Sifat Katun Carded / Sifat Kain Cotton Carded

Sifat katun carded atau karakter kain cotton carded itu seperti apa sih. Apakah karakter kainnya terasa kasar saat diraba, halus, ataukah lembut. Lalu jika dibandingkan dengan jenis kain katun combed, kualitasnya bagusan mana. Heemm …, detil juga neh pertanyaannya. Tapi gapapa, karena memang inilah yang kita akan bahas diartikel kali ini.

Tapi untuk bisa menjawabnya maka caranya adalah kita harus tahu bagaimana proses kain carded/karded itu dibuat. Kenapa? karena dari sanalah kita akan mengetahui perbedaan carded dan combed, dan juga perbedaan kualitas dari kedua jenis kain yang bersaudara dekat ini.

sifat katun carded
sifat kain cotton combed dan carded
Image credit: Title: Fabric, Thanks to: Shahid Siddique, at http://www.freeimages.com/photo/cloth-1161795

Nah oleh sebab itu, sebelum membahas ke pokok tujuan dari sifat katun carded itu seperti apa, maka kita kasih tahu dulu neh apa itu carded. Jadi istilah carded sebenarnya diambil dari dari nama mesin yang membuat benang untuk kain carded itu sendiri, namanya mesin carding.

Jadi mesin carding adalah mesin yang akan mengolah serat kapas dengan cara digaruk (carded) sebelum memintalnya menjadi benang untuk kain carded.

Nah serat yang dihasilkan dari proses ini tidak akan sebagus kualitas serat yang didapat dari proses combing untuk kain combed. Karena untuk membuat kain combed, maka serat yang digunakan untuk pembuatan benangnya adalah serat serat pilihan yang berukuran panjang.

Sedangkan untuk kain carded, serat-serat yang digunakan untuk pembuatan benangnya masih bercampur dengan serat yang pendek. Sehingga saat dipintal menjadi benang maka benangnyapun akan terasa lebih kasar.

Nah sobat bisa melihat gambarannya lewat gambar dibawah ini, dimana ada perbedaan proses pembuatan benang untuk kain carded dan combed. Alur proses untuk karded lebih singkat dibandingkan dengan proses combed.

Perbedaan Proses Pembuatan Cotton Combed dan Carded Yarn
Perbedaan Proses Pembuatan Cotton Combed dan Carded Yarn

 

Ini Dia Characteristic atau Sifat Katun Carded

Setelah barusan kita bahas sedikit tentang proses pembuatan kain carded mudah-mudahan Anda sudah mendapatkan sedikit gambaran dan pencerahan tentang kain carded.

Nah berikut ini beberapa characteristic atau beberapa sifat yang dimiliki oleh kain katun carded, seperti:

  • Kain katun carded tekstur serat benangnya agak kasar dan tidak selembut kain katun combed. Inilah perbedaan terbesar antara kain katun carded dengan katun combed. Meski keduanya dibuat dari jenis material yang sama yaitu cotton atau kapas, tapi dibedaakan pada proses pembuataan benangnya. Carding untuk carded dan combing untuk combed
  • Karena keduanya terbuat dari material yang sama, yaitu cotton (kapas), maka kedua jenis kain ini (carded & Combed) sama-sama bagus dalam menyerap keringat. Meskipun daya serapnya tergantung dari berapa persen material cotton yang digunakan pada kain carded tersebut.
  • Rajutan kain tidak semulus dan serata combed
  • Karena sama-sama terbuat dari bahan yang sama dengan katun combed maka katun carded pun tetap dingin saat digunakan
  • Satu lagi tambahan, harga kain carded biasanya lebih murah dibandingkan kain jenis combed.

Itulah beberapa sifat yang dimiliki oleh jenis kain katun carded. Untuk masalah harga, sudah barang tentu carded lebih murah harganya dibandingkan dengan jenis katun combed.

Jadi sekarang tinggal keputusan Anda sendiri untuk menentukan apakah akan menggunakan jenis carded atau combed, hehehe. Semoga info singkat mengenai sifat katun carded atau karakteristik dari kain carded ini bermanfaat untuk Sahabat semua.

(Visited 4,616 times, 17 visits today)