Apa Itu Kain Crepe Wool

Kain crepe wool, pernahkah mendengarnya. Crepe wool adalah kain crepe yang terbuat dari serat wol dan biasanya dibuat dengan teknik tenun plain woven. Serat wol yang tebal biasanya digunakan untik membuat kain crepe wool yang berat, sedangkan serat wol yang halus digunakan untuk membuat kain crepe yang ringan.

Kain Crepe wool
Kain Crepe wool

Menurut seorang penjahit terkenal bernama Very Merry, dan sekaligus pemilik dari web verymerryseamstress.com, tekstur dari kain crepe wool ini berkisar antara berkerut hingga bertekstur halus. Ketika crepe wool terkena pewarnaan, warna tersebut akan menembus ke inti serat. Selain itu, karena dasar crepe wool adalah serat wol, makan kain crepe jenis ini dapat memberikan isolasi yang sangat baik dari kondisi dingin, dapat menahan air tanpa merasa basah, dan juga konon lebih tahan api.

Penggunaan Bahan Kain Crepe Wool Untuk Pakaian

Kita tahu, Wol termasuk kedalam protein fiber karena berasal dari bulu atau rambut hewan yang kemudian dipintal menjadi benang dan akhirnya ditenun/dirajut untuk dijadikan pakaian. Nah wool crepe ini sama seperti kain crepe pada umumnya, yaitu penggunaan high twist yarn untuk mendapatkan tekstur kerutan pada Kain Crepe wool ini.

Di dunia fashion, saat ini  crepe wool bisa digunakan untuk dibuat berbagai jenis pakaian, seperti gaun, celana panjang, kemeja dan jas. Selain itu, karena karena crepe wool secara alami lebih tahan terhadap kotoran dan statis, sehingga bisa juga dikenakan untuk sehari-hari.

Perawatan bahan crepe wool

Kain jenis crepe wool ini bisa dicuci menggunakan tangan atau menggunakan dry cleaning. Yang jelas, usahakan jangan menggunakan pemutih ataupun air panas, karena hal tersebut konon dapat menyebabkan serat menjadi kuning, kaku, dan juga rusak.  Lalu setelah itu gantunglah hingga kering, karena panas yang berasal dari mesin pengering justru dapat membuat serat menyusut.

Jadi perawatan yang tepat tentu akan membuat kain crepe wool Anda awet dan tahan lama, sebagaimana karakter alami dari wol yang tahan lama. Jadi hati-hatilah dalam merawat kain kesayangan Anda tersebut.

 

(Visited 9,244 times, 1 visits today)