Mengenal Jenis Rajutan dan Benang Rajutan – Knitting & Crocheting

Pakaian jenis rajutan atau pakaian dari bahan rajut kini memang sedang menjadi trend. Apalagi kini banyak model baju baju korea yang menggunakan bahan ini sebagai bahan utamanya. Terlebih trend K-Pop yang memang banyak digemari dan digandrungi oleh banyak pemuda pemudi di tanah air tercinta ini.

Banyaknya model dan juga warna ditambah cukup nyaman saat digunakan, membuat pakaian dari bahan rajut ini banyak digemari. Apalagi ketika musim dingin atau musim hujan tiba, pakaian rajut bisa menjadi pilihan karena cukup bisa membuat hangat tubuh kita.

Jenis rajutan
Jenis rajutan
Image credit: Kniting by Katia Grimmer-Laversanne, at www.freeimages.com/photo/knitting-1563372

Saat ini rajutan itu banyak jenisnya. Kalau berdasarkan alat pembuatannya, mungkin jenis rajutan bisa dibedakan menjadi 2 jenis.

  1. Pertama, yaitu rajutan yang dibuat menggunakan tangan
  2. Kedua adalah rajutan yang dibuat menggunakan mesin

Membuat rajutan menggunakan mesin sepintas memang akan lebih cepat, benar kan ! Tapi eits tunggu dulu, karena ternyata tidak semua teknik rajut tangan dapat diproduksi secara identik pada mesin rajut looh, bahkan beberapa diantaranya ada yang tidak mungkin.

JENIS-JENIS RAJUTAN TANGAN

Setelah diawal kita mengenal sedikit mengenai jenis rajutan berdasarkan alat pembuatannya, sekarang kita akan lebih fokus membahas mengenai rajutan tangan saja. Kenapa, karena di Indonesia merajut mungkin lebih identik dengan merajut menggunakan tangan.

Aneka jenis rajutan tangan
Aneka jenis rajutan tangan
Image credit: Title: Hackey sack footbag, Awesome image by Wokandapix. Source: pixabay.com/en/hackey-sack-footbag-game-play-3164280/

Oke, yang pertama mesti sahabat ketahui adalah, jenis teknik merajut yang umum dikenal saat ini ada 2 jenis, yaitu :

  1. Knitting
  2. Crocheting

Apa itu Knitting

Knitting adalah teknik merajut menggunakan sepasang jarum rajut atau yang biasa disebut dengan nama jarum breien yang ukurannya cukup panjang. Namun kalau kita tidak memiliki jarum tersebut, kita juga bisa menggunakan 2 buah pensil atau sumpit bambu runcing sebagai penggantinya.

Jenis rajutan menggunakan teknik knitting
Jenis rajutan menggunakan teknik knitting
Image credit: Title: Knitting, Awesome image by Foundry. Source: pixabay.com/en/knit-sew-girl-female-make-produce-869221/

Knitting bisa menggunakan sebuah benang rajut  atau bahkan lebih, tergantung pola yang akan kita buat. Karakter rajutan yang didapat dari teknik knitting terlihat lebih rapat jika dibandingkan dengan hasil rajutan yang menggunakan teknik crochet.

Teknik rajut knitting menggunakan 2 buah jarum dalam proses pengerjaannya
Teknik rajut knitting menggunakan 2 buah jarum dalam proses pengerjaannya
Image credit: Title: Yarn Knitting, Awesome image by Mr. cmooreinswitzerland. Source: pixabay.com/en/yarn-knitting-handmade-crochet-3090121/

Nah untuk knitting sendiri ada lagi jenisnya, yaitu:

  1. Single Knitting / Single Side Knitting
    Single knitting adalah jenis rajutan dengan menggunakan sebuah benang rajut dan 2 buah jarum rajut. Single knitt sangat cocok untuk para pemula karena lebih mudah untuk dipelajari dan lebih cepat.
  2. Double Knitting / Double Side Knitting
    Double knitting adalah teknik knitting yang menggunakan 2 buah benang rajut, bisa sama warna atau berbeda warna. Pengerjaannya bisa lebih sulit jika dibandingkan hanya menggunakan satu benang rajut. Namun hasil rajutan yang dihasilkan akan memiliki dua sisi atau dua muka, namun tetap saling terikat. Kain rajut hasil dari jenis rajutan double knitting lebih tebal, dan tidak mudah kriting jika dibandingkan single knitting.

