Kain Katun Jepang – Apa itu Katun Jepang dan Ciri-Cirinya

Apa itu kain katun Jepang? Atau bahan katun jepang seperti apa? Menurut beberapa sumber yang admin dapat, bahan katun Jepang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kain katun pada umumnya. Umumnya infonya adalah terbuat dari 100% full cotton, sehingga ini berarti tak ada campuran bahan sintetis lainnya. Namun tidak bisa dijadikan patokan, karena semuanya tergantung kualitas dan juga harga.

Kain katun Jepang
Kain katun Jepang
Image credit: Title: japan & Korean Style fabric by Zhejiang. Source: www.aliexpress.com/item/Hot-Baby-Pink-tilda-doll-cotton-quilting-patchwork-fabric-set-sewing-home-textile-material-40-50cm/1292162723.html

Namun saat melihat tampilan gambar motifnya, umumnya kain katun Jepang bermotif color full, penuh warna yang cerah, bunga-bunga, bermotif lucu, happy, dan motif-motif lainnya yang terprinting dikainnya. Nah kalau dilihat warna dan motifnya sangat kontras dan terlihat bagus sekali gak mendem atau burek.

Jadi menurut Admin pribadi, penamaan kain katun Jepang ini mungkin saja diambil karena terinspirasi kain kimono Jepang yang rata-rata design coraknya yang penuh akan warna serta bunga-bunga.

Kain katun Jepang
Kain katun Jepang
Image credit: Title: japanese Fabric, by CMCYILING Customize Handmade Store. Source: You can find this awesome fabric a twww.aliexpress.com/item/Floral-Print-Cotton-Fabric-Home-Sewing-Tilda-Fabrics-Patchwork-Cotton-Tissue-Home-Textile-Woven-Telas-Tecido/32741379350.html

Nah untuk harganya sendiri saat ini harga kain katun Jepang harganya sedikit lebih mahal dibanding kain katun yang biasa. Mungkin lebih mahal karena bahannya yang 100% cotton dan coraknya yang full motif diseluruh permukaan kainnya.

Serta, karena design dan coraknya penuh akan warna seperti yang tadi sudah dijelaskan diatas maka katun Jepang lebih cocok untuk dibuat blous wanita, sprei, badcover, dan juga hand craft. Dan khusus di Indonesia, sekarang kain katun Jepang ada yang juga digunakan untuk membuat mukena.

Ciri-Ciri Kain Katun Jepang

Contoh-kain-katun-jepang-asli
Contoh-kain-katun-jepang-asli

Lalu untuk kita yang awam memang cukup sulit juga untuk membedakan antara katun Jepang dengan kain katun yang biasa yang sama-sama bermotif. Nah untuk itu, berikut ini beberapa tips yang yang admin dapatkan dari beberapa sumber, supaya Sahabat mempunyai gambaran akan perbedaan antara kain katun Jepang dengan kain jenis lainnya.

Berikut ini beberapa cara untuk membedakan katun Jepang dengan jenis kain lainnya, seperti:

  • Lihatlah pada bagian sisi ujung kain, biasanya terdapat label atau tulisan “Pure Cotton Japanesse”
  • Terbuat dari 90 – 100% cotton
  • Memiliki tekstur kain yang halus, relatif lembut, ringan, dan tidak berbulu
  • Warnanya cerah, dan beberapa menyebut seperti mengkilap atau glossy
  • Karena terbuat dari pure cotton maka dapat menyerap keringat
  • Harga lebih mahal dibanding kain cotton biasa
kain katun jepang
kain katun jepang

Beberapa menyebut bahwa katun Jepang mempunyai tektur yang mengkilat atau shiny. Mungkin memang sedikit mengkilap, namun tentu tidak semengkilap bahan sateen. Karena kain katun 100% full cotton yang benar-benar mengkilap namanya adalah kain katun sateen. Jadi jenis katun sateen didapat dengan menggunakan teknik tenun bernama ‘satin weave’.

Namun hati-hati. Jangan samakan istilah “Sateen” dengan “satin”. Jadi sateen adalah kain yang dibuat menggunakan struktur tenun satin, namun dibuat dengan benang pintal bukan filamen.

Contohnya begini. Biasanya, standartnya pada teknik tenun plain weave adalah menggunakan satu benang melayang diatas dan satu benang melalui bawah yang melewati weft yarns atau melewati benang pembentuk panjang kain.

Sedangkan pada satin weave terdapat 4 atau lebih warf yarn (benang pembentuk lebar) yang lewat melalui atas  dan satu warf yarn yang lewat melalui bawah.  Sehingga menghasilkan permukaan yang lebih halus untuk disentuh dan mengurangi hamburan cahaya sehingga dapat meningkatkan efek bersinat /shiny.

Gimana, sudah ada sedikit pencerahankan seputar masalah katun Jepang. Jadi mulai saat ini, selain dengan menanyakan langsung kepada si penjual akan keaslian dari kain katun Jepang tersebut Anda juga bisa memperhatikan bagian sisi bawah dari kain karena menurut mereka-mereka yang sudah sering membeli katun Jepang ini terdapat  tulisan “Pure Cotton Japanesse”. Semoga membantu

(Visited 33,556 times, 12 visits today)

One thought on “Kain Katun Jepang – Apa itu Katun Jepang dan Ciri-Cirinya

Comments are closed.