Bahan Spandek – Penjelasan Mengenai Kain Spandek Untuk Anda

Sering mendengar bahan spandek, tapi belum tentu semua tahu kalau spandek itu sebenarnya kain yang seperti apa. OK, sebelum kita mengupas lebih jauh mengenai bahan spandek ini maka kita kasih sedikit bocoran dulu untuk Anda. Jadi perlu sahabat ketahui, bahwa spandek atau disebut juga Elastane adalah sejenis serat buatan manusia yang karakteristiknya elastis.

kain bahan spandek
Contoh penggunaan bahan kain spandek pada celana atlet sepeda & Celana Legging wanita
Image credit: Title: Bradley Wiggins by William Morice. At commons.wikimedia.org/wiki/File:Bradley_Wiggins,_2012_Tour_de_France_finish.jpg
Image credit: Title: Spandex Fiber by Luigi Chiesa. At commons.wikimedia.org/wiki/File:Spandex_fiber.jpg
Image credit: Title: Gingerbreadman Yoga Pants by AllenRaySmith. At commons.wikimedia.org/wiki/File:Gingerbreadman_Yoga_Pants.png

Elastis disini artinya adalah bisa meregang atau stretch. Bahkan bahan ini bisa meregang hingga lebih dari 5x dari panjang normalnya.

Namun ada yang perlu sobat ketahui, bahwasannya Spandek, Lycra dan Elastane adalah hal yang sama. Lycra sendiri adalah nama merek atau brand dari DuPont Company untuk serat Spandek yang mereka produksi.

Sedangkan Spandek/Spandex adalah nama generik / sinonim yang digunakan di Amerika Serikat dan Kanada, serta beberapa negara untuk menyebut serat elastane, dan mungkin salah satunya di Indonesia karena nama Spandek lebih familiar di telinga kita. Elastane adalah nama umum yang digunakan di banyak negara untuk menyebut bahan Spandek.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Spandek

Nah tentu point inilah yang ingin kita ketahui bersama, yaitu kekurangan ataupun kelebihan yang dimiliki oleh kain-kain yang berbahan campuran Spandek. Oleh karenanya untuk mengetahuinya kita akan mencari info dari sumber-sumber yang memang telah lama berkencimpung di dunia textile.

Nah salah satunya admin kutip dari halaman web HaiNing JinTian Textile Co.,Ltd, yaitu web perusahan yang bergerak dibidang apparel fabrics, home textile fabrics, microfiber household cleaning products dan sebagainya sejak 2010. (setidaknya itu yang ditulis dihalaman websitenya). Dan berikut infonya:

Kelebihan kain berbahan/mengandung material spandek

  1. Daya pemelaran yang besar jadi tidak gampang rusak ketika terkena tarikan, dan hampir akan kembali ke ukuran aslinya
  2. Tidak mudah berkerut
  3. Terasa lembut ditangan, nyaman dipakai, daya elastis yang baik (mengikuti bentuk tubuh)
  4. Tahan terhadap asam dan alkali. Kain Spandek tahan terhadap keringat, air laut, tahan terhadap berbagai jenis dry-clean, dan tahan terhadap suntan lotion (lotion untuk merubah kulit menjadi lebih gelap)
  5. Kemampuan mempertahankan warna yang baik, tahan pemudaran

Kekurangan kain spandek

  1. Daya Serapnya tidak begitu baik, low breathable, sehingga uap air atau mungkin keringat kurang dapat ditransfer keluar ( tergantung dari jumlah material spandek yang digunakan)
  2. Sensitif terhadap panas. Jadi hati-hati terhadap penyetrikaan yang terlalu panas, mesin pengering yang menggunakan panas, serta mencuci bahan spandek dengan air panas. karena hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan permanen terhadap pakaian.
  3. Bahan ini akan menunjukan segalanya adari tubuh Anda alias jeplak tubuh
  4. Spandek tidak bisa berdiri sendiri. Maksud dan contohnya adalah, Spandek perlu dikombinasikan dengan serat lain untuk bisa menjadi benang atau kain, baru bisa dijadikan pakaian.

Penggunaan Spandek Di Industri Apparel

Untuk dapat menjadi sebuah kain dan digunakan di industri pakaian, biasanya serat spandek dipintal menjadi benang dengan cara dikombinasikan dengan serat lainnya. Seperti contohnya serat kapas, nilon, polyester, rayon, dll. Lalu kemudian kain tersebut dicelup guna mendapatkan warna yang dikehendaki.

