Apa Itu Kain Koshibo – Koshibo Fabric

Kain Koshibo. Para pelaku bisnis fashion tentu sangat senang karena semakin kesini tampaknya variasi dari kain semakin banyak saja ragamnya, baik itu merek, jenis dan juga motifnya. Sehingga kita bisa leluasa untuk memilih dan menyesuaikan jenis dan juga bahan kain sesuai dengan target pasar yang ingin kita tuju.

Jadi, berterima kasihlah kepada para peneliti yang tak henti-hentinya bekerja untuk terus mengembangkan teknologi mesin-mesin tektil agar dapat bekerja lebih cepat namun lebih efisien, dan juga bahan kain agar kualitasnya semakin bagus namun dengan harga yang masih bisa dijangkau oleh masyarakat.

Nah, tema kali ini admin ingin mengulas sedikit mengenai kain koshibo. Tentang apa itu sebenarnya kain koshibo, yang sepertinya agak asing ditelinga, meski mungkin saja sudah ada sejak lama namun kitanya aja yang tidak tahu, hehehehe.

Nah, kalau Admin jujur baru pertama kali denger nama kain yang satu ini. Sehingga tertarik untuk mencari info tentang sebenarnya apa itu kain koshibo. Yaaa, siapa tahu ada diantara sahabat lainnya yang berkunjung ke website kita ini ada juga yang kepengen tahu atau mungkin malah sedang mencari info tentang apa itu kain koshibo.

Soalnya kain jenis ini merupakan salah satu jenis kain yang sering juga dijadikan sebagai bahan jilbab atau bahan kerudung, tudung labuh (jilbab Malaysia), dress, dan juga blouse. Nah bagi sahabat yang belum pernah mendengarnya, semoga info ini bisa menambah koleksi wawasan yang kita miliki.

Apa Itu Kain Koshibo ?

Pertama sekali yang tentu ingin kita ketahui bersama adalah, sebenarnya kain koshibo itu terbuat dari apa sih, material pembuatnya apa?

Nah buat sahabat yang belum tahu, dan bertanya bahan koshibo itu seperti apa maka kita informasikan bahwa kain koshibo itu adalah jenis kain woven fabric, yang terbuat dari serat polyester / 100% polyester. Woven fabric berarti kain ini dibuat dengan teknik woven/ tenun, bukan kniting atau rajut. Serta tidak sedikit juga yang menulis woven sateen-weave polyester fabric. Yaitu teknik tenun untuk mendapatkan permukaan yang bercahaya dan lembut ditangan.

Polyester sendiri adalah serat buatan yang dibuat dari bahan-bahan kimia tertentu, yang kemudian melewati serangkaian proses hingga nantinya berbentuk cairan kental. Nah cairan inilah yang nanti akan dimasukan kedalam mesin melt spinning untuk dijadikan serat polyester.

Dan dari obrolan di forum forum, mereka-mereka yang pernah menggunakan bahan ini menyebutkan bahwa kain koshibo ini tekturnya lembut, berkarakter crepe dengan sandy effect alias seperti berpasir atau efek berpasir, dan jatuh serta lekukannya terlihat bagus.

Selain itu, kain kashibo ini termasuk jenis kain yang masuk dalam kategori lightweight hingga mid-weight fabric, alias kain yang ringan hingga sedang, (76gsm – 160gsm). Jadi ketebalan tiap-tiap produk koshibo yang ada dipasaran bisa saja berbeda-beda, tergantung kualitas produksi dari masing-masing kain.

Lalu kalau melihat di web-web penjual kain jenis ini hampir rata-rata menuliskan fitur breathable. Breathable itu adalah fitur pada kain dimana udara masih bisa masuk melalui sela-sela serat kain sehingga pemakainya tidak merasa panas.

Namun ada sedikit yang kurang disukai oleh para pengguna jilbab atau kerudung yang menggunakan kain koshibo ini, yaitu karakter dari kain koshibo ini yang sedikit mengkilap. Naah, inilah mungkin hasil dari penggunaan teknik woven sateen-weave dalam pembuatan kain ini.

Nah sementara sampai sini dulu infonya yang bisa kita sampaikan. Sebenarnya kurang banyak sih, tapi akan kita update jika kita dapatkan info-info baru berkenaan dengan kain koshibo ini. Akhir kata, semoga bermanfaat.

(Visited 103,350 times, 26 visits today)

One thought on “Apa Itu Kain Koshibo – Koshibo Fabric

  1. Wah bermanfaat sekali infonya, sering lihat kain koshibo untuk bahan gamis atau jilbab, baru kali ini tau informasi lengkapnya 🙂

Comments are closed.