Bahan Denim Itu Seperti Apa?

Bahan denim itu seperti apa sih? Seperti apa sih kainnya? Terus, apakah bahan kain denim itu suka dibuat baju, jaket, atau celana? Naah kalo Sobat benar-benar tidak tahu seperti apa bahan denim itu, disini sobat pasti akan menemukan jawabannya.

Namun tahukah kita, padahal setiap hari kita bisa saja melihat orang-orang yang mengenakan pakaian berbahan kain denim lalu lalang di depan kita looh. Atau bahkan kita sendiri yang sedang memakai pakaian dengan bahan denim tersebut, hehehhe. Cuman kita’nya aja yang gau tau bahwa itu adalah bahan denim.

Bahan Denim Itu Seperti Apa
Sejarah Denim: Foto menunjukan pabrik dimana kain denim di buat dimasa lalu
Image source: www.enmodefashion.com

Oke, sebelum kita membahas bahan denim tu seperti apa maka kita informasikan dulu bahwa topik ini mungkin pernah kita ulas dalam beberapa artikel sebelumnya. Tapi tak apalah, kita korek-korek lagi aja sedikit infonya untuk Anda.

Nah sebagai bocoran, umumnya saat ini bahan kain denim lebih sering kita jumpai sebagai bahan untuk pembuatan celana panjang. Malah, mungkin Anda sendiri sering menggunakannya tapi Anda gak tahu kalau celana yang sedang digunakan tersebut bahannya adalah denim, hihihi.

Well, makin penasaran kan. Oke deh, supaya tidak bertele-tele, bagi yang ingin tahu bahan denim itu seperti apa, berikut infonya untuk Anda.

Bahan denim itu seperti apa? Ini dia penjelasannya

Apakah Anda tahu celana Jeans, atau ada juga yang menyebutnya celana Levis. Kalo tahu, maka itulah celana yang berbahan denim. Jadi bahan denim atau kain denim itu adalah nama kain yang digunakan untuk membuat celana jeans.

Berdasarkan beberapa sumber menyebut, bahwa dulunya kain denim adalah kain katun yang bertekstur kasar yang pada awalnya digunakan untuk membuat busana para pekerja tambang.

Bahan denim - Sejarah Bahan Denim
Bahan denim – Sejarah Bahan Denim
Image credit: Title: Moments in denim history, source: www.levistrauss.com

Kata Denim sendiri Berasal dari sebuah kota yang ada di Perancis, bernama Nimes, awalnya bahan denim ini disebut dengan Serge De Nimes lalu kemudian dipersingkat lagi namanya menjadi Denim, dari asal kata De Nimes yang berati “dari Nimes“.

Gimana sudah ada sedikit gambaran kan bahan kain denim itu seperti apa. Nah untuk lebih jelasnya, sebaiknya Anda membaca beberapa artikel berikut ini:

Oh iya, sedikit info neh. Tadi sedikit sudah kita jelaskan bahwa asal kata denim berasal dari bahasa Perancis “Serge De Nimes” yang artinya “Serge Dari Nimes”. Serge adalah sejenis bahan kain twill yang memiliki garis diagonal di kedua sisinya. Sedangkan Nimes sendiri adalah nama sebuah kota di Perancis, di sekitaran abad ke 17.

Twill adalah salah satu jenis tenunan tekstil dengan pola garis-garis diagonal searah atau sejajar. Pola garis diagonal adalah pola garis yang terlihat melintang miring pada kain.

Sedangkan Jeans, menurut beberapa sumber berasal dari kata”Genes”, yaitu bahasa Perancis yang berarti Genoa. Genoa disini menunjuk pada nama sebuah kota yang ada di Itali. Yaitu nama sebuah tempat di Itali dimana pertama kali celana denim dibuat.

(Visited 51,393 times, 4 visits today)

One thought on “Bahan Denim Itu Seperti Apa?

Comments are closed.