Apa Perbedaan Denim dan Jeans

Apa Perbedaan Denim dan Jeans ? Bagi yang sudah lama berkecimpung di dunia tekstil tentu mudah saja menjawab pertanyaan ini. Namun bagi kita yang awam, pasti sulit untuk membayangkan seperti apa perbedaam diantara keduanya. Nah supaya bingungnya hilang, berikut informasinya untuk sahabat semua.

Kain denim - Perbedaan denim dan jeans
Sejarah kain denim
Image source: www.rawrdenim.com

Siapa yang tidak mengenal dengan kain jeans, kain ini sering dijumpai dan sangat familiar di kehidupan kita sehari-hari. Baik itu dalam bentuk celana panjang, jaket, rok, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, jika ditanya apakah sama antara jeans dan juga denim, pasti banyak yang menjawab tidak tahu.

Penyebutan denim dan jeans kadang-kadang sering menimbulkan kerancuan bagi kita yang awam. Oleh karena itu harus ada penjelasan yang lebih jelas lagi untuk mempertegas keduanya, dan berikut infonya.

Ini Dia Perbedaan Denim dan Jeans

Sebenarnya perbedaan denim dan jeans bukanlah dikarenakan keduanya berasal dari kain yang berbeda. Tapi yang membedakannya adalah bahwa denim merupakan nama dari jenis bahan kain. Nah sedangkan jeans sendiri merupakan nama untuk sebuah produk atau merk dagang yang terbuat dari kain denim.

Jadi simpelnya adalah, kalau denim adalah nama dari jenis kain, sedangkan jeans adalah nama produk yang terbuat dari bahan kain denim. Jadi celana Jeans yang Anda kenakan selama ini itulah celana yang terbuat dari kain denim dengan merk Jeans.

Bahan denim sendiri muncul pertama kali  di sebuah kota yang berada di Prancis Awalnya bahan ini disebut Serge de Nimes, lalu kemudian dipersingkat menjadi denim (de Nims). Denim merupakan material kain yang kokoh terbuat dari katun twill.

Teksturnya mirip karpet namun lebih tipis dan halus. Pertama kali diciptakan, denim hanya memiliki satu warna yaitu indigo (warna biru keunguan). Tapi dengan seiring berkembangnya zaman, dibuatlah warna-warna lain seperti hitam, abu-abu, putih khaki, dan warna-warna lainnya.

Info yang seputar bahan denim:

Twill.
Twill Merupakan alur dari bahan denim itu sendiri, ada yang left twill, ada yang right twill. Right and left twill mengikuti alur tangan kita.

O.z
O.z adalah ketebalan bahan denim itu sendiri, Semakin tinggi oz nya maka kain nya pun akan semakin tebal dan kasar, sedangkan semakin kecil oz nya maka kain yang dihasilkan nya pun akan semakin tipis dan lembut.

Sekilas tentang Jeans

Jeans sendiri merupakan sebutan khusus untuk celana yang terbuat dari bahan denim. Jeans pertama kali diciptakan oleh Jacob Davis dan Levi Strauss pada 1873. Awalnya jeans didesain untuk para koboi dan pekerja kasar pada era 50-an. Tapi semakin populer tahun 80an hingga sekarang dan dikenakan mulai dari anak-anak, kalangan remaja hingga orang dewasa.

Di masa sekarang ini menemukan celana dari bahan jeans mungkin tidak akan sulit karena model dan warna sudah bisa kita temui di setiap tokok, selain itu beraneka macam busana yang terbuat dari denim pun semakin banyak dipasaran seperti rok denim, jaket denim, gaun denim, rok denim, sepatu atau tas denim.

Itulah perbedaan denim dan jeans. Mudah-mudahan sekarang Anda tidak bingung lagi.

(Visited 7,996 times, 1 visits today)

3 thoughts on “Apa Perbedaan Denim dan Jeans

  1. Pingback: Ripped Jeans

Comments are closed.