Mengenal Bahan Crepe Silk Lebih Jauh

Kali ini kaos-kerah.com akan membahas tentang bahan crepe silk sedikit lebih jauh, dimana sebelumnya kita sudah membahas tentang kain crepe secara umum. Crepe silk adalah salah satu jenis kain crepe yang konon cukup populer saat ini. Meski bertekstur khas, yaitu seperti berpasir, berkerikil, atau berkerut namun crepe silk sangat halus, lembut, dan nyaman saat digunakan.

bahan crepe silk
Contoh bahan crepe silk

Crepe Silk adalah kain yang mewah dengan kemilau yang baik. Tekstur berkerikil atau keriputnya diperoleh dengan menggunakan benang twist yang tinggi. Nah taukah Anda, bahwa benang yang digunakan untuk pembuatan sebuah kain dapat diklasifikasikan dari jumlah twist atau plintiran dalam setiap benang. Mulai dari twist yang rendah (3-5 twist per inci), hingga high twist atau plintiran yang tinggi seperti untuk pembuatan kain crepe ini yaitu (40-75 twist per inci).

Bahan Crepe silk memiliki tirai yang indah, dan secara luas digunakan untuk membuat blouse, dress, gaun mewah, celana panjang, rok, pakaian ringan, gaun pengantin, dan gaun malam.

Bahan Crepe Silk Seperti Apa ?

Jika Anda bertanya bahan crepe silk itu seperti apa maka jawabannya mungkin sudah kita jelaskan beberapa di awal tadi. Selanjutnya Anda lihat saja namanya. Ada penggunaan kata “silk” yang artinya bahwa kain crepe ini menggunakan bahan silk atau sutera. Lalu dari segi tekstur, sudah jelas bahwa crepe silk bertekstur seperti berpasir/berkerikil atau bisa juga bertekstur seperti berkerut.

Nah yang perlu Anda ketahui adalah, sebenarnya penggunaan kata “crepe” itu digunakan untuk menamai kain atau mungkin juga semua jenis kain yang mempunyai tektur berpasir/berkerikil ataupun yang mempunyai tekstur keriput. Jadi kain yang terbuat dari serat apapun, tapi mempunyai tekstur berpasir/berkeril atau berkerut maka dikategorikan kain crepe. Dan ini juga kenapa bahan kain crepe silk sangat banyak sekali jenisnya.

Silk Crepe De Chine

Contoh kain crepe yang terbuat dari silk atau sutera adalah Crepe de chine, atau sering juga disebut dengan silk crepe de chine. Bahannya lebih ringan dan halus, namun less tekture. Dibuat dengan teknik tenun plain woven dan bisa terbuat dari murni serat sutera (with all-silk warp and weft), atau mungkin campuran antara sutera dan wool (or else with a silk warp and hard-spun worsted weft).

Kalau Ada yang kurang familier dengan istilah weft, warp, dan worsted, maka berikut adalah penjelasan singkatnya:

Jadi weft adalah benang pada kain tenun yang posisinya horizontal. Jadi kalau bahasa simpelnya adalah benang yang alurnya melebar pada kain. Sedangkan kalau Warp adalah benang pembentuk kain yang alurnya vertikal atau memanjang. Terkadang, kualitas benang yang digunakan pada bagian warp lebih kuat atau lebih tinggi dari pada benang yang digunakan pada bagian weft.

Sedangkan worsted mengacu pada benang yang terbuat dari serat wol, namun tidak sama dengan benang wol yang digunakan untuk menyulam. Benang worsted lebih kuat, lebih tipis, ringan, dan juga halus.

Namun yang unik dari proses pembuatan kain crepe de chine ini adalah digunakannya teknik S-Z high twist filament yarn pada bagian weft dan normal twist filament pada bagian warp.

S Z high twist filament yarn adalah benang yang dibuat dengan cara memelintir/twist dengan kuat bagian serat filament pembentuk benang kearah yang berlawanan.  Dimana pada umumnya, benang dibuat dari bagian serat pembentuk benang yang di plintir / di twist ke arah yang sama. Lalu high twist sendiri merujuk pada banyaknya putaran/plintiran saat bagian benang tersebut akhirnya dibuat menjadi sebuah benang.

Twist yang rendah atau low twist biasanya (3-5 twist per inci), hingga high twist atau plintiran yang tinggi seperti untuk pembuatan kain crepe ini yaitu (40-75 twist per inci).

Georgette

Georgette juga salah satu dari contoh kain crepe silk lainnya. Kainnya tips dan transparan (sheer), ringan, dan karakter permukaanya kusam (dull) dan crinkle alias berkerut, yang didapat dari penggunaan S Z twist yarn pada kedua weft and warp. Sedikit berbeda dengan crepe de chine, dimana yang menggunakan S Z twist pada bagian weft nya saja.

Kain silk georgette hadir dalam warna yang solid dan juga warna atau motif print. Biasanya digunakan sebagai bahan pembuat blouse, dress, gaun malam, kain saree.

Nah itu aja dulu info singkatnya menganai bahan crepe silk. Meski masih banyak lagi jenis jenis kain crepe yang terbuat dari sutra, mungkin akan kita ulas dalam artikel yang lain.

(Visited 13,234 times, 3 visits today)