Bahan Cotton Fleece Itu Seperti Apa? Simak Penjelasannya Disini

Bahan cotton fleece itu seperti apa sih? Saat ini kita mengenal yang namanya fleece itu adalah kain yang berbulu dipermukaan kainnya, lembut saat disentuh, dan hangat saat dikenakan. Kain fleece ini umumnya terbuat dari tenunan atau rajutan benang yang berasal dari serat buatan atau sintetik, yaitu serat polyester. Nah lalu, apakah cotton fleece juga terbuat dari bahan yang sama?

Bahan Fleece
Jersey knitted fleece – Bahan yang sering digunakan sebagai bahan sweater/jumper dan hoodie
Image credit: Title: Jersey knitted fleece – Source: www.cnyxtex.com

Pada artikel sebelumnya, sebenarnya kita juga sudah pernah kita posting informasi tentang kain fleece ini loh. Meskipin belum sampai pada membahas tentang cotton fleece, tapi sebagian besar informasi yang ada dihalaman ini berasal dari artikel sebelumnya. Tapi tak apalah, kita ulas lagi sedikit sebagai refresh, sebelum kita masuk ke pokok bahasan utama, yaitu bahan cotton fleece.

Apa itu Fleece?

Oke kita mulai dari fleece. Apa itu Fleece? Sebenarnya pengertian dari fleece ini bisa membingungkan untuk sebagian orang karena bisa memiliki makna berbeda atau multi tafsir.

#Pertama. Jika kita tidak sedang berbicara masalah kain, maka arti dari fleece itu sendiri sebenarnya merujuk pada bulu domba atau wol, tapi yang belum diproses menjadi benang.

Domba-domba penghasil wol
Domba-domba penghasil wol
Image credit: Title: Sheep wool, Thanks to Pixel2013. Source: pixabay.com/en/sheep-flock-of-sheep-animals-wool-2292802/

Wol sendiri adalah serat yang berasal dari bulu atau rambut binatang seperti domba, kambing, dan juga hewan sejenisnya. Nah bulu yang berasal dari domba, kambing, dan sejenisnya itulah yang diluar negeri disebut dengan istilah fleece. (fleece-inggris, artinya bulu domba).

#Kedua. Namun jika kita sedang berbicara tentang masalah kain, maka istilah fleece ini lebih merujuk pada polar fleece. Apa itu polar fleece? Polar Fleece adalah bahan kain yang memang diciptakan untuk meniru tampilan dan juga karakter dari bahan kain yang berasal dari serat wol tersebut.

Nah dimasyarakat sendiri istilah polar fleece ini tidak begitu familier, karena kebanyakan kita hanya mengenal bahan tersebut dengan nama fleece saja atau bahan fleece saja.

Tampilan permukaan kain fleece
Tampilan permukaan kain fleece

Polar fleece umumnya terbuat dari serat sintetis/buatan, yaitu serat polyester. Bahkan ada juga yang berasal dari Polyethylene terephthalate, biasa disebut sebagai PET yang masih kelompok polyester, yaitu serat plastik yang berasal dari daur ulang botol-botol plastik.

Sobat bisa juga membaca lebih banyak lagi tentang fleece, termasuk juga sejarahnya disini:

Sekarang, Bahan Cotton Fleece Itu Seperti Apa?

Nah karena kita sudah tahu fleece itu apa, sekarang tentu kita bisa lebih mudah memahami apa itu bahan cotton fleece, benarkan?

Jadi jika kita sedang berbicara masalah kain, maka pengertian fleece itu merujuk pada polar fleece, yaitu kain fleece yang terbuat dari serat sintetik buatan seperti polyester, dan bisa juga berasal dari plastik daur ulang botol-botol plastik . Nah kalau Cotton Fleece adalah kain fleece yang terbuat dari serat alami, yaitu cotton atau kapas.

Tanaman Kapas / Cotton Plant
Tanaman Kapas / Cotton Plant
Image credit: Title: Cotton Plant. Thanks to Sarangib for awesome images. Source: https://pixabay.com/en/cotton-cultivation-karnataka-plants-223736/

Cotton atau kapas adalah serat organik alami yang didapat dari tumbuhan kapas, yaitu berasal dari buah kapas.