Nah saat ini penggunaan kain Spandek sangat luas cakupannya, terutama digunakan pada pakaian-pakaian yang membutuhkan stretch yang tinggi. Berikut ini beberapa penggunaan bahan Spandek yang umum dapat kita temui sehari-hari, seperti:

  • Pada berbagai jenis pakaian olahraga
  • Sabuk ikat pinggang
  • Bra straps
  • Sarung tangan
  • Legging
  • Celana jeans stretch
  • Dan masih banyak lainnya

Oh iya hampir lupa, di Indonesia sendiri penggunaan kain campuran spandek ini banyak juga yang menggunakannya sebagai salah satu bahan untuk pembuatan baju-baju muslim, termasuk hijab. Alasannya tidak lain adalah karena mereka menyukai karakter kainnya yang halus dan lembut.

Jadi kalau sahabat menemukan jenis kain yang ada embel-embel spandek’nya maka biasanya ciri khas karakter kainnya adalah lentur, meskipun seberapa lenturnya itu tergantung dari komposisi dari seberapa banyak material spandek yang dicampurkan pada benang yang digunakan pada material kain tersebut.

Jenis Kain Spandek

Yup seperti yang tadi sudah sedikit disinggung diatas, bahwa Spandek memerlukan serat lain untuk dapat menjadi benang atau kain sebelum menjadi pakaian. Dan berikut ini beberapa jenis kain yang menggunakan campuran bahan spandek didalamnya.

Bahan Katun Spandek / Cotton Spandex

Anda tentu bertanya, apa ada hal lain yang menjadi alasan kenapa Spandek harus di kombinasikan dengan serat lain, khususnya dengan serat cotton/katun/kapas. Jawabannya adalah, untuk mendapatkan sesuatu yang lebih dari kain blend tersebut dibandingkan jenis kain yang hanya menggunakan serat cotton misalnya.

Lalu apa kelebihannya? Kebihannya adalah untuk mendapatkan kain dengan kelembutan yang didapat dari serat katun/cotton dan fleksibilitas dan daya tahan yang lebih baik, yang didapat dari bahan Spandek.

Cotton/katun/Kapas adalah serat alami yang berasal dari alam, sedangkan serat spandek adalah serat buatan manusia. Bersama-sama, mereka menciptakan kain hybrid yang nyaman dan mudah dibersihkan. Namun, apabila komposisi serat Spandek semakin ditambahkan maka kain menjadi low breathable, yaitu berkurangnya kemampuan kain untuk menyalurkan udara dan uap air.

Contoh penggunaanya adalah untuk T- shirts, Tank tops, Leggings, pakaian Yoga, dll.

Bahan Nylon Spandek

Ada yang menyebut bahan Nylon Spandek  sangat lembut, nyaman dikenakan, sensual dan ringan. Biasanya digunakan untuk pakaian pakaian renang, celana pesepeda, dan atlet olahraga lainnya. Tapi tak hanya itu, ada juga para designer baju yang menggunakannya untuk membuat pakaian wanita untuk rancangan mereka, seperti untuk  baju ketat, celana ketat, bra, tank tops, dan pakaian wanita lainnya.

Stretch Denim

Pasti untuk yang satu ini sudah banyak yang familier. Stretch Denim atau kalo di kebanyakan orang bilang adalah Jeans Stretch, padahal sebenarnya merknya bukan Jeans tapi tetep aja nyebutnya Jeans, hehehe.

Hanya sebagian kecil (sekitar 3%) serat spandek yang diperlukan dalam kain untuk stretch denim ini meregang hingga 15% dari bentuk aslinya. Namun, fitur ini konon akan memperpendek umur dari pakaian tersebut. Namun kelebihannya, Stretch Denim dapat beradaptasi dengan bentuk, ukuran, dimensi dan lekukan setiap wanita (pinggul hingga kaki)

Polyester Spandek

Bahan Spandek Polyester mungkin tidak terlalu jauh dengan nylon spandek, peruntukannya juga kurang lebih sama. Selain untuk pakaian olahraga, juga bisanya digunakan untuk membuat pakaian-pakaian ketat, dan ada juga juga yang menjadikannya sebagai bahan dress.

Rayon Spandek

Gabungan antara 2 serat buatan, yaitu rayon dan Spandek. Bahan Spandek rayon nyaman ketika dikenakan, lembut, serta lebih ringan daripada bahan spandek katun.

Nah buat sahabat-sahabat semua yang sedang mencari info tersebut, atau kebetulan mampir di halaman ini dan juga ingin tahu seperti apa itu bahan spandek, maka semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.

(Visited 199,840 times, 168 visits today)

One thought on “Bahan Spandek – Penjelasan Mengenai Kain Spandek Untuk Anda

Comments are closed.