Apa itu Warp dan Weft Pada Kain / Tenun

Pernah mendengar apa itu warp dan weft sebelumnya? Ituloh, istilah yang suka muncul saat kita berbicara tentang masalah kain ataupun tenun. Nah kalau Anda tidak tahu dan kebetulan sedang mencari infonya, maka mudah-mudahan info singkat beriut ini bermanfaat untuk Anda dan kita semua.

Warp dan weft pada tenunan
Warp dan weft pada tenunan

Nah sebelum kita jelaskan satu persatu secara detil apa itu warp dan juga weft, maka ada yang perlu kita jelaskan dulu neh sedikit. Jadi kalau kita melihat sebuah kain apapun jenisnya, maka benang-benang yang saling bersilangan membentuk sebuah kain tersebut maka itulah warp and weft. Gimana, masih bingung kah, hehehe. Nah untuk lebih detilnya apa itu warp dan apa itu weft maka berikut penjelasan singkatnya.

Apa Itu Warp ?

Apa itu warp? Warp atau sering juga disebut warp yarn adalah benang yang posisinya memanjang atau vertikal. Atau bahasa gampangnya adalah benang pembentuk panjang pada kain.

Selain itu, karena warp yarn akan berada pada tegangan yang tinggi saat proses penenunan maka warp yarn atau benang warp haruslah kuat. Tegangan tinggi yang dimaksud adalah pada saat proses penenunan, tiap tiap benang warp akan ditarik / teregang secara kuat. Dimana nantinya semua weft yarn akan melintasinya naik turun secara bergantian.

Warp dan weft pada kain
Warp dan weft pada kain

Dulu, serat-serat yang biasanya digunakan sebagai benang warp adalah wol, linen, alpaka, dan serat sutra, karena dirasa mempunyai kekuatan yang cukup saat dijadikan warp. Namun kini, karena semakin majunya teknologi pemintalan benang dalam dunia industri khususnya tekstil, maka sekarang benang katun yang terbuat dari serat kapas pun bisa dijadikan sebagai benang warp.

Dan kini, serat-serat buatan seperti  nilon atau rayon juga sudah mulai digunakan sebagai benang warp.

Apa itu Weft ?

Apa itu weft? Weft atau sering juga disebut weft yarn adalah benang yang posisinya melintang atau horizontal. Jadi benang ini akan masuk naik turun melintasi benang warp yang posisinya memanjang saat membentuk sebuah kain.

Pada benang weft, biasanya benang yang digunakan adalah berasal dari serat pintal atau spun fiber seperti wol, rami, katun/kapas. Dan karena benag weft tidak akan teregang/terentang kuat seperti warp maka biasanya kekuatan benang weft yarn tidaklah sekuat benang warp yarn.

Gimana, sudah ada sedikit gambaran’kan setelah membaca penjelasan singkat yang kita berikan.  Mudah mudahan artikel tentang apa itu warp dan weft ini bisa membantu dan bermanfaat bagi kita semua.

(Visited 2,973 times, 1 visits today)

One thought on “Apa itu Warp dan Weft Pada Kain / Tenun

Comments are closed.