Apa Itu Kain Katun ?

Apa itu kain katun ? Bisa jadi, kain jenis Katun adalah salah satu jenis kain yang paling familier di telinga kita dibanding jenis-jenis kain lainnya. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan. Tapi memang penggunaanya yang dapat dengan mudah kita temui dimana-mana. Seperti pada bahan pakaian keseharian kita misalnya, yaitu pada bahan kaos dan juga kemeja.

Serat kapas, merupakan bahan baku utama kain katun
Serat kapas, merupakan bahan baku utama kain katun
Image credit: Title: Cotton Blossom, Thanks to Carol Shu. Source: www.freeimages.com/photo/cotton-blossom-1407046

Namun dibalik ketenarannya, banyak juga yang bertanya. Sebenarnya kain katun itu terbuat dari serat atau tumbuhan apa sih? Apa mungkin kain katun itu terbuat dari serat buatan? Hemmm, kalau Anda berpikiran kain katun itu terbuat dari serat buatan maka buanglah jauh-jauh perkiraan tersebut. Karena faktanya, bahan kain katun adalah jenis kain yang terbuat dari serat alami, yang berasal dari tumbuhan.

Kain Katun Terbuat Dari Serat dan Tumbuhan Apa ?

Sebelumnya Admin mau tanya dulu nehh, apakah Anda pernah mendengar yang namanya kain Cotton. Kalau pernah, yaa itu dia yang namanya kain katun. Dan itu juga sebenarnya jawaban dari apa yang Anda tanyakan.

Jadi kain katun adalah sebutan lain dari kain Cotton. Katun sendiri adalah istilah yang digunakan untuk menyebut produk tekstil yang terbuat dari serat kapas, baik benang maupun kainnya.

Nah kalau katun adalah sebutan untuk produk tekstil yang terbuat dari kapas, apakah ini artinya kain katun adalah jenis kain yang terbuat dari serat atau tumbuhan kapas ? Yuuup, betul sekali. Jadi katun atau kain Cotton adalah jenis kain yang terbuat dari serat alami, yaitu berasal dari tumbuhan kapas, yang mempunyai nama latin Gossypium.

Jenis Kapas Terbaik Penghasil Serat Kapas / Cotton

Bisa dibilang, tanaman kapas merupakan jenis tanaman yang masih menjadi penghasil serat tertinggi untuk bahan baku industri tekstil. Keberadaannya masih menjadi yang terbesar dan belum mampu digeser oleh keberadaan produk-produk serat buatan atau yang biasa disebut serat sintetis. Tekstil yang terbuat dari bahan kapas (katun) bersifat menghangatkan di kala dingin dan menyejukkan di kala panas (menyerap keringat).

Kapas sebenarnya adalah serabut halus yang menyelebungi biji pada tanaman kapas. Kapas-kapas ini dipanen apabila buah kapas memenuhi beberapa kriteria sebelum dipanen, sepeti buah kapas harus sudah mekar sempurna, cukup umur dan juga kering. Lalu tanda lainnya adalah warna kelopak yang berwarna sawo matang dan juga rapuh saat dipegang.

Kain katun - Proses Pembuatan Kain Katun
Proses Pembuatan Kain Katun di India
Image credit: Title: Cotton Textile Industry in India by www.yourarticlelibrary.com

Nah menurut sumber Wikipedia, ada beberapa jenis kapas yang menjadi sumber utama serat kapas yang diperdagangkan saat ini, seperti:

  • G. hirsutum, asli Meksiko, Amerika Tengah, Karibia, dan Florida, menghasilkan 90% serat yang diperdagangkan
  • G. barbadense, asli dari Amerika Selatan tropika
  • G. arboreum, asli dari lembah Sungai Indus di Pakistan dan India
  • G. herbaceum, asli dari wilayah Levantia (hulu Sungai Tigris)

Sebelum dipilin menjadi benang, serat kapas ini harus diproses terlebih dahulu. Seperti pemisahan dari kotoran, dipisahkan antara serat yang panjang dan serat yang pendek, hingga akhirnya menjadi bahan baku yang siap dipilin untuk menjadi benang katun sesuai ukuran yang dikehendaki, baru akhirnya benang katun tersebut diproses menjadi berbagai jenis kain, seperti kain katun atau jenis kain lainnya.

Jenis Jenis Kain Katun

Setelah sahabat tahu kain jenis katun itu terbuat dari serat dan tumbuhan apa, kini tentu yang menjadi penasaran tentunya adalah jenis dari kain katun itu sendiri.

Sebenarnya Admin sudah pernah membuat infonya pada artikel sebelumnya. Tapi gapapa kita tampilkan saja ringkasannya, dan kalau sahabat mau melihatnya dengan lebih lengkap nanti akan kita sertakan link artikelnya dibawahnya. Okee, kalo begitu ini dia beberapa jenis kain yang dibuat menggunakan serat kapas atau Cotton (katun).

  • Jenis katun yang sering digunakan untuk bahan kaos : katun Combed dan Carded
  • Kain yang dihasilkan dengan mengkombinasikan serat katun dan serat lain: katun Silk, Katun rayon, katun Stretch
  • Kain jenis katun yang digunakan untuk bahan kemeja: Katun flanel
  • Lainnya: Katun denim, sateen, katun jepang

Anda bisa membaca info yang lebih lengkapnya disini: Jenis kain katun

Nah gimana, sudah ada sedikit gambarankan. Kalau infonya masih kurang, dibawah ini ada artikel-artikel terkait lainnya yang mudah-mudahan dapat memberikan informasi lebih tentang kain katun untuk Anda. Semoga bermanfaat.

(Visited 38,413 times, 5 visits today)