Mengenal Bahan Kain Wolly Crepe

Apa itu kain wolly crepe ? Mungkin bagi mereka yang bergelut di busana muslim tentu cukup familier dengan bahan kain yang satu ini. Karena memang wolly crepe merupakan salah satu bahan yang sering digunakan untuk membuat busana-busana muslim seperti gamis.

kain wolly crepe
kain wolly crepe

Menurut apa yang kita lihat, bahan kain wolly crepe yang kita beli ini bahannya tidak terlalu tebal, dan termasuk dalam kategori lightweight fabric, yang artinya termasuk kain yang mempunyai bobot yang ringan (Mungkin ada juga yang lebih tebal, tergantung kualitas dan keperluan). Wollycrepe memang tidak transparan, sehingga kalau kita meletakan tangan atau benda dibawahnya hampir tidak mungkin kita dapat melihatnya.

Namun sahabat juga harus tahu, memang benar kain ini tidak transparan…., namun tetap menerawang saat terkena cahaya (bisa lihat di video dibawah). Jadi apabila sahabat hendak menggunakan kain wolly crepe ini untuk dibuat atau dijadikan bahan untuk rok maka sebaiknya gunakanlah pelapis tambahan atau furing. Karena bisa dibayangkan apabila shiluet yang terlihat di video tersebut adalah kaki Anda.

Karakter dan Kelebihan Kain Wolly Crepe

Anda mungkin salah satu yang bertanya, bagaimana sih karakter dari kain wolly crepe ini ? Nah untuk bisa menjawabnya maka Admin sengaja membeli 2 lembar kain wollycrepe ini untuk bahan review dan sudah kita buat videonya juga. Jadi Anda yang belum pernah melihatnya sekalipun bisa mengetahui dengan lebih jelas seperti apa kain ini.

Dari hasil pengamatan admin sendiri (mungkin beda orang bisa berbeda interpretasi atau penafsiran), bahan wollycrepe ini halus khas kain crepe. Bahannya jatuh dan tidak kaku, namun tidak begitu licin karena wolly crepe memiliki tekstur permukaan kain yang khas, yaitu seperti berpasir. Ini jugalah kenapa kain ini diberi embel-embel nama crepe. Karena istilah Crepe merujuk pada semua jenis kain yang mempunyai tekstur seperti berkerut, tampak seperti kulit jeruk, ataupun berpasir.

Terkadang, banyak yang menyebut kalau kain wolly crepe ini mirip dengan kain wolfis, cuman yang membedakannya adalah wolly crepe memiliki tekstur berpasir seperti yang tadi sudah kita sebutkan. Kemudian kain wollycrepe bahannya tidak stretch atau tidak lentur. Dalam video bisa juga sahabat liat, sudah kita coba tarik-tarik tapi tidak melar sama sekali. Berbeda dengan kain bubble crepe yang sedikit agak lentur.

Kain woll crepe tidak lentur
Kain woll crepe tidak lentur

Saat ini kain wollycrepe banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Contohnya adalah untuk pembuatan berbagai busana muslim:

  • Gamis muslimah (baik itu syar’i, pashmina, semi instan, juga segi empat)
  • Jilbab panjang syar’i
  • Cadar, purdah
  • Khimar
  • dan lain-lain

Menurut seorang penjual bahan kain di Instagram @rumahkain_cantik, beliau menuturkan di acoount instagramnya:

Kain wollycrepe digemari karena tidak panas di kulit, tidak lengket dikulit (nyeplak),  jatuh, tidak kaku, tidak licin, tidak terlalu tebal tapi tidak transparant, terasa halus dan tidak kasar.😍
Kain ini bertekstur seperti kulit jeruk. Namun begitu kain ini di pegang tetap terasa halus dan lembut. Kain ini juga memiliki kualitas yang baik, sehingga cenderung lebih awet.
Penggunaan kain wollycrepe adalah sebagai : Gamis muslimah syar’i, khimar syari, hijab instan, semi instan, segi empat/pasmina, Cadar, Baju koko, blouse, Gamis pria, celana, rok dan lain sebagainya.

Untuk masalah warna, bahan kain wolly crepe ini tersedia dalam berbagai pilihan warna. Seperti warna merah, biru, hitam, marun, coklat, dan masih banyak lainnya. Sehingga Anda tidak terlalu sulit mencari warna-warna kesukaan Anda.

(Visited 180,586 times, 22 visits today)

One thought on “Mengenal Bahan Kain Wolly Crepe

Comments are closed.