Kelebihan Kain Katun Combed /Cotton Combed

Kelebihan Kain Katun Combed /Cotton Combed dalam hal kelembutan dan kenyamanan’nya saat dikenakan merupakan salah satu alasan kenapa saat ini banyak industri kaos lebih senang menggunakan jenis kain katun combed ini sebagai bahan dasar kaos yang mereka buat dibanding jenis kain lainnya.

Cotton-Combed
Kain katun/cotton combed

Namun perlu kita ketahui, sebenarnya di Industri kaos, umumnya yang sering digunakan sebagai bahan dasarnya adalah dari jenis kain katun combed dan juga saudaranya, katun carded. Harga material kain dan juga pakaian jadi yang menggunakan bahan dasar cotton combed lebih mahal dari pada pakaian yang menggunakan jenis cotton carded, meskipun sebenarnya kedua jenis bahan tersebut “Katun Combed dan Carded” sebenarnya berasal dari bahan baku yang sama, yaitu kapas atau Cotton.

Nah mungkin sahabat semua ada yang bertanya, kok bisa sih Combed lebih mahal dari pada Carded, padahal terbuat dari bahan baku yang sama, yaitu kapas.

Jawabannya sebenarnya terletak pada saat bagaimana benang yang merupakan bahan utama dari kaos tersebut dibuat. Nah supaya sobat lebih jelas lagi, maka dibawah ini kita sertakan gambar skema alur produksi benang katun, baik itu Combed dan juga Carded.

Perbedaan produksi benang Cotton Combed dan Carded
Perbedaan produksi benang Cotton Combed dan Carded

Dari skema diatas sebenarnya secara garis besar baik benang Combed dan Carded alur produksinya sama, namun perhatikan ada sedikit perbedaan dalam proses pembuatan benang Combed. Terlihat pada proses produksi benang Combed ada proses tambahan lagi yang bernama Combing.

Proses Combing (disisir/menyisir) adalah sebuat proses tambahan yang fungsinya untuk mendapatkan serat kapas yang panjang saja, memisahkan serat yang pendek, sekaligus membuang kotoran yang mungkin terlewat pada step sebelumnya.

Dari proses ini nanti didapatlah serat kapas yang panjang dan berkualitas, yang mana nantinya serat berkualitas inilah yang akan dipintal menjadi benang Combed. Benang yang dihasilkan dari proses ini jauh lebih lembut, kuat, dan minim nap sambungan.

Nah mungkin dari sini jugalah istilah Combed itu berasal, Jadi benang yang berasal dari bahan baku kapas dan dalam proses produksinya menggunakan proses Combing maka benang tersebut disebut dengan istilah benang Combed atau Combed Yarn. Lalu kain yang bahan dasarnya menggunakan benang Combed maka kaintersebut disebut dengan istilah kain Combed atau Combed Fabric.

Apa saja kelebihan kain Katun combed dibanding kain Carded

Berikut ini beberapa kelebihan kain katun/cotton combed dibanding dengan jenis kain lainnya:

  • Kainnya nyaman, lembut, dan tidak kasar
  • Kainnya lebih kuat dan tidak mudah robek
  • Tidak mudah kisut apabila dicuci
  • Tidak panas saat dipakai, alias Adem
  • Mudah disablon
  • Menyerap keringat.
  • Tidak berbulu

Video Bagaimana Kain Katun Dibuat Saat Ini Menggunakan Mesin Tenun Modern


LINK CHANEL YOU TUBE| Subscribe Channel Youtube kita ya bos

Untuk kualitas gambar yang baik, tontonlah dengan kualitas minimal 480

Dipasaran saat ini dijual beberapa jenis kain cotton combed yang dibedakan berdasarkan tingkat ketebalan, seperti katun/cotton combed 20s, 24s, 30s, dan 40s. Untuk kaos kaos berkualitas bagus biasanya distro-distro menggunakan 30s atau 40s. Semakin kecil angka maka semakin tebal kain tersebut, dan tanda “S” dibelakang angka tersebut artinya adalah “Single Knite atau Jarum Tunggal”.

Semoga info singkat mengenai “Kelebihan Kain Katun Combed /Cotton Combed” ini bisa memberikan pencerahan.

(Visited 148,037 times, 99 visits today)