Apa Perbedaan Bahan Fleece Dan BabyTerry

Apa perbedaan bahan fleece dan babyterry. Mungkin untuk sahabat yang sudah pernah membaca 2 artikel kita sebelumnya yang membahas tentang bahan fleece ataupun babyterry pasti dengan mudah bisa menjawabnya. Karena dalam kedua artikel tersebut, dengan detil kita sudah menjelaskan seperti apa tampilannya.

Perbedaan bahan fleece dan terry
Perbedaan bahan fleece dan babyterry / terry

Tapi tak apalah, artikel kali ini kita khususkan saja membahas tentang apa perbedaan antara bahan fleece dan babyterry, untuk sahabat semua yang belum sempat membacanya. Tapi jika sahabat semua ingin mendapatkan informasi lebih dari kedua bahan ini, harap sempatkan juga untuk membaca artikel lengkap yang membahas detil dari masing-masing bahan tersebut.

Sobat bisa membacanya disini :

Nah sekarang kita langsung saja membahas apa perbedaan bahan fleece dan babyterry, berikut informasinya.

Pertanyaan: Apa Perbedaan Bahan Fleece dan Babyterry?

Untuk kedua bahan ini, perbedaan yang paling mencolok adalah tampilan dari permukaan kainnya.

Kain Terry atau Babyterry

Bahan Babyterry & Terry
Bahan Babyterry & Terry

Kain terry atau babyterry pada permukaan kainnya memiliki pola yang dikenal dengan istilah loop atau looped texture pada salah satu sisi atau dikedua sisi permukaan kainnya.

Loop atau looped texture adalah pola tenunan/anyaman benang yang apabila diamati akan nampak seperti pola bulat, lingkaran, atau cincin-cincin kecil dipermukaan kainnya.

Untuk bahan terry atau babyterry yang memiliki satu permukaan looped texture, contoh palng mudah yang dapat kita temukan adalah pada bahan sweater/jumper atau hoodie.

Silahkan sahabat cek kalau punya, biasanya tampilan luarnya akan tampak seperti kaos, tapi dalamnya akan terlihat seperti jaring-jaring, padahal itu adalah pola looped (pola bulat, lingkaran, atau cincin-cincin kecil dipermukaan kainnya)

Nah sedangkan untuk bahan terry atau babyterry dengan pola looped di kedua sisinya (double side), contohnya dapat kita temukan pada kain handuk. Silahkan cek handuknya masing masing, hehehe.

Handuk, contoh banan teryy double side
Handuk, contoh banan teryy double side
Image credit: Title: Towel, Thanks to Dominic Morel. Source: www.freeimages.com/photo/bright-towels-1192684
Handuk - Towel Terry
Handuk – Towel Terry
Image credit: Title: Towel, Thanks to Kerem Yucel. Source: www.freeimages.com/photo/towel-1540086

Cuman kalau pada handuk, pola looped nya dibuat panjang, dan bahannya umumnya terbuat dari bahan cotton supaya dapat menyerap air dengan baik. Meski ada juga yang terbuat dari cotton dan sedikit campuran material lainnya tergantung kualitas dan keperluan.

Towel Fleece, adalah jenis kain terry dengan pola loop panjang dan biasanya memiliki Double Sided Loop, tujuannya adalah supaya dapat menyerap air dalam jumlah besar.

Kain Fleece

Pertama kita akan ulas sedikit dulu tentang fleece. Fleece adalah kain yang terbuat dari serat sintetis yang memang diciptakan untuk meniru karakter dari bahan wol. Yang mana, saat telah menjadi lembaran kain, fleece memiliki karakter yang hangat, berbulu, dan lembut seperti wol.

Kata fleece sebenarnya merujuk pada bulu domba. Namun saat ini istilah fleece lebih sering digunakan untuk menyebut bahan atau kain fleece yang terbuat dari serat sintetis buatan. Seperti berasal dari serat polyester atau serat plastik yang berasal dari daur ulang botol-botol plastik.

Meskipun sebenarnya ada istilah khusus yang digunakan untuk menyebut kain fleece yang terbuat dari bahan serat sintetis ini, yaitu polar fleece. Tapi saat ini, kebanyakan kita menyebutnya dengan nama Fleece saja.

Tampilan kain fleece

Jersey knitted fleece – Bahan yang sering digunakan sebagai bahan sweater/jumper dan hoodie
Image credit: Title: Jersey knitted fleece – Source: www.cnyxtex.com

Yang membedakan antara fleece dan terry adalah, kalau terry memiliki tampilan permukaan dengan pola looped textur, sedangkan fleece memiliki tampilan permukaan yang berbulu. Texture berbulunya sendiri bisa pada satu sisi saja, atau bisa juga dikedua sisinya.

Pada proses pembuatannya, awalnya kain fleece akan dibuat mirip dengan kain terry, yaitu memiliki permukaan dengan pola bulat-bulat atau cincin-cincin kecil dipermukaan kainnya. Kemudian kain fleece ini akan masuk kedalam sebuah proses yang dikenal dengan istilah napping.

Tampilan permukaan kain fleece
Tampilan permukaan kain fleece

Napping adalah sebuah proses penyikatan permukaan kain menggunakan mesin sikat khusus untuk memutus loop dipermukaan kain fleece tanpa merusak kain. Proses ini membuat permukaan kain yang disikat menjadi berbulu dan volumenya bertambah, atau dengan kata lain ketebalan kainnya menjadi bertambah dari sebelumnya.

Nah itu dia penjelasan tentang perbedaan bahan fleece dan babyterry yang paling utama. Untuk masalah bahan mungkin itu sifatnya umum karena tergantung kualitas dan kebutuhan saat kain tersebut diproduksi.

 

(Visited 1,843 times, 13 visits today)