Apa Itu Kain Sifon (Chiffon)

Kain Sifon – Apakah Anda tahu kain sifon itu seperti apa? Bagi Anda yang sering bergelut di dunia fashion, tentu tak asing dengan jenis kain yang satu ini. Kain yang mempunyai tektur yang ringan, tipis, bahkan hampir transparan ini sering digunakan dalam pembuatan berbagai macam busana, seperti baju dan juga kerudung.

Apa itu kain sifon / chiffon
Apa itu kain sifon / chiffon
Image credit: Title: Chffon, by diytrade.com, at www.diytrade.com/china/pd/11610424/75D_Printed_Chiffon_Fabric_for_Scarf.html

Menurut beberapa sumber menyebutkan bahwa, kain sifon sudah terkenal sejak abad ke19. Dalam perjalanannya, kain ini terus bertahan dan mengalami banyak sekali perkembangan, ini terlihat dari bahan dan juga motif yang semakin beragam. Bahkan hingga sekarang’pun kain ini tetap menjadi salah satu kain yang cukup populer.

” Kata sifon sebenarnya berasal dari bahasa Perancis yaitu Chiffon, yang merujuk kepada cloth or rag, yang berarti kain lap “

Kain Sifon Terbuat Dari Apa

Kain sifon adalah kain yang ditenun menggunakan metoda balanced plain weave, dengan pola criss cross sehingga akan memiliki tampilan seperti kotak-kotak. Balanced plain weave kurang lebih berarti, benang pembentuk kain (warp and weft) memiliki struktur seperti berat (size) dan jumlah yang sama setiap incinya.

” Plain weave adalah model tenunan yang paling sederhana, bahkan juga diketahui sebagai model yang paling tua “

Saat ini, seiring dengan perkembangan zaman dan juga teknologi, maka bahan yang digunakan untu membuat kain sifon pun semakin beragam. Bahkan bisa menghasilkan bahan sifon yang memiliki serat yang kuat dan juga harga yang terjangkau. Contohnya, seperti kain sifon yang terbuat dari serat alam seperti katun (Cotton Chiffon), sutra (silk chiffon), dan juga serat buatan atau sintetis seperti polyester (polyester chiffon), nylon (nylon chiffon), bahkan rayon (rayon chiffon).

Dipasaran, kain sifon atau chiffon yang terbuat dari serat alam seperti sutra harganya jauh lebih mahal dibandingkan kain sifon yang terbuat dari serat sintetis seperti polyester atau nylon.

 ” Warp adalah benang yang posisinya memanjang, sedangkan weft adalah benang yang posisinya melebar dari kanan ke kiri ”

Jika ingin membaca lebih jelas tentang warp and weft, Anda bisa membaca’nya disini: Apa itu warp dan weft

Penggunaan Kain Sifon Saat ini

Dalam dunia fashion, kain sifon dapat digunakan untuk membuat berbagai macam busana, seperti gaun pengantin, blous, rok, piyama, gamis, kerudung, syal, bahkan digunakan juga untuk membuat pakaian sari khas India yang Indah.

Namun dibalik keindahannya, ternyata karakter kain sifon yang licin dan transparan membuat kain ini cukup sulit ketika akan dijahit, sehingga diperlukan kehati-hatian dan ketelitian extra saat berurusan dengan kain yang satu ini. Malah ada yang menyarankan jika Anda baru bisa menjahit, dan tidak tahu cara atau teknik menjahit kain yang satu ini maka sebaiknya diurungkan. Kecuali jika Anda sudah memiliki basic atau pengalaman dengan kain sifon sebelumnya.

Oh iya, hampir ketinggalan. jadi selain digunakan dalam dunia fashion, ternyata sifon juga sering digunakan untuk gorden jendela, tirai atau canopy tempat tidur, serta berbagai jenis accesories seperti bross bunga pada jepitan rambut dan juga bando.

Nah gimana, sekarang sudah sedikit mendapatkan informasi’kan dari artikel yang kita berikan. nanti jika kita memiliki info lainnya yang masih berkaitan dengan kain sifon maka akan kita ulas dalam artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat.

 

 

(Visited 34,057 times, 7 visits today)

3 thoughts on “Apa Itu Kain Sifon (Chiffon)

Comments are closed.