Apa itu Crocheting

Crochet adalah salah satu teknik dalam merajut yang menggunakan sebuah jarum rajut khusus yang ujungnya bengkok atau berpengait (hook). Khusus untuk jarum Crochet, biasanya orang-orang menyebutnya dengan nama jarum hakpen atau hakken. Nah pengait (hook) pada ujung jarum tersebut berfungsi untuk mengait benang dalam proses merajut nantinya.

Jenis rajutan menggunakan teknik crocheting
Jenis rajutan menggunakan teknik crocheting
Image credit: Title: Crochet crafts, Awesome image by Lolareyes. Source: pixabay.com/en/crochet-crafts-thread-1481701/

Di Indonesia sendiri, jenis rajutan dengan teknik Crochet ini lebih populer jika dibandingkan dengan knitting. Bahkan sering juga diajarkan sebagai pelajaran keterampilan di sekolah-sekolah, lalu karang taruna, atau bahkan ibu-ibu PKK.

Jarum rajut crochet, yang biasa disebut jarum hook, hakken atau hakpen
Jarum rajut crochet, yang biasa disebut jarum hook, hakken atau hakpen
Image credit: Title: Crochet hook, Awesome image by Magura727. Source: pixabay.com/en/crochet-hook-needlework-hand-1056205/

Jenis benang rajut

Dalam merajut tentu kita membutuhkan apa itu yang dinamakan benang rajut. Ada beberapa jenis benang rajut yang sering digunakan untuk membuat fashion dari rajut ini, seperti untuk membuat pakaian, jacket, syal, ikat pinggang, dan juga tas. Dan berikut ini beberapa jenis benang rajut yang sering digunakan:

Aneka jenis benang rajut
Aneka jenis benang rajut
Image illustration: Title: Wool Yarn, Awesome image by Steffani Lehmann. Source: pixabay.com/en/wool-cat-s-cradle-knit-crochet-3228397/

1. Benang Wol Besar
Diameter benang wol ini cukap besar, yaitu kira-kira 2 sampai 3 mm. Terkadang ada yang menyebutnya dengan sebutan benang “wol kinlon”. Biasanya benang ini digunakan untuk membuat syal leher karena hangat ketika dikenankan.

2. Benang Wol Lokal
Bisa dibilang benang wol yang satu ini hampir mirip dengan benang wol besar atau kinlon, hanya saja diameternya yang agak lebih kecil dibandingkan benang wol besar.

3. Benang Katun
Kalo benang ini mungkin lebih mirip dengan benang kasur, cuman yang membedakannya adalah seratnya jauh lebih lembut dibandingkan benang kasur yang cendrung kasar.

4. Benang Bali
Benang ini adalah benang katun namun dengan diameter yang sedikit lebih besar dari benang katun sebelumnya, seratnya besar dan lebih padat

Dan masih banyak lagi jenis jenis benang rajut lainnya yang biasa digunakan untuk membuat rajutan.

Nah mudah-mudahan info singkat seputar jenis rajutan ini bermanfaat untuk sahabat semua. Siapa tahu, setelah kita mengenal jenis-jenis rajutan dan juga benang yang digunakannya kita menjadi tertarik untuk mencobanya.

(Visited 21,000 times, 7 visits today)

One thought on “Mengenal Jenis Rajutan dan Benang Rajutan – Knitting & Crocheting

Comments are closed.