Perbedaan Sifon, Ceruti dan Hycon

Perbedaan Sifon, Ceruti dan Hycon – Kain sifon merupakan kain yang sedang digemari akhir-akhir ini, selain dibuat pakaian kain yang satu ini sedang digemari oleh para pengguna hijab. Akan tetapi pasti diantara kita banyak yang bingung karena ternyata ada beberapa nama kain yang ternyata bahannya mirip-mirip dengan sifon atau chiffon, yaitu ceruti dan hycon.

perbedaan sifon, ceruti, dan double hycon
perbedaan sifon, ceruti, dan double hycon
Image Illustration credit: Title: Doble hycon, by www.butikpashmina.com

Well …, sebelum kita jelaskan lebih lanjut mungkin ada yang harus kita luruskan dulu. Apa itu ? Yaa mengenai ketiga kain barusan yang konon mirip-mirip dan banyak kesamaan …, hehehe.

Apakah Anda tahu kalau Hycon dan Ceruti sebenarnya adalah tipe atau macam dari kain sifon. Jadi Hycon dan ceruti adalah sebenarnya turunan atau pengembangan dari jenis kain sifon itu sendiri, dan itulah kenapa ketiga bahan ini memiliki karakteristik yang mirip-mirip antara yang satu dengan yang lainnya. Nah untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan kain sifon, ceruti, dan hycon simak dibawah ini.

Lalu Apa Perbedaan Sifon, Ceruti dan Hycon

Dalam artikel sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang jenis-jenis kain sifon, seperti:

  • Kain sifon yang berasal dari serat alam seperti: cotton (kapas) dan silk (sutra)
  • Kain sifon yang berasal dari serat buatan atau sintetis seperti: nylon, polyester, dan rayon
  • Serta sifon yang terbuat dari serat campuran. Nah ceruti dan hycon adalah termasuk kedalam sifon yang terbuat dari serat campuran antara polyester dan sutera.

Lebih jelas tentang kain sifon: Apa itu kain sifon / chiffon

Baca juga tentang jenis dari kain sifon disini: Jenis kain sifon

Sifon / Chiffon

Seperti yang sudah kita bahas di artikel sebelumnya, karakteristik dari kain sifon diantaranya sebagai berikut:

  • Kain sifon merupakan kain yang memiliki tekstur yang sangat halus dan juga tipis, kain ini bisanya terbuat dari bahan katun, sutra, nilon, rayon, polyester, dan blend atau campuran.
  • Bahan sifon/chiffon biasanya materialnya tipis dan agak menerawang, kalau dipegang licin dan seratnya halus.
  • Karena licin inilah kadang sifon atau chiffon menjadi agak susah untuk dibentuk
  • Pakaian yang terbuat dari kain sifon jika dikenakan, bahannya nge-flow atau berkesan “jatuh”. Sehingga akan terlihat cantik.
  • Apabila untuk busana muslim, karena bahannya tipis dan agak menerawang maka biasanya harus menggunakan tambahan puring lagi.
  • Kalau digunakan untuk pashmina biasanya agak licin dan butuh jarum pentul untuk pengamannya.

Ceruti

  • Banyak yang bilang kalo Ceruti itu mirip sekali dengan shifon, bahkan sering disebut sifon ceruti. Laah kan, ceruti itu emang jenis sifon …, xixixixi.
  • Bahannya tipis, akan tetapi bahan ini memiliki perbedaan, yaitu ceruti jauh lebih lembut namun mudah dibentuk.
  • Yang membedakan ceruti dengan sifon dan hycon adalah permukaan dari kain ceruti menyerupai kulit jeruk namun halus, terdapat bintik-bintik kecil halus.
  • Ceruti harganya lebih mahal karena mungkin kandungan serat sutra’nya jauh lebih banyak.

Hycon

  • Pada umumnya harga kain hicon lebih murah dari ceruti. Tapi bergantung juga dari bahan yang digunakan untuk pembuatan kain
  • Hicon memang tipis, namun banyak yang menyebut kalau hycon tidak setipis sifon, jadi artinya kain hycon lebih tebal dari pada sifon
  • Meski lebih tebal, banyak yang menyebut hycon lebih lembut dari sifon, tapi tidak selicin sifon

Sebenarnya cukup sulit juga untuk menjelaskan secara detil karena memang hycon dan ceruti adalah turunan dari sifon itu sendiri. Itulah kenapa ketiganya banyak kesamaan.

Tapi mudah-mudahan dengan membaca artikel singkat ini setidaknya Anda atau kita semua bisa mendapatkan informasi yang bermanfaat. Akhir kata, semoga artikel tentang ” Perbedaan kain sifon, ceruti, dan hycon” ini bisa berguna untuk kita semua.

(Visited 82,243 times, 20 visits today)

One thought on “Perbedaan Sifon, Ceruti dan Hycon

  1. Wow, sangat membantu..
    Artikel yg keren, menggambarkan kain hingga pembaca(saya) bisa membayangkan seperti apa tekstur ceruti itu nggak gampang.
    But you did it. Whadda great explain.

    Thanx for share

Comments are closed.