Apa itu kain Sateen – Ini Dia Penjelasannya

Apa itu Kain Sateen ? Pernahkah sobat mendengar tentang jenis kain yang satu ini sebelumnya. Sepintas namanya kok hampir mirip dengan jenis kain yang sudah pernah kita ulas di artikel sebelumnya yah, yaitu kain satin. Jangan-jangan antara kedua kain ini masih ada ikatan Saudara seperti kakak adik dan masih ada pertalian darah … #halah .., hehehe.

Sateen, kain sateen
Cotton Sateen
Image credit: Title: Cotton Sateen by www.moodfabrics.com

Namun seperti apa sih kain sateen itu, lalu terbuat dari apa sih kainnya. Nah kalau sobat penasaran dan ingin tahu mengenai info dari kain satenn ini, maka semoga info yang akan kita sampaikan ini bisa memberikan sedikit pencerahan untuk Admin sendiri, dan untuk sahabat semua yang berkunjung ke situ ini tentunya. Jadi, kita simak saja info singkat kain sateen berikut ini.

Kain Sateen Itu Seperti Apa Sih ?

Di awal tadi kita sudah mencoba menyinggung sedikit meski sambil bercanda mengenai apakah kain satin dan kain sateen itu masih saudara’an. Tapi yaa memang kenyataanya seperti itu. Baik kain satin ataupun kain sateen keduanya adalah jenis kain yang dibuat dari teknik pembuatan kain yang sama, yaitu teknik tenun satin (Satin Weave).

Kain Sateen dibuat menggunakan Loom (mesin tenun) seperti kebanyakan kain tenunan lainnya

Teknik tenun satin adalah sebuah metoda tenun guna mendapatkan permukaan kain yang terlihat gloosy atau bercahaya. Yaitu dengan cara, membuat 4 atau lebih dari salah satu jalur benang muncul kepermukaan (floating) melewati 1 jalur benang dari arah yang berbeda. Sehingga nantinya akan didapat lebih banyak permukaan kain yang rata yang jauh lebih baik dalam memantulkan cahaya. Info lebih jelasnya bisa dibaca di artikel apa itu satin.

Nah karena kedua jenis kain tersebut dibuat menggunakan teknik Satin maka inilah yang menyebabkan tampilan kain Satin dan Sateen tampak glossy atau berkilau.

Kain Sateen juga dikenal sangat halus dan lembut sama seperti Satin, namun mempunyai daya tahan yang lebih bagus dan tentunya dengan harga yang lebih murah dibandingkan Silk Satin. Bahkan diawal abad ke 20, bahan sateen sering dijadikan bahan pakaian wanita atau bahan pakaian dalam wanita karena kelembutan dan daya tahannya.

Terbuat Dari Apa Kain Sateen itu

Karena sekarang sobat sudah tahu bahwa kain sateen itu adalah jenis kain yang dibuat menggunakan teknik tenun satin. Lalu sekarang, apa yang membedakan antara kain Satin dan kain Sateen, ada yang tau ?

Kalau Satin adalah jenis kain yang dibuat menggunakan teknik tenun satin, dan umumnya terbuat dari jenis serat filamen seperti Sutera, polyester, atau nilon. Sedangkan kain Sateen adalah jenis kain yang juga dibuat menggunakan teknik tenun Satin, tapi jenis fiber yang digunakan adalah spun yarn seperti serat Cotton.

Filamen adalah jenis serat yang mempunyai ukuran yang sangat panjang, sedangkan Spun Yarn adalah jenis benang yang berasal dari serat-serat pendek yang di pintal bersama / digabungkan lalu dipintal menjadi benang yang panjang.

Bahan Sateen juga sering dijadikan puring atau lining untuk jacket karena kehalusannya. Dan satu lagi, seperti halnya bahan ayng terbuat dari cotton, sateen lebih mudah dalam hal perawatan, serta bisa menggunakan mesin cuci untuk mencucinya. Meski banyak juga yang tetap menyarankan mencuci menggunakan tangan supaya lebih awet.

(Visited 5,094 times, 1 visits today)