Apa Perbedaan Kain Katun Combed dan Kain Katun Carded

Apa perbedaan kain katun combed dan kain katun carded, apakah Anda tahu? Kain katun atau biasa disebut dengan kain Cotton, merupakan jenis kain yang terbuat dari 100% kapas. Yang mana arti dari Cotton (bahasa inggris) itu sendiri adalah kapas.

Kain katun atau cotton sering digunakan sebagai bahan utama kaos karena kualitasnya yang baik, dapat menyerap keringat dan juga lembut. Seperti pada kaos-kaos berkualitas yang ada saat ini hampir sebagian besar bahannya menggunakan kain cotton combed sebagai standart kualitas kaos yang mereka buat.

Perbedaan Kain Katun Combed dan Kain Katun Carded

kain-katun
Kain katun

Sebagian dari kita mungkin sudah ada yang tahu bahwa ada 2 jenis kain katun / cotton, yaitu katun / cotton combed dan juga katun/cotton carded.  Kedua kain ini berasal dari bahan yang sama namun dibedakan dari proses pembuatan, kelembutan, dan juga mungkin dibedakan dari proses pembuatan benangnya.

Meski begitu, kedua jenis kain ini dapat menyerap keringat dan dingin saat digunakan, karena memang keduanya terbuat dari bahan yang sama, yaitu”KAPAS”. Nah lalu, apa yang menjadi pembedanya, simak berikut ini infonya.

Perbedaan Proses Pembuatan Cotton Combed dan Carded Yarn
Perbedaan Proses Pembuatan Cotton Combed dan Carded Yarn

Kain katun Carded / Cotton Carded

Pertama, sebaiknya kita mulai dari Kain katun carded / cotton carded dulu untuk mempermudah penjelasannya. Jadi kain Carded adalah jenis kain katun/cotton yang dibuat menggunakan benang yang bernama benang carded atau “Carded Yarn”. Seperti yang terlihat di diagram, pada proses pembuatan benang carded terdapat beberapa step yang dilewati, yaitu proses Combing (menyisir). Dimana proses Combing adalah step tambahan untuk mendapatkan serat kapas yang lebih halus dan berkualitas.

Alhasil, serat kapas yang diperoleh dari proses inipun tidak seragam, agak kasar dan tidak selembut serat kapas yang melewati proses combing. Dan pada akhirnya tentu berimbas dengan kualitas benang yang dihasilkan. Dimana hasil pilinan/pintalan benang Carded terasa kasar, kurang lembut, dan kekuatannya tidak sebaik Combed.

Nah itulah kenapa Kain Carded harganya lebih murah dibandingkan kain Combed, serta mungkin dari sinilah juga istilah Carded itu berasal.

Kain katun combed / Cotton Combed

Cotton Combed / Kain katun combed adalah kain yang terbuat dari benang Combed yang terbuat dari serat kapas yang sudah melalui serangkaian proses tambahan yang lebih panjang saat pembuatan benangnya dibandingkan Carded. (Lihat diagram). Nah proses itu adalah Combing Process. Proses Combing adalah proses penyisiran untuk mendapatkan serat kapas berkualitas sebelum dipintal menjadi benang katun Combed  / cotton combed yarn.

Dalam proses Combing ini, serat kapas disisir dari kotoran yang terlewat dari peroses sebelumnya, dan juga serat kapas yang pendek dibuang / dikeluarkan, sehingga akan didapatkan serat kapas yang ukurannya panjang dan berkualitas bagus. Dan singkat cerita, serat kapas berkualitas inilah yang nantinya akan dipintal menjadi benang Cotton Combed yang merupakan bahan dari kain Cotton Combed.

Nah lalu kenapa kain katun Combed itu halus dan lembut ? Yaaaa itu tadi, jawabannya adalah karena benang yang digunakannya kualitasnya memang lebih bagus dari Carded, lebih lembut, lebih kuat, dan inilah juga kenapa kain Cotton Combed harganya lebih mahal. Selain itu, mungkin dari sini jugalah istilah Combed itu berasal.

Itulah perbedaan kain katun combed dengan kain katun carded. Keduanya dibedakan dari proses pembuatannya. Dan saat ini kain cotton combed memang menjadi primadona diatas jenis kain-kain lainnya. Sehingga memang dijadikan standart pembuatan kaos kaos berkualitas, seperti kaos-kaos distro.

(Visited 29,631 times, 1 visits today)

One thought on “Apa Perbedaan Kain Katun Combed dan Kain Katun Carded

Comments are closed.