Kain Katun Terbuat Dari Serat ? Ini Dia Jawabannya

Kain katun terbuat dari serat ?  Serat apa ayoo, apa ada yang tahu. Kalo ada yang jawab serat sutra, teet toot, salah. Serat buatan, teet toot, salah juga karena katun bukanlah terbuat dari serat buatan. Serat ijuuk, teet toot makin salah, emang dikira mau bikin sapu apaah, xixixi. Seratan takdirr  :D, hadeeeh makinn ngacoo, itumah suratan takdir kali, hahahha, #getok palu. (kidding)

Kain katun terbuat dari serat ?
Kain katun terbuat dari serat kapas
Image credit: Title: Natural Cotton, Thanks to Roberto Ribeiro, at www.freeimages.com/photo/natural-cotton-4-1293624

Lalu, sebenarnya kain katun terbuat dari serat apa? Ya udah lah admin jawab aja langsung biar gak makin ngelantur, hehehe. Jadi bahan yang digunakan untuk membuat kain katun adalah serat alami yaitu cotton atau kapas. Dan perlu diketahu bahwa kapas adalah serat alami yang berasal dari tumbuhan kapas.

Kapas adalah salah satu bahan kain yang paling banyak digunakan saat ini karena terkenal dapat menghasilkan bahan kain yang lembut, nyaman, dan mampunyai daya serap yang bagus. Inilah alasan mengapa bahan katun menjadi bahan favorit di Industri pembuatan kaos.

Kain Katun Terbuat Dari Serat Kapas

Seperti yang tadi sudah kita singgung sedikit diatas, yaitu “Cotton” atau sebutan lain dari kain katun, sebenarnya adalah jawaban dari pertanyaan ini.

Cotton adalah kata dalam bahasa inggris yang kalau diartikan dalam bahasa Indonesia yang berarti kapas. Dan memang benar nyatanya kalau kain katun/kain Cotton itu terbuat dari serat kapas atau serat cotton. Bahan baku kapas tersebut sebelum menjadi kain mesti menjalani serangkaian proses dahulu hingga pada akhirnya bisa menjadi kain yang digunakan untuk membuat berbagai macam pakaian.

Kain katun terbuat dari serat kapas
Mesin pemintalan kapas
Image credit: Title: xxxxxxxxx. Thanks to Linda Spashett for awesome images. Source: Wikipedia (https://creativecommons.org/licenses/by/3.0)], from Wikimedia Commons)

Kapas diolah dengan cara dipisahkan antara serat yang panjang dan serat yang pendek. Dimana nantinya kualitas serat inilah yang akan menentukan kualitas dari bahan kain yang akan diproduksi. Serat yang panjang akan diproses dan dipintal menjadi benang katun menggunakan sebuah mesin bernama mesin combing. Sedangkan serat yang pendek akan diolah dan dipintal menggunakan sebuah mesin bernama mesin karding.

Nah dari sini mungkin sobat sudah mulai sedikit ngeeh dengan istilah Combing dan Carding yang tampaknya agak familier atau samar-samar di kepala. Yaa, Combing untuk Combed dan Carding untuk Carded. Itu adalah nama jenis kain katun yang sebenarnya diambil dari bagaimana dia di proses. Jeng jeng.. sudah mulai sedkit agak paham kan. Jadi selain tahu kalau kain katun terbuat dari serat kapas, sobat juga sekarang tahu kalau nama kain katun Combed atau Carded itu diambil dari mana.

Video Bagaimana Mesin Tenun Modern Bekerja Membuat Kain Katun


LINK CHANEL YOU TUBE| Join Channel Youtube kita ya bos

Untuk kualitas gambar yang baik, tontonlah dengan kualitas minimal 480

Nahh, buat sobat yang mau mengetahui lebih jauh lagi mengenai kain katun combed atau carded, sobat bisa membacanya disini:

Oke deh, tampaknya sudah cukup info singkat dari kita. kalo sobat mau info yang lebih lagi mengenai kain katun, maka sobat dapat membacanya di artikel diatas. Akhir kata, semoga artikel yang berjudul “Kain katun terbuat dari serat ?” tersebut bisa bermanfaat untuk kita semua. Salam.

(Visited 56,893 times, 2 visits today)

One thought on “Kain Katun Terbuat Dari Serat ? Ini Dia Jawabannya

Comments are closed.