Apa Itu Katun TC

Apa Itu Katun TC – Kalau Anda sempat baca artikel kita yang sebelumnya, disana kita sudah jelaskan apa itu kain katun CVC. Nah pada artikel kali ini yang akan dijelaskan adalah saudara dari katun CVC, yaitu kain katun TC. Kain ini karakternya lebih kuat dan juga tidak mudah kusut dibandingkan dengan kain yang terbuat 100% katun ataupun katun CVC.

Katun TC (Teteron Cotton) - Jenis kain yang mengandung lebih banyak Polyester daripada katun
Katun TC (Teteron Cotton) – Jenis kain yang mengandung lebih banyak Polyester daripada katun
Image Illustration credit: Title: t-shirts, Thanks to Kovacs laszlo, at http://www.freeimages.com/photo/t-shirts-1421381

Lalu, sebenarnya terbuat dari serat apa sih kain katun TC itu? Nah, sebelum kita jelaskan apa itu TC maka sebaiknya Anda kenali dulu apa itu kain katun CVC, sehingga nanti Anda dapat dengan mudah mengetahui kenapa TC disebut saudara dari CVC.

OK, singkat saja. CVC adalah singkatan dari Chief Value Cotton, yang kalau diartikan kurang lebih adalah mengandung lebih banyak Cotton. Kain Katun CVC terbuat dari campuran antara Cotton/serat kapas dan juga polyester. Perbandingannya bisa bermacam-macam, tergantung kualitas yang ingin diproduksi oleh si pembuat kain tersebut, bisa 55% cotton + 45% Polyester, bisa 60% cotton + 40% polyester, atau mungkin hingga 80% cotton + 20% polyester.

Gimana, secara singkat sudah jelaskan apa itu CVC. Awas, Katun CVC bukanlah Coton Viscose, karena Viscose dan CVC adalah 2 jenis kain yang berbeda. Sekarang waktunya menjelaskan apa itu katun TC.

Lalu Apa Itu Katun TC

TC sendiri adalah kepanjangan dari Tetoron Cotton. Tetoron sendiri adalah sebutan untuk merk dagang dari produk fiber Polyester yang diproduksi oleh Teijin dan Toray Industries sejak tahun 1958.

Jadi sebenarnya, pengertian dari TC atau Tetoron Cotton adalah Polyester Cotton. Ini berarti, kain TC adalah kain yang terbuat dari campuran serat Polyester dan juga Cotton. Wah kalau begitu sama donk dengan CVC ? Memang mirip tapi ada bedanya. Kalau Kain CVC lebih banyak Cottonnya, sedangkan TC lebih banyak kandungan polyesternya. Begituuuu.

Jadi sejarah singkatnya, disekitaran tahun 1957, Toyo Rayon (Toray) bersama rival perusahaannya Teikoku Jinken (Teijin) mengimpor teknologi pembuatan polyester dari sebuah perusahaan asal Inggris, yaitu Imperial Chemical Industries (ICI).  Kemudian ditahun 1958, perusahan tersebut sudah mulai memproduksi polyester dan mulai mendapatkan keuntungan di tahun 1959.

Sebenarnya, nama “Tetoron” ini didapatkan dari hosil kontes yang dilakukan oleh Toray guna mencari nama produk dari serat polyester yang mereka produksi tersebut, dan akhirnya, nama tetoron lah yang terpilih.

Kandungan serat polyester pada kain TC jauh lebih banyak dari pada kandungan Cottonnya. Ini berarti, kandungan serat polyesternya pada kain TC adalah diatas 50%. Mungkin bisa 55% polyester + 45% cotton, atau bisa juga 60% polyester + 40% cotton, semuanya tergantung dari kualitas yang diproduksi dari kain TC itu sendiri.

Nah gimana, sudah dapatkan penjelasannya. Meski singkat, semoga info mengenai “Apa Itu Katun TC” ini bermanfaat untuk kita semua. Salam.

(Visited 39,693 times, 1 visits today)

2 thoughts on “Apa Itu Katun TC

Comments are closed.