Apa itu Kain Furing

Apa Itu Kain furing atau sering juga disebut Lining. Well, sebelum kita bahas lebih jauh lagi mungkin admin akan sedikit bertanya dulu. Pernahkah Anda atau kita melihat pakaian atau busana yang pada bagian dalamnya seperti ada lapisan lagi. Itu loh, lapisan kain tambahan atau lapisan kain kedua setelah bahan kain utama. Nah kalo pernah melihatnya maka itulah kain yang disebut dengan kain furing.

Kain furing
Kain furing – Contoh penggunaan kain furing pada blazer
Image credit: Title: Lining, by Grainlinestudio.com/

Jadi kain furing atau lining ini adalah kain yang biasanya digunakan sebagai pelapis busana bagian dalam yang langsung bersentuhan dengan kulit. Kain furing biasanya dijahit menjadi satu dengan busana sehingga tidak bisa lepas dan menjadi bagian dari pakaian tersebut. Tapi sahabat mesti tahu, ternyata furing ini tidak hanya digunakan pada busana saja loh, ternyata topi, koper, tirai, tas, jacket, dan barang sejenis lainnya juga menggunakan kain furing sebagai pelapis dalamnya.

Fungsi Kain Furing atau Lining

Nah, tidak lengkap rasanya kalau membahas sesuatu tanpa mengetahui fungsi atau manfaat dari penggunaan bahan tersebut, benar kan. Jadi sebenarnya apa sih manfaat dari penggunaan dari kain furing itu sendiri. Nah untuk menjawab rasa penasaran kita ini, maka admin sudah rangkum neh fungsi dan juga manfaat dari penggunaan furing dari beberapa sumber, berikut infonya.

Pada busana, biasanya kain furing berfungsi sebagai pelapis dari busana yang bahan dasarnya adalah kain yang agak tipis atau transparan. Sehingga penggunaan furing tersebut dapat membuat busana tersebut menjadi lebih tebal, tidak menerawang, sehingga penggunanya akan merasa lebih nyaman saat memakainnya.

Selain itu, ada juga yang menggunakan lapisan furing supaya pakaian menjadi lebih adem saat dikenakan. Misalnya bahan utama pakaian karakternya agak panas saat dikenakan, nah untuk mensiasatinya adalah penggunaan furing yang bahannya adem.

Contoh dari penggunaan furing pada pakaian adalah pada busana muslim, misalnya. Saat ini kan banyak tuh busana muslimah yang menggunakan bahan chiffon sebagai bahan utamanya. Nah furing ini digunakan sebagai dalemannya supaya pakaian tersebut tidak menerawang saat dikenakan.

Lalu apakah cuman itu manfaat dari penggunaan kain furing. Heemmm tentu tidak dong. Ada banyak lagi manfaat furing dari hanya sekedar membuat pakaian menjadi tidak menerawang, lebih tebal, dan juga tidak panas. Seperti manfaatnya lainnya berikut ini:

  • Memberikan kesan lebih rapih
  • Mengurangi bentuk lekuk tubuh. Contoh adalah pada bahan-bahan kain yang mudah nempel dikulit atau njiplak bodi, sehingga penggunaan furing dapat mengeliminasi kesan tersebut.
  • Menutupi jahitan bagian dalam, seperti penggunaanya pada tas atau koper
  • Memperpanjang umur dari pakaian, sehingga mengurangi gesekan langsung dengan bahan lain atau kulit pengguna
  • Untuk mempermudah pemakaian dari busana itu sendiri. Contohnya adalah penggunaanya pada jacket, jas, atau mantel, sehingga busana tersebut istilahnya menjadi lebih mudah digunakan, karena dalemannya lebih licin atau lembut. Sehingga saat bersentuhan dengan pakaian lain maka jacket, mantel dan juga jas tersebut dapat dengan mudah tergelincir, gak seset.
  • Bisa juga untuk menambah rasa hangat dari pakaian tertentu.

Furing memiliki warna yang beraneka ragam, namun biasanya warna kain furing akan disesuaikan dengan warna kain utama yang akan dijahit dan digunakan. Selain itu, ada beberapa jenis bahan yang sudah dilapisi furing tetap harus menggunakan rok dalaman dan juga legging, seperti pakaian yang berbahan sifon dan bahan yang berwarna soft.

Bahan kain furing / Linings

Penggunaan furing tentu akan berbeda, tergantung dari untuk apa furing tersebut digunakan. Dan berikut ini beberapa jenis kain furing atau lining:

  • Rayon linings
  • Silk linings
  • Print linings
  • Lightweight cottons
  • Stretch linings
  • Satin linings

Semuanya bisa digunakan, tergantung dari kebutuhan dan juga kualitas pakaian yang nantinya akan Anda buat. Akhir kata, semoha info singkat mengenai Kain Furing ini bermanfaat untuk kita semua.

(Visited 48,906 times, 3 visits today)

One thought on “Apa itu Kain Furing

Comments are closed.