja di online shop?  Hemmm, pertanyaan yang cukup menarik untuk Admin ulas. Terlebih saat ini online shop sedang tumbuh-tumbuhnya, dan berkembang pesat di Indonesia.

Nah jadi tema kali ini, sambil minum secangkir coffee Admin akan memberikan pandangan admin mengenai fenomena trend belanja di online shop ini. Kita lihat apa saja keuntungannya, dan kita juga akan bahas apakah ada dampak buruknya dimasyarakat.

Manfaat belanja di online shop
Manfaat belanja di online shop
Image illustration: Title: Stocking for Business, Thanks to Miguel Ugalde. Source: www.freeimages.com/photo/stocking-for-business-1240263

Penyebab terjadinya perubahan cara orang dalam berbelanja.

Sebelum kita mulai membahas ke pokok bahasan, kita tentu sering bertanya tanya bagaimana masyarakat kita bisa berubah.

Awalnya, perubahan ini mulai terjadi semenjak smartphone dan internet mulai masuk di kehidupan kita. Penggunanyapun terus tumbuh seiring berjalannya waktu. Semakin sering kita menggunakan smartphone dan internet maka semakin banyak informasi yang kita terima. Semakin mudahnya sesorang mendapatkan informasi maka akan tumbuhlah perasaan suka dan akhirnya kertergantungan.

Disinilah para orang-orang kreatif mencoba memanfaatkan momentum ini dengan menawarkan barang-barang secara online, mulai dari medsos, hingga akhirnya munculah toko-toko online.

Semakin banyak orang yang tertarik dan tau akan manfaat belanja di online shop maka semakin banyak pula online shop atau webstore yang bermunculan. Ditambah akses internet yang semakin mudah dan murah maka siapa saja kini dapat mengakses layanan internet kapan dan dimana saja.

Apalagi kini banyak tersedia internet gratis atau free WIFI yang tersebar ditempat-tempat umum, seperti restoran, cafe, sekolahan, tempat shoping dan mall, bahkan terkadang kita juga menemukan ditempat-tempat rekreasi sekalipun.

Namun tak hanya itu saja penyebab seseorang akhirnya memutuskan lebih memilih belanja online dari pada di di toko retail. Apa saja kah itu, berikut alasannya.

Keuntungan & Manfaat Belanja di Online Shop

Banyak alasan kenapa mereka lebih suka berbelanja via online dari pada membeli langsung ke toko, karena berbelanja online itu banyak untungnya, apa saja seh keuntungannaya. Simak berikut ini:

1. Menghemat Waktu
Keuntungan dan manfaat belanja di online shop yang pertama adalah menghemat waktu. Tidak perlu waktu yang lama untuk seorang pembeli berbelanja secara online. Pembeli tinggal mencari barang yang akan dibelinya, lihat speknya, liat juga harganya, kalau cocok tinggal klik beli atau menghubungi penjual via BBM, SMS, atau call langsung.

Maka terjadilah transaksi dengan menambah sedikit uang untuk biaya ongkos kirim via layanan jasa pengiriman. Maka dengan duduk manis maka keesokan hari atau beberapa hari kemudian barang yang kita belipun tiba.

2. Bisa membeli barang yang sulit ditemukan
Terkadang adakalanya kita sering kesusahan mencari barang yang kita perlukan. Karena mungkin, didaerah kita  memang tidak ada yang menjual barang yang hendak kita perlukan tersebut.

Tapi dengan berbelanja via online semua itu kini tak lagi jadi sebuah halangan. Dengan membuka internet kita bisa mncari barang yang diperlukan secara online di seluruh Indonesia.

3. Harga bisa lebih murah
Kadangkala kita bisa mendapatkan barang jauh lebih murah jika membelinya via online daripada membelinya secara offline. Hal ini mungkin saja terjadi karena sipenjual adalah penjual tangan pertama dan bukan reseller.

4.  Nyaman
Kenapa berbelanja Online itu nyaman? Karena kita gak perlu lagi desak-desakan dengan pembeli lain seperti layaknya di mall atau di pasar. Dengan duduk santai sambil minum kopi sekalipun kamu bisa berbelanja kapapun dan dimanapun kamu mau.

5. Lebih Praktis dan Hemat
Keuntungan dan manfaat belanja di online shop selanjutnya adalah bisa lebih praktis dan hemat. Kenapa, karena kita tak perlu lagi bolak-balik mengeluarkan ongkos untuk naik angkot, tak perlu panas-panasan, tak perlu lagi menghabiskan beberapa liter bensin hanya untuk membeli barang-barang yang harganya sebenarnya gak seberapa.

Semua itu tidak ada lagi jika Kita berbelanja secara online.

Dampak Negatif maraknya Online Shop

Retail sepi pembeli
Retail sepi pembeli (image:detik.com)

Sebuah perubahan tentu ada sisi positif dan negatifnya, dan positifnya beberapa sudah kita jelaskan tadi diawal.

Semakin maraknya orang berbelanja online dampaknya sudah mulai terlihat saat ini. Diantaranya sudah kita lihat di media-media televisi mengenai toko-toko retail yang sudah mulai banyak yang tutup karena sepinya pembeli.

Tapi yahh bagaimana lagi, inilah yang namanya perkembangan zaman. Jika kita mau survive maka mau tidak mau, suka tidak suka yaa kita harus mengikut perubahan tersebut. Jika tidak, maka kita sendiri yang akan tergerus dan akhirnya menghilang.

Seperti cerita tentang Raja Ponsel NOKIA di zamannya. Nokia terlalu percaya diri dengan produk buatannya dan enggan mengikuti perubahan dimana sistem android mulai masuk. Ketika Perusahaan lain mengikuti trend dan perubahan, Nokia tetap bersikukuh pada jalannya. Akhirnya mereka tergerus dan akhirnya menghilang.

Sampai akhirnya mendengar bahwa NOKIA di akuisisi oleh raksasa Microsoft. Pada press confrence tersebut bos nokia berkata diakhir pidatonya sambil menangis

” we didn’t do anything wrong, but somehow, we lost ”

” kami tidak melakukan kesalahan apa pun, tetapi entah bagaimana, kami kalah”

Setelah mengatakan itu, semua tim manajemennya, termasuk dirinya sendiri, menangis dengan sedih.

Nokia memang tidak melakukan kesalahan, namun mereka terlambat untuk berubah, belajar, dan akhirnya tertinggal dan kehilangan sebuah kesempatan besar.

Nah inilah yang sedang terjadi saat ini. Jika kita tidak mengikuti perubahan zaman dan tidak mau belajar maka kita sendiri yang akan tertinggal.

Akhir kata semoga artikel mengenai manfaat belanja di online shop ini bermanfaat untuk kita semua. 

(Visited 2,939 times, 1 visits today)