Apa Itu Katun Stretch ?

Katun stretch seperti apa sih ? Well, kalo dilihat dari namanya “stretch” kalo ga salah itu artinya meregang alias melar. Jadi kalo diartikan sepintas maka kain katun stretch itu adalah bahan kain katun yang karakteristiknya bisa meregang atau melar, jika dibandingkan dengan jenis kain katun biasa atau non stretch.

Katon stretch / cotton spandex
Katun stretch / cotton spandex

Tapi apakah artinya se’simple itu ? Ya gak juga. Ada penjelasan lebih detil lagi tentang apa itu katun stretch, serta bagaimana kain ini dibuat. Dimana, kain katun jenis ini dibuat dengan mengkombinasikan 2 jenis serat, yang mana salah satunya sudah pasti adalah serat kapas atau cotton, dan yang satunya adalah seraaat ? Serat apa hayoo ! Hehehhe, well, untuk lebih detil tentang apa itu kain katun stretch, simak infonya dibawah ini.

Katun Stretch Seperti Apa ?

Seperti yang tadi sudah kita ulas sedikit di awal, bahwa katun stretch adalah kain katun yang dibuat dari 2 jenis serat. Yang pertama adalah serat utama yaitu serat kapas atau cotton, dan yang kedua adalah serat spandex atau lycra yang dikenal mempunyai daya elastis yang baik, serta disebut sebagai bahan yang kuat dan tahan lama dibandingakan dengan karet alam.

Bahan katun stretch tetap dapat menyerap keringat dan dingin karena mayoritas bahannya adalah kapas. Penggunaan campuran spandex atau lycra atau biasa disebut juga elastane pada kain hanya beberapa persen saja supaya kain dapat mempunyai daya elastis atau stretch.

Menurut Admin, mungkin katun jenis stretch ini sama saja dengan katun spandex, atau mungkin memang katun spandex yang di Indonesia di sebut dengan katun stretch karena karakter kainnya yang bisa melar atau meregang. Nah masalahnya tinggal bagaimana cara kain ini ditenun, apakah dengan teknik Woven atau kniting.

Jika Anda ingin tahu kain yang menggunakan struktur woven, maka lihatlah kain seperti Linen, denim, cotton twill, satin, dan chiffon. Itu adalah beberapa contoh kain dengan teknik woven. Biasanya, kain dengan teknik woven tidak berkarakter stretch atau melar Kecuali jika lycra atau serat spandex di tenun secara bersamaan.

Sedangkan jika kamu ingin tahu kain dengan teknik knitting, maka lihatlah kain seperti bahan untuk kaos seperti combed, carded, dan sejenisnya, lalu bisa juga melihat bahan untuk sweater. Itu adalah contoh dari kain dengan teknik knitted. Kain dengan struktur knitting biasanya memiliki karakter yang bisa melar, meski tidak mengandung bahan spandex.

Coba Anda lihat bahan Cotton Stretch dari situs luar, pasti bahannya adalah Cotton dan spandex/lycra/elastane. lalu bandingkan dengan katun spandex, sama bukan ? Jadi tidak salah kalo admin menyebut kalau katun stretch itu sama saja dengan katun spandex. CMIIW (Corect Me If I Wrong )

Katun Stretch digunakan untuk busana apa saja ?

Saat ini penggunaan bahan katun stretch cukup beraneka ragam. Tidak hanya kaos, tapi celana, legging, pakaian dalam pria dan wanita, dan juga gamis panjang pun ada yang berbahan kain katun ini.

Tingkat ketebalan dan kelenturan dari kain bisa saja berbeda antara jenis katun stretch yang satu dengan katun lainnya. Hal ini sangat dimungkinkan tergantung dari berapa persen jumlah bahan spandex, lycra, atau elastene yang dicampurkan pada saat produksi kain tersebut. Karena tentu produksi kain untuk kaos pasti akan berbeda dengan bahan kain yang akan digunakan untuk celana atau pakaian dalam. Benar kan ?

Harga katun stretch

Well, untuk masalah ini admin tidak bisa menjawabnya karena admin tidak menjual kain. Disamping itu, saat ini dolar naik turun dan harga bahan bakar juga ikut naik turun. Sehingga harga bahan kainpun tentu saja akan ikut-ikutan naik turun tak menentu.Lebih baik Anda datang saja langsung ke penjualnya untuk mendapatkan harga yang lebih uptodate.

Nah. akhir kata. Semoga info singkat mengenai kain katun stretch ini bermanfaat untuk kita semua. Lebih kurangnya admin mohon maaf.

 

(Visited 160,408 times, 80 visits today)