8 tips cara merawat kaos distro kesayangan kamu – Penting !!!

Kali ini Kaos-kerah.com akan berbagi 8 tips cara merawat kaos kesayanganmu agar lebih awet dan tidak gampang rusak. Entah itu sablonannya yang rontok lah, kaosnya yang jadi melar gak karuanlah, kainnya jadi berbulu lah, atau leher kerahnya yang jadi gede banget.

Lalu apakah sahabat semua ada yang pernah mengalami salah satu diantaranya ? Apaaa…pernah ngalamin semuanya ..hahaha.

Tips Cara Merawat Kaos Distro Kesayangan
Tips Cara Merawat Kaos Distro Kesayangan

Nah pasti kita semua pernah ngalamin hal tersebut setidaknya salah satu diantaranya. Meskipun faktor tersebut bisa juga diakibatkan dari kualitas bahan yang rendah, namun dengan cara perawatan kaos yang benar tentu umurnya mudah-mudahan bisa sedikit lebih lama.

8 Tips Cara Merawat Kaos Distro Agar Awet

Berikut ini Admin sudah merangkum beberapa tips cara merawat kaos distro yang wajib kamu tahu. Mungkin saja ada tahapan-tahapan yang tidak kita sadari ternyata salah dalam pengerjaanya, Jadi check this out.

1. Kaos distro kesayangan mu jangan terlalu lama direndam
Loh, bukannya direndam lama-lama kaosnya bisa makin bersih. Ia bener sob, tapi kalo cuman dicuci biasa, ga terkena noda yang sulit dibersihkan kayaknya 30 menit – 1 jam sudah cukup. Terlalu lama direndam dalam detergen maka sablonannya bisa cepet keras, kalo dah keras maka jadi mudah retak, kalo dah retak biasanya mulai rontok deh.

Selain itu bahan kaos yang berasal dari serat alami seperti bahan katun/cotton, sutra, wool, bisa cepat rusak jika terlalu lama direndam, dibandiingkan dengan serat buatan atau sintetis seperti polyester, rayon, nylon dan lain-lain.

2. Pisahkan dengan pakaian yang mudah luntur
Jangan satukan kaos kesayanganmu dengan baju yang mempunyai warna tajam, atau yang bereksiko luntur saat peoses perendaman. Jangan sampai warna kain baju kamu berubah atau terkena lunturan warna dari baju lain.

3. Jangan pernah menyikat kaos, jika tidak prlu
Cara merawat kaos yang ketiga adalah, kalau tidak karena terkena noda membandel yang tidak memerlukan penyikatan maka mengucek dengan lembut itu sudah cukup. Soalnya kalau sudah direndam maka kotoran mudah hilang, jadi kucek aja dengan lembut jangan pakai tenaga supaya ga melebar nanti kaosnya.

4. Jangan lupa membalik kaos
Nah, kalo yang ini fungsinya supaya saat mencuci bagian luar kaos yang ada motifnya tidak cepat rusak karna tergerus dan bergesekan dengan pakaian lainnya, terlebih jika kita mencucinya dengan mesin cuci.

selain itu, membalik kaos ini bermanfaat juga pada saat penjemuran supaya warna baju kamu tidak cepet peang terkena cahaya matahari, atau cukup dengan diangin-anginkan saja diluar. Karena udara diluar udah cukup hangat untuk bisa mengeringakan baju tanpa harus dijemur langsung dibawah sinar matahari. Apalagi jika sudah dikeringkan dulu dengan mesin cuci.

5. Jangan menggantung baju saat basah
Pernahkah sobat ngalamin ketika kaos distro kesayanganmu tiba-tiba lehernya kok jadi gede yah. Hmmm, coba ingat ingat kenapa.

Yang jelas salah satu penyebab kenapa leher atau kerah baju kesayanganmu jadi besar adalah, proses penjemuran menggunakan gantungan baju saat masih basah. Karena baju yang basah beratnya bertambah, jadi ketika digantung lubang lehernya akan ketarik dan terus berlangsung sampai baju kering. Setelah kering pasti leher baju kamu jadi melebar (T_T).

6. Jangan menyetrika sablonannya
Salah satu cara merawat kaos yang terkadang sering diabaikan dan malah berakibat fatal adalah masalah penyetrikaan. Sering kali kita lupa atau malah tidak mengindahkan jenis sablonan yang digunakan pada kaos yang akan disetrika.

Jadi pada saat menyetrika langsung pada gambar sablonan yang kebetulan adalah berjenis ruber, plastisol, atau highdensity maka kemungkinan besar sablonan akan menempel disetrikaan dan  fatal’lah akibatnya. Motif kaos akhirnya rusak dan cacat.

Untuk mengatasinya, cukup setrika bagian dalamnya saja pada area yang bermotif

7. Jangan pakai pemutih
Kalau kaos distro kamu warnanya bukan putih, mending jangan pakai pemutih. Jadi pisahkan pakaian putih yang akan menggunakan pemutih dengan pakaian berwarna non putih.

8. Jangan memeras kaos terlalu kuat
Kalo yg ini sebenarnya tambahan aja seh. Yaitu, saat diperas, usahakan jangan memelintirnya terlalu keras,  karena jika dipelintir terlalu keras kaos kamu bisa cepat  melar.

Nah itu sob, tips-tips ringan cara merawat kaos distro kesayangan kamu supaya ga cepet rusak, tetep awet sampai kamu beli lagi kaos yang baru hehehe. Semoga bermanfaat ya Sob.

(Visited 4,416 times, 1 visits today)