Bahan Taslan Itu Seperti Apa – Info Seputar Bahan Taslan

Mungkin banyak dari kita yang bertanya, bahan taslan itu seperti apa? Karena mungkin kita sering mendengar nama bahan taslan tapi belum pernah melihatnya. Atau mungkin hanya sebatas pernah melihatnya saja, tapi tidak tahu informasi yang lebih dalam dari bahan ini.

Oke, sebelum Admin membahas lebih jauh mengenai apa itu taslan atau seperti apa itu bahan taslan, sebaiknya kita cari tahu dulu umumnya bahan ini digunakan untuk apa.

Bahan taslan seperti apa
Bahan taslan seperti apa

Nah di Indonesia sendiri, bahan taslan sering kita jumpai pada bahan-bahan untuk jacket dan jas hujan. Alasannya adalah, karena salah satu sifat dari bahan taslan ini adalah anti air dan angin yang baik, serta cepat kering.

Selain itu ada juga yang membuatnya sebahai bahan untuk tas, tenda, bahkan di eCommerce seperti Tokopedia admin pernah melihat ada juga mukena yang terbuat dari bahan taslan.

Pertanyaan: Bahan Taslan Itu Seperti Apa ?

Oh iya, sebelum menjelaskan bahan taslan itu seperti apa maka admin infokan dulu bahwa informasi yang disampaikan disini admin peroleh dari banyak sumber (link disertakan di bawah). Selain itu, ternyata cukup sulit juga untuk menemukan informasi yang detil tentang kain atau bahan yang satu ini. Tapi meski begitu akan admin sampaikan sebaik mungkin tanpa mengurangi bobot informasi yang terkandung.

Taslan adalah Merk Dagang dari DuPont untuk Teknologi Air Jet Texturing

Oke, kita mulai dari definisi taslan. Disini admin menemukan beberapa rujukan mengenai apa itu taslan. Diantaranya adalah berasal dari sebuah buku berjudul Yarn Texturing Technology, penulis  John W. S. Hearle, L. Hollick, D K Wilson.

Apa itu Taslan
Apa itu Taslan

Menuliskan bahwa Taslan ® sebenarnya adalah trade mark atau merk dagang dari DuPont Company (DuPont) untuk metoda air jet textured pertama yang pernah dikembangkan. Sebuah metoda membuat tekstur pada benang nilon menggunakan udara bertekanan tinggi yang ditembakan pada serat nilon.

Taslan: Penggunaan serat Nilon yang sudah diberi teksture untuk pembuatan kain

Apa itu Taslan
Apa itu Taslan

Dalam sebuah tulisan di majalah luar “Backpacker” edisi tahun 1994, menuliskan bahwa taslan adalah penggunaan serat nilon yang sudah diberi tekstur menggunakan metoda air jet textured untuk membuat kain yang nanti hasilnya seakan-akan terasa seperti terbuat dari bahan cotton (cottony fell), ringan, kuat, dan tahan abrasi.

Taslan adalah sebuat proses untuk membuat serat nilon menjadi bertekstur “hairy” berbulu.

Apa itu Taslan
Apa itu Taslan

Dalam sebuah majalah luar negeri “SKI” keluaran tahun 1982, menuliskan bahwa Taslan adalah 100% bahan/serat nilon yang dimasukan kedalam taslanizing proses dimana didalamnya  angin bertekanan tinggi akan ditembakan pada tiap tiap serat nilon yang masuk sehingga akan memberikan teksture nilon menjadi seperti berbulu (hairy appearance).

Nah dari semua defini tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa definisi taslan adalah sebuah metoda untuk memberikan tekstur pada serat nilon dengan menembakkan udara bertekanan tinggi pada serat nilon sehingga didapat serat nilon dengan tampilan seperti berbulu (hairy appearance) yang lembut, namun kuat.

Setelah kita tahu apa itu taslan sekarang mungkin kita juga bisa menjabarkan bahan taslan itu seperti apa?

” Bahan taslan atau kain taslan adalah kain tenun yang terbuat dari benang sintetis serat nilon bertekstur (nilon yang sudah diberi tekstur dengan metoda air jet texturing) sehingga didapat kain yang lembut seperti cotton, ringan, anti air, anti angin, kuat, dan mempunyai daya tahan yang tinggi “

Saat ini kain taslan ada juga yang terbuat dari serat polyester, dan juga ada juga yang di beri lapisan coating tambahan untuk lebih mempunyai daya tahan terhadap air (waterprof) yang jauh lebih baik.

Nah biasanya taslan dengan coating ini lebih sering digunakan untuk bahan pembuatan jas hujan, atau mungkin juga untuk aneka kegiatan outdoor seperti tenda misalnya. Coating tersebut juga biasanya ada yang mengandung minyak. Sehingga apabila kita menuang segelas air pada bahan taslan jenis ini, maka air tidak akan menyerap sama sekali dan akan segera tergelincir jatuh.

(Visited 1,344 times, 8 visits today)