Apa itu Kain Katun Karded atau Cotton Carded

Apa itu kain Katun Carded atau Cotton Carded. Sebenarnya jenis kain ini masih saudaraan dengan kain katun combed. Meski keduanya terbuat dari jenis bahan yang sama yaitu kapas/cotton, namun secara umum terdapat perbedaan dasar diantara keduanya, yaitu terletak pada kualitas benang yang digunakan untuk membuat kain tersebut.

Nah jika kita bicara masalah benang/yarn, tentu kita akan berbicara tentang bagaimana proses benang carded tersebut dibuat sebelum akhirnya ditenun menjadi lembaran kain katun Carded. Jika Sobat bertanya kenapa kita harus tahu proses pembuatan benangnya ? Jawabannya adalah karena disinilah sebenarnya jawaban dari perbedaan diantara kedua jenis kain tersebut, Carded dan Combed, yang mana akan kita bahas disini untuk Anda.

Kain katun carded / cotton carded adalah ?

kain-katun-3
Kain Cotton Carded

Secara umum kain cotton atau katun carded terasa sedikit lebih kasar pada permukaan kainnya, serta kenyamanan’nya sedikit kalah jika dibandingkan dengan katun cotton combed. Permukaan kain yang sedikit kasar ini disebabkan karena kualitas benang yang digunakan seperti yang diawal kita sebutkan.

Perbedaan Cotton Combed dan Carded
Perbedaan Cotton Combed dan Carded

Nah kenapa hal ini bisa terjadi, sobat silahkan perhatikan garis besar skema proses pembuatan benang Carded dan Combed pada gambar yang kita sertakan.

Pada skema proses pembuatan benang carded tersebut ada beberapa step yang dilewati, yaitu proses Combing (menyisir). Dimana proses Combing tersebut adalah step tambahan yang fungsinya untuk mendapatkan serat kapas yang panjang, memisahkan dan menyingkirkan serat serat yang pendek, termasuk juga membuang kotoran yang terlewat, sehingga serat kapas yang nanti akan digunakan untuk membuat benang menjadi lebih halus dan berkualitas.

Carded sebenarnya adalah versi ekonimis, baik dari benang dan juga kain yang berbahan dasar kapas / cotton. Selain proses pembuatannya yang lebih cepat, juga harganya bisa menjadi lebih murah baik dari benang dan juga kain yang dihasilkan.

Nah mungkin dari sinilah istilah Carded itu berasal. Jadi benang yang berbahan dasar kapas yang dibuat tanpa proses Combing maka benang tersebut disebut dengan benang Carded, lalu kain yang dibuat dari benang Carded maka kain tersebut disebut dengan nama kain Carded atau kain katun Carded.

Perlu diketahui bahwa masing-masing pabrik kain menghasilkan kualitas produk yang mungkin sedikit berbeda. Hal tersebut bisa terjadi mungkin dikarenakan ada perbedaan dari faktor kualitas bahan baku kapas, perbedaan proses produksi, quality control, serta mungkin saja perbedaan proses washing serta finishingnya. Oleh karenanya, bahan cotton carded ataupun combed dari pabrik A, bisa saja sedikit berbeda kualitas dan teksturnya  dengan pabrik B.

Jadi, apakah sekarang Sobat sudah ada sedikit gambaran mengenai  apa itu kain katun Carded, lebih tahu juga kenapa kain ini kalah nyaman jika dibandingkan kain Combed, dan kenapa kain Carded harganya bisa lebih murah dibandingkan Combed.

Yaa, mudah mudahan sih penjelasan singkat yang kita sampaikan ini bermanfaat untuk Sahabat semua. Jika anda mengutamakan kenyamanan, pastikan menggunakan kaos yang menggunakan 100% berbahan katun. Semoga Bermanfaat.

(Visited 9,373 times, 1 visits today)

3 thoughts on “Apa itu Kain Katun Karded atau Cotton Carded

Comments are closed.