Kekurangan dan kelebihan bahan cotton fleece

Untuk bisa menjawab pertanyaan ini tentu langkah terbaik adalah melakukan eksperimen dan serangkain uji coba. Tapi eksperiman dan uji coba itu  butuh waktu yang panjang untuk didapat hasilnya. Lalu apa solusinya?

Solusi yang bisa admin berikanuntuk sahabat semua adalah dengan cara membaca review orang-orang yang pernah menggunakan bahan cotton fleece tersebut, dan menyampakainnya disini. Dengan begitu, setidaknya kita bisa mendapatkan gambaran kelebihan dan kekurangan dari cotton fleece ini.

Bersumber dari Quora.com

Bersumber dari situs berbagai pengetahuan ini, admin mendapatkan informasi bagus tentang perbedaan polyester fleece (polar fleece) dan cotton fleece ini. Yang mana ada pertanyaan mengenai perbedaan diantara kedua bahan tersebut mengenai masalah kenyamanan saat dikenakan.

Quora adalah situs pertukaran pengetahuan yang didirikan pada Juni 2009, yang dibuat oleh oleh Adam D’Angelo (mantan chief technical officer di Facebook), dan Charlie Cheever.

Berikut beberapa jawaban yang mungkin bisa menjadi informasi berharga untuk Anda.

#1 Menurut Devon Rufo, status: designer, background in textiles and product development.

Dia menjabarkan bahwa, bahan polyester fleece memang terasa lebih lembut daripada bahan cotton fleece ketika masih baru, tetapi lama-kelamaan akan terasa lebih kasar, dan lama-kelamaan juga akan muncul banyak pill atau bola-bola kecil pada permukaan kainnya.

Sedangkan cotton fleece mungkin terasa lebih kasar daripada polyester fleece pada awalnya, tetapi lama-kelamaan akan menjadi lebih lembut seiring dengan berjalannya waktu.

Polyester fleece bisa mempertahankan panas lebih baik daripada cotton fleece sehingga terasa selalu hangat saat dikenakan, sehingga cocok dikenakan saat cuaca sedang dingin. Tetapi bahan ini tidak terlalu breathable sehingga akan memerangkap uap air dan keringat. Meski begitu, menurut admin kita tidak perlu khawatir karena sifat bahan polyester itu gampang kering saat basah.

Sedangkan cotton fleece memang tidak terlalu baik dalam mempertahankan panas (kehangatan), terasa lebih dingin, tetapi lebih breathable sehingga lebih cocok digunakan untuk cuaca sedang.

Tambahan info. Bahan kain yang berasal dari serat katun/cotton/kapas mempunyai sifat yang mudah menyerap air sehingga mudah menjadi basah. Jadi menurut admin hati-hatilah menggunakannya saat cuaca hujan, atau saat cuaca dengan tingkat kelembaban yang tinggi, karena bahan ini lebih mudah terasa basah. Dan hal ini sejalan dengan apa yang ungkapkan oleh penjawab lainnya, seperti dibawah ini.

# 2 Menurut Dirk Van Laer, status: CEO at Dalian Wanli

Menurutnya, Polyester fleece akan cepat kering. Jadi ketika kita berolahraga, maka kita akan merasa selalu kering dan hangat. Sedangkan bahan cotton fleece memang terasa lebih alami, tetapi setelah berkeringat, ia akan menjadi basah, dan membuat tidak nyaman.
(all of the discussions can be seen here – link)

Nah gimana, apa sudah ada sedikit gambaran mengenai bahan cotton fleece sekarang. Jadi Cotton fleece itu adalah salah satu jenis kain fleece yang terbuat dari serat cotton atau kapas. Untuk tampilannya sendiri admin rasa tidak terlalu berbeda dengan tampilan fleece yang terbuat dari polyester pada umunya.

Akhir kata, semoga informasi tentang bahan cotton fleece yang kita sammpaikan ini bermanfaat untuk sahabat semua. Halaman ini akan kita update jika ada informasi penting lainnya yang dirasa perlu untuk ditambahkan disini. Salam.

(Visited 922 times, 2 visits today)