Mengenal Apa itu Bahan Twill dan Katun Twill

Apa itu bahan twill atau katun twill. Nah sebelum kita membahas mengenai kedua bahan tersebut maka tentu ada baiknya kita harus tahu dulu apa itu Twill. Karena mungkin banyak juga sahabat kita yang sering mendengar istilah Twill, atau pernah melihat bahan twill tapi tidak tau apa sebenarnya pengertian dari twill’nya itu sendiri.

Apa Itu Twill?

Oke kita mulai dari apa itu Twill, atau definisi dari Twill. Dari beberapa sumber didapat informasi bahwa Twill adalah salah satu jenis tenunan tekstil dengan pola garis-garis diagonal searah atau sejajar. Pola garis diagonal adalah pola garis yang terlihat miring dan melintang pada kain.

Dan perlu sahabat ketahui bahwa ada beberapa istilah yang sering digunakan untuk menyebut pola diagonal pada kain twill ini, antara lain seperti diagonal rib dan wale.

Apa itu Twill - Pola tenun twill
Apa itu Twill – Pola tenun twill

Pola diagonal ini didapat dengan cara melewatkan benang pakan di atas satu atau lebih benang lungsin kemudian masuk kebawah dua atau lebih benang lungsin, dan seterusnya. Dengan pola tenun seperti ini nantinya akan didapat kain dengan pola diagonal yang khas.

Pola Twill
Pola Twill

Jika sahabat ingin melihat contoh kain dengan pola tenun twill seperti ini maka cara yang paling gampang adalah melihatnya pada kain denim atau jeans. Silahkan lihat celana jeans atau denim anda, lihat pola kainnya dibagian depan atau belakangnya, pasti terlihat seperti ada pola garis diagonal miring (wale) seperti ini diseluruh permukaian kainnya, betul kan.

Denim- Salah satu contoh katun twill
Denim- Salah satu contoh katun twill
Image credit: Title: Black denim, Thanks to Pexels. Source: pixabay.com/en/backdrop-belt-black-casual-closeup-1838492/

Dan hal tersebut juga selaras dengan penjelasan kita pada artikel-artikel sebelumnya, yang menjelaskan bahwa kain denim adalah kain Twill atau kain yang ditenun dengan pola tenun Twill.

Apa itu Bahan Twill dan Katun Twill

Nah setelah kita mengetahui apa itu twill, maka sekarang kita bisa lebih mudah memahami apa itu bahan twill atau bahan katun twill.

Pertama kita ulas dulu apa itu bahan twill. Jika kita berbicara masalah kain atau bahan kain, maka singkatnya bahan twill adalah bahan kain yang dibuat dengan pola tenun twill.

Jadi terlepas dari jenis bahan baku kainnya itu apa, entah itu terbuat dari katun/cotton atau material lainnya maka pengertian bahan twill adalah mengacu pada semua jenis kain yang dibuat dengan pola tenun twill.

Lalu apa itu katun twill

Jika sudah membaca dengan seksama penjelasan sebelumnya maka sekarang sahabat bisa lebih mudah memahami apa itu katun twill. Katun twill adalah bahan kain yang terbuat dari tenunan benang katun/cotton/kapas dengan pola twill sebagai jenis tenunannya.

Contoh katun Twill

Untuk contoh katun twill saat ini cukup banyak yang bisa kita temukan dalam keseharian kita. Seperti celana jeans dengan bahan denimnya, lalu terkadang kita juga bisa melihantnya pada bahan celana katun untuk seragam, bahan topi, dan masih banyak lainnya.

Celana berbahan Twill
Celana berbahan Twill
Image credit: Title: Trouser with twill fabric. Source: Peterchristian.co.uk

Karakteristik Bahan Twill

Kain twill secara teknis memiliki 2 sisi, yaitu sisi bagian depan dan sisi belakang. Inilah yang menjadi pembeda dengan kain yang ditenun dengan tenunan polos atau plain weave, yang kedua sisinya tampak sama. Sisi depan twill disebut technical face dan bagian belakang disebut dengan technical back.

Sisi technical face dari kain tenun twill adalah sisi dengan pola yang paling menonjol karena bisa dibilang merupakan wajah dari kain twill. Biasanya memiliki daya tahan yang lebih baik, lebih menarik, dan paling sering digunakan sebagai sisi fesyen kain, atau sebagai bagian muka depan saat dibuat pakaian. Dan satu lagi, merupakan sisi yang terlihat selama proses menenun.

Untuk sementara ini dulu yang bisa kita sampaikan. Apabila ada info lainnya yang dirasa penting dan perlu untuk kita tambahkan mengenai info tentang kain twill, bahan twill, atau katun twill maka halaman ini tentu akan kita update.

(Visited 9,496 times, 48 visits today)